Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini Manfaat Minyak Cengkeh untuk Gigi yang Perlu Anda Tahu

Ini Manfaat Minyak Cengkeh untuk Gigi yang Perlu Anda Tahu

Dulu, banyak orang mengoleskan minyak cengkeh di mulut dan giginya. Sebenarnya, apa manfaat minyak cengkeh untuk gigi dan mulut?

Klikdokter.com, Jakarta Berkumur dengan air garam hangat mungkin menjadi pengobatan ‘rumahan’ yang sering dilakukan saat sakit gigi. Namun, masih ada cara lainnya untuk mengatasi kondisi tersebut, yakni dengan minyak cengkeh. Nah, untuk mengetahui kegunaan minyak rempah ini, kenali dulu manfaat minyak cengkeh untuk gigi.

Kandungan Eugenol yang Bermanfaat

Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasal dari keluarga pohon Myraceae dan mengandung senyawa aktif yang disebut eugenol. Senyawa tersebut dapat berperan sebagai obat bius alami dengan mematikan sinyal saraf pemicu sakit. Nyeri pun bisa berkurang, termasuk nyeri gigi. 

Dalam Journal of Dentistry, dilaporkan bahwa minyak cengkeh mampu menggantikan peran obat benzocaine untuk meredakan nyeri ringan. Benzocaine sendiri adalah obat bius lokal yang bekerja menghambat sinyal saraf di tubuh. 

Tak cuma itu, eugenol juga dapat bertindak sebagai antiradang. Saat gusi membengkak, minyak cengkeh dapat membantu mengurangi dan meredakan rasa nyeri akibat peradangan tersebut. Manfaat minyak cengkeh untuk gigi pun disetujui oleh drg. Callista Argentina dari KlikDokter

Artikel lainnya: 7 Cara Mengurangi Sakit Gigi

“Ya, jika Anda memiliki minyak cengkeh, basahi kapas steril yang digulung kecil dengan minyak tersebut. Peras kapas untuk membuang kelebihan minyak, lalu masukkan kapas ke dalam lubang gigi yang sedang sakit,” jelas drg. Callista. 

“Zat eugenol memang sudah sering digunakan dalam kedokteran gigi. Tapi hati-hati, meski zat eugenol bersifat sebagai antiseptik dan anestetik lokal, pada beberapa orang minyak tersebut dapat menimbulkan sensasi panas dan perih. Khususnya bila terkena jaringan lunak,” tambahnya.

1 dari 2 halaman

Efek Samping Penggunaan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh hanya boleh dimanfaatkan sebagai obat luar. Bila Anda tak sengaja menelannya, minyak rempah tersebut dapat mengakibatkan sejumlah efek samping. Beberapa contohnya yaitu sakit tenggorokan, rasa panas terbakar pada mulut, hidung, dan tenggorokan, sakit perut, sariawan, mual, dan muntah.

Pada orang yang memiliki masalah kelainan darah, sebaiknya tidak menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati gigi yang sakit. Karena, zat eugenol dalam minyak cengkeh bisa menghambat proses pembekuan darah dalam tubuh.

Jadi, berhati-hatilah dalam memakai minyak cengkeh untuk meredakan gejala sakit gigi. Konsultasikan pada dokter gigi terlebih dahulu agar mendapat petunjuk yang tepat. 

Cara Lain Redakan Sakit Gigi Sebelum ke Dokter

Minyak cengkeh bukanlah solusi utama untuk mengatasi sakit gigi. Minyak ini hanya menekan saraf tertentu agar rasa sakit hilang sementara waktu. Oleh karena itu, Anda tetap mesti ke dokter gigi untuk mengobati gigi yang bermasalah secara total. 

Namun, drg. Callista memberikan beberapa tips untuk meredakan sakit gigi selain dengan minyak cengkeh yang bisa Anda coba terlebih dahulu, yaitu:

  • Minum obat analgesik yang dapat dibeli di apotek. Namun, obat aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena dapat menimbulkan komplikasi
  • Berkumurlah dengan air garam hangat di pagi dan malam hari
  • Jangan mengonsumsi makanan atau minuman manis, pedas, terlalu panas, atau terlalu dingin karena bisa iritasi gigi dan semakin menimbulkan rasa sakit
  • Jangan membeli dan mengonsumsi antibiotik sembarangan tanpa resep dokter. Sebab, hal ini dapat menimbulkan efek samping dan resistensi antibiotik

Manfaat minyak cengkeh untuk gigi memang terbukti kebenarannya. Meski begitu, penyebab sakit gigi hanya bisa diketahui dan diatasi bila Anda memeriksakannya ke dokter gigi. Jika hanya terus menghilangkan rasa nyerinya, pemicu sakit gigi tidak dapat diketahui dan ditangani dengan tepat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar