Sukses

Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh di Malam Hari

Apakah masalah asam lambung Anda sering kambuh di malam hari? Jika ya, mari ketahui faktor penyebabnya berikut ini.

Meringis di atas pukul 8 malam mungkin sedang jadi kebiasaan Anda. Itu karena, entah kenapa, asam lambung sering kambuh di malam hari. Sudah coba tak makan biar perut tak sakit, yang terjadi malah sebaliknya, perut makin perih!

Sebenarnya, apa penyebab asam lambung sering kambuh di malam hari? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda ketahui dulu tentang penyakit asam lambung itu sendiri.

Penyakit asam lambung adalah kondisi ketika seseorang mengalami saluran pencernaan karena produksi asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang kembali naik, bahkan sampai ke kerongkongan dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Orang dengan penyakit asam lambung akan mengeluhkan nyeri ulu hati, rasa mual, dan begah. Anda pun bisa merasa lemas akibat kondisi itu.

Berikut ini beberapa penyebab asam lambung kambuh di malam hari:

1 dari 4 halaman

1. Kombinasi Antara Makan Besar dan Rebahan

Penyebab GERD kambuh di malam hari bisa saja dari konsumsi makanan. Pada sebagian orang, malam hari merupakan waktu untuk makan besar. Saat makan malam juga, biasanya akan disajikan biasanya lebih banyak dan beragam makanan. Anda pun terdorong untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

Setelah makan, Anda akan cenderung mengantuk, bahkan bisa langsung tertidur. Makanan tersebut akan memicu asam lambung untuk keluar dan naik akibat posisi tiduran.

Artikel Lainnya: Obat untuk Asam Lambung, Lebih Baik Antasida atau H2 Blocker?

2. Kehamilan

Penelitian pada tahun 2015 mencatat bahwa sekitar 17-45 persen wanita mengalami gejala mulas karena asam lambung naik selama kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk tekanan tambahan pada daerah perut.

Selain itu, pada wanita hamil, asam lambung kambuh di malam hari juga bisa disebabkan oleh tekanan pada tubuh, penambahan berat badan, dan perubahan hormon maupun stres.

2 dari 4 halaman

3. Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan nyeri lambung, contohnya obat antinyeri yang termasuk golongan NSAID. Obat-obatan ini dapat menghambat enzim yang berperan dalam melindungi lapisan lambung.

Oleh sebab itu, jika tidak ingin asam lambung kambuh di malam hari, hindari minum obat golongan NSAID atau obat-obatan lain yang dapat menjadi pemicu, sebelum makan atau sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Asam Lambung Kambuh, Konsumsi Obat Apa yang Aman, Ya?

4. Stres

Stres dapat menjadi penyebab asam lambung naik di malam hari. Saat banyak pikiran dan stres, tubuh akan mengeluarkan asam lambung yang lebih banyak. Dengan demikian, asam lambung tersebut akan semakin mudah keluar.

Stres sendiri ternyata menguras produksi zat yang disebut sebagai prostaglandin. Hormon ini biasanya melindungi lambung dari paparan asam lambung.

3 dari 4 halaman

5. Obesitas

Obesitas dapat memengaruhi naiknya asam lambung karena peningkatan tekanan pada daerah perut. Tekanan ini akan menyebabkan asam lambung mudah keluar ke bagian esofagus.

Anda dapat mengurangi gejala refluks akibat kondisi obesitas dengan menurunkan berat badan.

Untuk menghindari asam lambung kambuh di malam hari, caranya bisa dengan makan secukupnya, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit, atau tidak makan sama sekali. Perhatikan juga jenis makanan yang dipilih. Hindari makanan pedas, asam, mengandung banyak gas, alkohol, dan kafein.

Asam lambung yang meningkat terus-menerus pada malam hari dan tidak diatasi akan menyebabkan komplikasi yang serius.

Jagalah berat badan untuk tetap ideal, serta lakukan olahraga secara teratur.

Obat-obatan yang dijual bebas juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung, contohnya obat golongan antasida.

Namun, jika gejala tidak membaik, bahkan sampai mengganggu waktu tidur Anda, segera konsultasikan kepada dokter. Lebih mudah, konsultasi kepada dokter bisa dilakukan melalui fitur Live Chat dari Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar