Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Supaya Tetap Nyaman, Ini Tips Memilih Bra untuk Ibu Hamil

Supaya Tetap Nyaman, Ini Tips Memilih Bra untuk Ibu Hamil

Saat hamil, beragam perubahan fisik terjadi, termasuk pada payudara Anda. Agar tak bingung lagi, ini tips memilih bra untuk ibu hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Hamil adalah saat yang tepat untuk mengganti seluruh pakaian Anda! Ya, berat badan yang makin meningkat membuat Anda perlu membeli ukuran baju hingga celana yang lebih besar agar tubuh tetap nyaman. Tak hanya berlaku untuk pakaian luar, pakaian dalam seperti bra juga perlu penyesuaian. Bagaimana sih tips memilih bra untuk ibu hamil?

Payudara Membesar Selama Kehamilan

Seperti pernah disampaikan dr. Melyarna Putri, M.Gizi, MPH dari KlikDokter, payudara memang disiapkan untuk menyusui bayi ketika sudah dilahirkan. Karena itulah, ukuran payudara membesar seiring bertambahnya usia kandungan. 

Ditambahkan dr. Mely, payudara pada wanita yang belum pernah melahirkan akan dipenuhi oleh lobulus berukuran kecil dan sedang (berisi 35 asinus). Lobulus adalah kantong kecil yang memproduksi susu dan terdiri dari beberapa asinus.

“Ketika hamil dan menyusui, ukuran payudara dapat membesar dan payudara dipenuhi oleh lobulus matang yang berisi lebih dari 100 asinus per lobulus. Ukuran ini akan kembali lagi ke ukuran sebelum menyusui setidaknya 18 bulan setelah melahirkan, tergantung dari frekuensi dan durasi pemberian ASI kepada bayi,” tutur dr. Melyarna.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Salah Pilih Bra Rentan Picu Kanker Payudara

Selain itu, dikutip dari Momjunction, fluktuasi hormonal, perluasan tulang rusuk, pertambahan berat badan, dan produksi susu di kelenjar susu di akhir kehamilan juga turut berperan dalam pembesaran ukuran payudara. 

Payudara yang membesar selama kehamilan ini tentu membutuhkan penyesuaian bra agar seorang wanita tetap bisa merasa nyaman.

1 dari 2 halaman

Tips memilih bra saat hamil

Memilih bra yang sesuai selama kehamilan, hingga masa menyusui, adalah penting. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M. Epid dari KlikDokter, hindari bra yang menggunakan kawat.

Bra yang menggunakan kawat memang cenderung bisa membentuk payudara terlihat lebih indah. Namun kawat tersebut menyebabkan bra menjadi kurang lentur.

Artikel Lainnya: 10 Keluhan Ibu Hamil Trimester Kedua yang Wajib Diketahui

“Hal ini dapat memperberat rasa sakit pada payudara saat hamil. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan bra berkawat. Lebih baik gunakan sport bra karena memberikan topangan yang baik pada payudara dalam berbagai aktivitas,” tutur dr. Resthie.

Apa lagi tips memilih bra saat hamil? Seperti dinukil dari Baby Center, berikut beberapa di antaranya: 

  1. Carilah tali bra yang lebar. Tali bra yang lebar dapat lebih mengikat payudara supaya tetap pada tempatnya.

  2. Pilih bra yang nyaman dan mampu menutup seluruh payudara Anda. Bra seperti ini akan lebih nyaman digunakan, karena biasanya payudara akan jadi lebih sensitif.
  3. Pilih bra yang punya minimal empat pengait untuk mengatur kekencangan. Dengan begini, Anda akan lebih mudah melakukan penyesuaian saat bra terasa lebih sesak. 

  4. Cari bra yang sebagian besar terbuat dari bahan katun. Kehamilan bisa meningkatkan suhu tubuh Anda. Bra berbahan katun akan mengurangi iritasi dan membuat kulit Anda lebih mudah bernapas.

Selanjutnya, dr. Resthie juga menyarankan Anda untuk tetap menggunakan bra saat tidur. Lazimnya, saat tidak hamil, ahli merekomendasikan untuk tidak menggunakan bra saat tidur agar payudara dan kulit mendapatkan sirkulasi udara dan darah yang lebih baik.

“Namun, hal ini tidak berlaku bagi ibu hamil. Saat hamil, justru sebaiknya bra tetap digunakan saat tidur untuk mengurangi gesekan pada payudara jika Anda berpindah posisi saat tidur,” dia menjelaskan.

Tips memilih bra untuk ibu hamil di atas dapat menjadi panduan Anda saat benda penyangga payudara itu mulai terasa sesak selama kehamilan. Hal ini penting karena berpengaruh pada tubuh Anda yang sedang mempersiapkan diri menuju masa menyusui. Jadi, selamat memilih!

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar