Sukses

Untung Rugi Melakukan Konsultasi dengan Psikolog Online

Konsultasi psikolog online bisa membawa banyak manfaat. Namun, jika dilakukan sembarangan, efek samping merugikan juga bisa Anda rasakan.

Klikdokter.com, Jakarta Pada era digital seperti sekarang, setiap ‘fitur’ dalam menjalani kehidupan memiliki embel-embel “online”. Mulai dari belanja online, pesan makan online, hingga dokter online. Bahkan, tersedia pula konsultasi psikologi online yang katanya bisa bantu memberikan solusi untuk mengatasi masalah kesehatan mental.

Di lihat dari satu sisi, konsultasi psikolog online memang bisa membawa banyak manfaat bagi orang yang membutuhkan. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud, yaitu seperti berikut ini.

1. Hemat Waktu

Hemat waktu merupakan salah satu keuntungan yang paling bisa dimanfaatkan dari konsultasi psikolog secara online.

Anda tidak perlu lagi membuat perjanjian yang berbelit-belit dan memakan waktu untuk melakukan konsultasi dengan psikolog. Ini karena semua hal tersebut dapat Anda lakukan secara online. Hanya tinggal menggunakan gawai atau gadget yang ada di genggaman.

2. Hemat Biaya

Selain hemat waktu, konsultasi online dengan psikolog juga menghemat biaya. Ketika melakukan pertemuan tatap muka langsung untuk konsultasi, Anda tentunya membutuhkan dana untuk membayar transportasi dan biaya konsultasi.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada konsultasi dokter online. Ini karena layanan berbasis online bisa dilakukan di mana saja dengan bantuan gawai dan jaringan internet. Anda pun tidak perlu merogoh kocek. Ini karena sebagian penyedia jasa konsultasi dokter atau psikolog online tidak memungut biaya.

3. Cepat ditangani

Masalah mental yang berhubungan dengan pikiran dan suasana hati perlu dilakukan dengan cepat. Hal ini bisa diwujudkan dengan berkonsultasi dengan psikolog secara online. Tinggal klik, curhat, dan psikolog yang bertugas akan langsung memberikan solusi dari masalah yang Anda alami.

4. Identitas terjaga

Karena tidak bertatap muka secara langsung, konsultasi pada psikolog secara online memungkinkan Anda untuk merahasiakan identitas yang sebenarnya. Komunikasi yang terjadi dua arah antara Anda dan psikolog pun membuat informasi yang diberikan tidak tersebar ke khalayak.

Itulah manfaat konsultasi online dengan psikolog. Sayangnya, manfaat tersebut bisa datang bersama dengan efek samping yang merugikan. Hal ini bisa saja dialami jika bertindak terlalu sembarangan.

1 dari 2 halaman

Efek Samping Konsultasi Psikolog Online

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa Anda rasakan akibat terlalu mengandalkan konsultasi psikolog secara online.

  • Tidak Komprehensif

Psikologi merupakan bagian dari ilmu sosial. Maka dari itu, penting untuk menilai seluruh aspek sosial, dari yang kecil hingga besar. Ini untuk menyimpulkan akar dari masalah yang sedang dihadapi.

Kerugian yang Anda dapat jika konsultasi dengan psikolog secara online adalah pemeriksaan dan analisis masalah yang tidak komprehensif. Itu sebabnya, masalah Anda mungkin tidak bisa ditangani hingga menyeluruh.

  • Penilaian Bisa Salah

Karena tidak komprehensif, penilaian untuk analisis dan menyimpulkan masalah bisa saja salah. Akibatnya, saran untuk tata laksana masalah pun akan menjadi tidak sesuai. Alhasil, solusi terbaik dari masalah yang Anda alami tidak akan tercapai.

  • Hilang Sentuhan Manusiawi

Dalam konsultansi online, intonasi suara, nada, gerak tubuh, kontak mata, ekspresi wajah atau afek yang menunjukkan suasana hati dan reaksi terhadap suatu pendapat tidak bisa dinilai oleh psikolog.

Padahal, seluruh komponen tersebut penting bagi psikolog. Ini sebagai pertimbangan untuk menilai masalah yang sedang dialami oleh pasien.

  • Terapi sulit dilakukan

Tujuan konsultasi dengan psikolog adalah mencari solusi dan bantuan atas masalah yang Anda alami. Ada beberapa terapi yang bisa digunakan oleh psikolog, seperti psikoterapi, terapi seni, terapi perilaku kognitif (CBT) dan lainnya.

Nah, tanpa adanya tatap muka, terapi tersebut tidak akan memberikan hasil yang benar-benar maksimal dan mendalam.

Pertimbangan untung dan rugi dalam konsultasi online dengan psikolog perlu Anda lakukan dengan saksama. Hal ini agar solusi dari masalah kesehatan mental yang sedang Anda hadapi benar-benar mendapatkan solusi paling tepat. Jika memang kesulitan konsultasi online, jangan enggan melakukannya secara langsung.

(NB/AYU)

2 Komentar