Sukses

Tips Merawat Luka Pasca Operasi Caesar

Pasca operasi caesar, perut ibu memang memiliki luka yang cukup besar. Tentunya, kondisi ini tidak boleh disepelekan. Ini tips merawat bekas lukanya!

Klikdokter.com, Jakarta Ibu yang melahirkan melalui operasi caesar memang harus menjalani masa pemulihan yang lebih lama. Pasalnya, mereka harus merawat luka pasca bedah persalinan yang butuh waktu cukup lama untuk sembuh. Hal ini tentu membutuhkan usaha ekstra bagi sang ibu dan keluarga terdekat.

Pemulihan Butuh Waktu Cukup Lama

Sama seperti pembedahan lainnya, pemulihan tubuh setelah operasi caesar biasanya membutuhkan waktu hingga enam minggu. Setelah menjalani prosedur operasi, wajar jika Anda mengalami bengkak, kemerahan, dan nyeri pada area sekitar bekas luka.

Jika tidak ada komplikasi setelah pelaksanaan operasi caesar, biasanya Anda dapat diizinkan pulang ke rumah setelah empat hari. Dari sini, perawatan bekas luka hingga sembuh harus sangat Anda perhatikan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, luka bekas operasi caesar dinyatakan sembuh apabila:

  • tidak timbul rasa sakit di bekas jahitan,
  • bekas jahitan sudah kering dan tidak mengeluarkan cairan,
  • tidak terjadi perdarahan dari bekas jahitan, ukuran bekas jahitan jadi mengecil, dan
  • warna kulit bekas jahitan sudah mulai kembali ke warna kulit asli.

Namun jangan khawatir, luka operasi caesar tersebut bisa dipercepat proses penyembuhannya, asalkan mendapatkan perawatan yang tepat.

Merawat Bekas Luka Operasi Caesar

Disampaikan dr. Theresia, sebenarnya tidak ada cara-cara khusus yang dilakukan untuk  merawat luka bekas operasi ini. Namun, ada beberapa metode penyembuhan yang memang bisa dilakukan untuk mempercepat mengeringkan luka bekas pembedahan seperti berikut ini. 

  • Banyak Istirahat 

Umumnya, Anda diminta untuk istirahat yang cukup agar pemulihan bisa dipercepat. Setelah menjalani operasi caesar, ibu akan diminta untuk tetap berbaring di tempat tidur selama 24 jam. Dibandingkan dengan persalinan normal, tindakan operasi butuh perawatan yang lebih lama di rumah sakit, yaitu sekitar 3-4 hari.

“Umumnya, luka jahitan bekas operasi caesar akan pulih dalam waktu enam minggu. Namun, untuk seluruh luka—termasuk luka pada rahim—biasanya akan pulih lebih lama, bahkan bisa sampai dua tahun. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan menyarankan untuk memberi jarak kehamilan setelah operasi caesar selama dua tahun, ” ujar dr. Theresia. 

  • Hindari Aktivitas yang Berat 

“Aktivitas seperti naik turun tangga, bolak-balik ke luar rumah, dan olahraga berat sebaiknya dihindari dulu setelah melakukan operasi caesar. Pasalnya, bekas luka tersebut masih sangat rentan. Gesekan yang terjadi pada luka bisa buatnya terus basah dan tidak cepat kering,” jelas dr. Theresia.

Untuk mencegah luka tetap basah, pastikan Anda selalu menyediakan segala keperluan bayi dekat dengan Anda. Hal ini untuk mencegah Anda bergerak terlalu banyak yang nantinya bisa menyebabkan luka jadi semakin lama untuk kering. Hindari juga menggendong bayi terlalu lama agar tidak ada tekanan yang membebani luka bekas operasi caesar.

  • Makan Makanan yang Bernutrisi 

Tak hanya dari luar, perawatan dari dalam tubuh juga harus dilakukan untuk mempercepat penyembuhan dan pengeringan luka bekas operasi caesar. Anda diminta untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi, zat besi, dan vitamin agar luka bisa pulih dengan cepat.

Menghindari dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga penting agar kulit tetap lembap dan akhirnya mempercepat proses pemulihan. 

Selain itu, Anda juga diminta untuk tetap mandi seperti biasa dan menyabuni luka bekas operasi caesar. Pastikan juga luka bekas operasi benar-benar kering setelah mandi. Perhatikan tanda-tanda infeksi, seperti merah, gatal, bau, luka terbuka, keluar cairan, dan demam. Gunakan celana yang tidak terlalu ketat dan berbahan katun yang menyerap keringat.

Dibandingkan dengan persalinan normal, pemulihan luka pasca operasi caesar memang butuh waktu lebih lama. Perawatan lukanya pun harus benar-benar diperhatikan. Ikuti cara-cara di atas untuk mempercepat penyembuhan luka. Jika Anda merasa nyeri dan keluar nanah atau darah dari bekas luka, segera minta pertolongan dokter. 

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar