Sukses

Manfaat Daun Bawang yang Mungkin Belum Anda Tahu

Baunya yang tajam membuat banyak orang tidak suka dengan daun bawang. Padahal, jenis tanaman ini punya sederet manfaat yang luar biasa.

Banyak orang tidak ‘melirik’ daun bawang sebagai makanan yang perlu dikonsumsi. Sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa daun bawang dipakai sebagai penambah rasa dan aroma bubur ayam, atau sebagai tambahan saat membuat telur dadar. Nyatanya, manfaat daun bawang begitu luar biasa.

Ya, jenis tanaman dengan nama latin Allium fistulosum ini memang bukan tipe makanan utama yang disukai banyak orang. Bahkan, saat dicampur dalam bubur pun terkadang tak sedikit yang meminta kepada penjualnya untuk menyingkirkannya.

Padahal, daun bawang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun bawang yang sayang untuk Anda lewatkan:

1. Punya Serat yang Banyak

Secangkir daun bawang potong memiliki sekitar 10% serat yang Anda butuhkan sepanjang hari. Serat ini membuat khasiat daun bawang dapat membantu pencernaan lebih sehat, berat badan tetap stabil, dan menurunkan kolesterol.

Konsumsi serat yang cukup setiap hari bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Serat juga dapat mencegah terjadinya konstipasi.

Artikel Lainnya: Benarkah Bisa Turunkan Hipertensi dengan Bawang Putih?

1 dari 5 halaman

2. Membantu Melawan Kanker

Manfaat daun bawang dan sayuran allium lainnya mungkin tidak akan Anda sangka berkaitan dengan keganasan. Ya, daun bawang dapat menghalangi pertumbuhan kanker.

Sejauh ini, para peneliti memang belum terlalu yakin mengenai mekanisme ini. Namun, para peneliti percaya bahwa senyawa kandungan daun bawang yang disebut allicin dapat mencegah sel-sel kanker atau memperlambat penyebaran tumor.

3. Mencegah Infeksi

Ekstrak bawang dan jenis bawang lainnya telah lama digunakan sebagai obat. Tanaman ini dipercaya dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.

Tes laboratorium pada varietas bawang tertentu menunjukkan bahwa pada konsentrasi yang cukup tinggi, manfaat daun bawang dapat membunuh atau memperlambat pertumbuhan E. coli.

4. Menurunkan Radikal Bebas dalam Tubuh

Antioksidan dalam bawang (flavonoid dan polifenol) dapat menurunkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang bisa menyebabkan kanker dan penyakit terkait usia.

Sayangnya, antioksidan pada daun bawang akan kehilangan efektivitasnya ketika Anda memasaknya. Oleh karena itu, lebih baik Anda memakan daun bawang yang masih mentah dan sudah dicuci.

Artikel Lainnya: Perangi Risiko Kanker Payudara dengan Konsumsi Bawang Bombai

2 dari 5 halaman

5. Menyehatkan Organ Jantung

Penyakit jantung telah menjadi penyebab utama kematian di berbagai negara. Manfaat daun bawang dapat menurunkan beberapa masalah terkait kesehatan jantung, seperti trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat LDL.

Studi lain menunjukkan bahwa ketika ekstrak daun bawang diuji coba kepada tikus, ternyata berkhasiat meningkatkan aliran darah. Selain itu, daun bawang yang kaya vitamin K bisa membantu melindungi jantung.

Khasiat daun bawang bisa juga mencegah pengerasan arteri dengan menghalangi pembentukan simpanan kalsium di dinding arteri.

6. Menguatkan Tulang 

Salah satu kandungan daun bawang, yakni vitamin K dapat membantu memperkuat tulang. Vitamin ini penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dengan memproduksi beberapa protein penting untuk menjaga kalsium dan meningkatkan kepadatan tulang.

Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Merah, Antialergi hingga Menurunkan Risiko Kanker

3 dari 5 halaman

7. Memelihara Kesehatan Mata

Daun bawang sangat penting untuk produksi rhodopsin yang merupakan protein. Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki banyak vitamin A yang membuat manfaat daun bawang baik bagi mata Anda.

Rhodopsin sangat penting untuk retina guna menyerap lebih banyak cahaya dan mencegah kemungkinan rabun senja. Zat ini juga membantu mempertajam penglihatan. Berbagai masalah mata seperti katarak pun dapat dicegah.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun bawang sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan karena kandungan allicin. Senyawa ini mencegah kerutan pada kulit dan penuaan dini.

Artikel Lainnya: Efek Menempelkan Bawang Putih di Bagian Tubuh yang Sakit

4 dari 5 halaman

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kelebihan kandungan daun bawang adalah kadar kalori yang rendah, tetapi kadar serat yang tinggi (dapat memenuhi 10% kebutuhan serat harian). Serat yang tinggi dapat membuat Anda lebih kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Oleh karena itu, khasiat daun bawang juga dapat dirasakan oleh pelaku diet rendah kalori karena dapat membantu menurunkan berat badan.

10. Mencegah Perdarahan 

Salah satu manfaat daun bawang adalah untuk mencegah perdarahan karena kandungan vitamin K di dalamnya. Setengah cangkir atau sekitar 65 gr daun bawang dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin K Anda.

Vitamin K memiliki peranan penting untuk mencegah perdarahan jika terjadi cedera. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan Anda mudah memar, mimisan, atau mengalami perdarahan gusi. 

Khasiat daun bawang di atas telah terbukti mendatangkan kebaikan bagi kesehatan Anda. Untuk mendapatkan manfaat daun bawang secara maksimal, perhatikan juga cara penyimpanan dan pengolahannya. Pastikan daun bawang yang Anda peroleh masih segar dan hindari memanaskannya dengan suhu yang terlalu tinggi.

Jika memiliki pertanyaan seputar topik terkait, Anda dapat bertanya langsung kepada dokter lewat fitur Live Chat di KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar