Sukses

Bingung Mau Olahraga Apa Saat Musim Hujan, Coba Ini!

Saat musim hujan seperti sekarang ini, terkadang olahraga sulit dilakukan. Tapi ada beberapa olahraga indoor yang cocok saat musim hujan.

Klikdokter.com, Jakarta Hujan mulai kerap mengguyur Jakarta. Ya, umumnya musim hujan dimulai ketika memasuki bulan Desember. Kondisi ini agak sulit terutama bagi orang-orang yang gemar berolahraga di luar ruangan. Derasnya hujan yang turun membuat kegiatan olahraga saat musim hujan menjadi terganggu.

Di sisi lain, musim hujan memang kerap dijadikan alasan bagi beberapa orang untuk tetap di rumah daripada berolahraga. Udara yang dingin, angin kencang, dan jalanan yang basah berlumpur tentu membuat aktivitas olahraga menjadi tidak nyaman. Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan saat musim hujan?

Olahraga yang Cocok Saat Musim Hujan

Jangan jadikan musim hujan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Anda masih tetap bisa berolahraga di dalam ruangan. Berikut jenis olahraga indoor yang cocok saat musim hujan:

1 dari 5 halaman

1. Naik Turun Tangga

Anda bisa melakukannya di rumah dan kantor. Pastikan otot paha diangkat cukup tinggi hingga lutut membentuk sudut 90 derajat setiap langkahnya. 

Artikel lainnya: 5 Tips agar Anda Bisa Tetap Olahraga di Musim Hujan

"Meski sederhana, tapi naik turun tangga bisa efektif membakar lemak sekaligus mengencangkan otot di area paha, betis, dan perut," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Mau yang lebih menantang? Anda bisa lakukan yang lebih berat. Misalnya, melangkahlah dengan melewati dua anak tangga sekaligus. Bila memulai langkah dengan kaki kanan, luruskan kaki sisi kiri di belakang sebelum kemudian mengangkatnya naik ke anak tangga yang lebih tinggi.

2 dari 5 halaman

2. Yoga

"Jika Anda suka dengan gerakan-gerakan lembut, mengalir, dan punya efek relaksasi, yoga adalah jawabannya," saran dr. Dyan Mega. 

Anda tidak perlu memanggil instruktur mahal demi bisa yoga. Sekarang sudah banyak panduan gerakan yoga mudah di YouTube yang bisa langsung Anda ikuti. Jangan lupa pemanasan sebelum mencoba gerakannya.

Jika Anda adalah pemula dalam yoga, salah satu gerakan yang mudah tapi sangat bermanfaat adalah posisi perahu atau paripurna navasana.

"Pertama, ambil posisi duduk dengan kaki lurus ke depan. Angkat tumit perlahan hingga tinggi maksimal yang dapat dilakukan. Pastikan lutut terjaga lurus selama melakukan gerakan ini. Luruskan kedua lengan ke arah depan,” jelas dr. Dyan Mega.

Setelah itu, tahan posisi tersebut setidaknya selama 20 detik. Lakukan pengulangan sebanyak 4 kali repetisi. Hasilnya, lemak di perut akan terbakar. Otot paha, punggung, dan kaki akan terlatih lebih kuat.

Artikel lainnya: Olahraga Sambil Hujan-hujanan, Apa Efeknya bagi Paru?

3 dari 5 halaman

3. Lari di Treadmill

Bagi Anda yang punya treadmill di rumah atau biasa berlatih di gym, lari di treadmill adalah hal yang sangat baik dilakukan ketika musim hujan. Tidak usah lama-lama, berlarilah selama 30 menit dengan kecepatan sedang. Dengan kecepatan ini, Anda bisa membakar kalori sampai 183 kalori dan membuat jantung sehat.

4 dari 5 halaman

4. Push-Up dan Plank

Mau olahraga yang tak banyak gerak tapi cukup efektif? Push-up dan plank jawabannya. 

"Lakukan gerakan push-up klasik sebanyak 15 kali dengan 3 kali pengulangan. Berikan jeda antar pengulangan selama 10 detik untuk beristirahat. Gerakan push-up ini boleh dilakukan dengan tumpuan pada pangkal jari ataupun lutut, sesuai dengan kemampuan," kata dr. Dyan Mega.

Pada akhir set ketiga, lakukan gerakan plank. Ambil posisi seolah-olah akan push-up, tapi dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu. 

Kaki harus sejajar dengan pinggul, sedangkan siku harus sejajar dengan kedua bahu. Katupkan kedua tangan Anda, dan kontraksikan otot-otot perut Anda. Tubuh harus sejajar, lurus dari ujung kepala hingga kaki, dengan tumpuan pada siku (bukan pada telapak tangan). Tahan posisi ini setidaknya selama 60 detik.

Terkesan mudah, namun melakukan plank dapat terasa berat bila belum terbiasa. Karena, otot tubuh harus menahan beban berat badan. Jika dipadukan dengan push-up, latihan ini bisa membakar kelebihan lemak di dalam tubuh.

Itulah beberapa olahraga saat musim hujan yang bisa Anda lakukan di dalam ruangan. Jangan malas berolahraga, pastikan tubuh tetap bergerak 30 menit per hari agar tetap sehat dan bugar.

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar