Sukses

Seperti Ada Bayangan Hitam di Mata, Apa Penyebabnya

Bayangan hitam di mata bisa memengaruhi penglihatan Anda. Apa penyebab dari hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Mata mengalami kemerahan adalah hal yang biasa. Tapi, bagaimana kalau ada bayangan hitam di mata? Gangguan pada mata ini memang bisa terjadi pada penglihatan Anda.

Selama ini Anda pasti familiar dengan kondisi mata seperti iritasi, mata kering, sampai kemerahan. Deretan masalah mata tersebut memang kerap terjadi di masyarakat. Gangguan mata pasti membuat tidak nyaman dan menghambat beragam aktivitas. Untuk itu, perlu adanya kesadaran terhadap kesehatan mata.

Mata adalah organ penting yang wajib dijaga kesehatannya. Kalau mata kering, Anda bisa memakai obat tetes agar mata kembali segar. Ketika masalah mata kering dibiarkan, mata bisa menjadi merah disertai dengan keluhan gatal, rasa mengganjal, nyeri, banyak keluar air mata, dan pandangan kabur.

Lalu, apa yang harus dilakukan bila terdapat gangguan berupa bayangan hitam di mata? Simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Bila Ada Bayangan Hitam?

Salah satu masalah mata lainnya yang mungkin belum banyak diketahui adalah mata seperti ada bayangan hitam. Kondisi ini mungkin membuat Anda takut dan menyangka bahwa hal ini bisa menjadi awal dari kebutaan.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, bayangan hitam pada mata bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya ada benda asing seperti kotoran atau debu pada kornea mata, sehingga menghalangi pandangan. Bayangan hitam tersebut bisa juga merupakan "eye floaters".

"Eye floaters merupakan endapan di dalam lapisan vitreous mata yang seperti kaca. Gejala yang dikeluhkan umumnya seperti noda-noda hitam yang melayang di dalam penglihatan ketika kita melihat ke sekeliling. Eye floaters dapat muncul hanya pada salah satu mata atau di kedua mata sekaligus," ujar dr. Theresia Rina.

Pada mata terdapat ruang besar berisi cairan atau gel vitreous yang biasa disebut badan kaca. Cairan ini merupakan bagian dari media refraksi dan umumnya berwarna jernih.  Bila terbentuk deposit atau endapan dari cairan vitreous, deposit itu akan mengambang dan tampak seakan-akan seperti benda melayang di depan mata. 

"Ketika mata bergerak dari satu sisi ke sisi lain, atau ke atas dan ke bawah, maka helai-helai, endapan, atau kantung-kantung ini juga berpindah posisi di dalam mata. Hal ini membuat bayangan-bayangan bergerak dan tampak mengambang atau berombak-ombak," ungkap dr. Theresia Rina.

Namun, eye floaters sebenarnya dapat menghilang seiring berjalannya waktu, atau akibat posisi endapan yang bergeser sehingga tidak terlihat lagi. Memang, bayangan mata bukan suatu hal berbahaya, tapi bisa sangat mengganggu aktivitas Anda.

"Hanya saja, jika eye floaters muncul secara mendadak, berjumlah banyak, muncul saat terkena kilatan cahaya, dan penglihatan samping menghilang, Anda harus waspada. Bisa jadi itu merupakan tanda retina Anda robek. Kondisi ini memerlukan perawatan khusus untuk mencegah retina lepas (retinal detachment)," tegas dr. Theresia Rina.

Bagaimana Mengatasinya?

Untuk menanganinya, Anda memang harus ke dokter spesialis mata supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut. Akan tetapi, biasanya Anda disarankan memakai obat tetes mata terlebih dahulu.

Namun, kalau obat tetes mata tidak berpengaruh banyak setelah beberapa hari pemakaian, sebaiknya segera periksa kondisi mata Anda ke dokter. Jangan sampai membiarkan hal ini terjadi berlarut-larut.

Kini Anda dapat mengetahui penyebab dan bagaimana mengatasi bayangan hitam di mata. Walau umumnya tidak terlalu berbahaya, Anda tetap perlu memeriksakannya ke dokter bila mengalaminya apalagi kalau terjadi terus-menerus.

(FR/RPA)

1 Komentar