Sukses

Bingung Mau Olahraga Apa Saat Musim Hujan, Coba Ini!

Jangan jadikan musim hujan sebagai halangan untuk berolahraga. Pilih beberapa jenis olahraga yang cocok saat musim hujan berikut ini.

Saat musim hujan, cuaca yang dingin sering kali membuat kita malas untuk berolahraga. Biasanya, yang ingin dilakukan hanya sekadar duduk di sofa sambil menonton TV atau tidur di kasur yang empuk.

Selain itu, banyak orang yang berpikir bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di luar rumah. Padahal, banyak juga jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah.

Apa sajakah olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat musim hujan?

 

1 dari 3 halaman

Olahraga yang Cocok Saat Musim Hujan

Musim hujan seharusnya tidak menjadi alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Banyak aktivitas fisik yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Berbagai jenis olahraga indoor yang dapat Anda coba saat musim hujan, di antaranya:

1. Naik Turun Tangga

Olahraga saat musim hujan yang dapat Anda coba salah satunya adalah naik turun tangga. Pastikan otot paha diangkat cukup tinggi hingga lutut membentuk sudut 90 derajat setiap langkahnya. Olahraga ini efektif untuk membakar lemak sekaligus mengencangkan otot di area paha, betis, dan perut.

Artikel Lainnya: Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

2. Lari di Treadmill

Pusat kebugaran atau gym dapat menjadi pilihan saat musim hujan. Banyak jenis olahraga yang biasanya dapat dilakukan di pusat kebugaran, seperti berlari di treadmill, bersepeda statis, dan sebagainya.

Karena banyak olahraga yang dapat dilakukan, Anda bisa bertanya atau meminta bimbingan dari instruktur yang ada di pusat kebugaran agar tidak terjadi cedera saat berolahraga.

Selain di pusat kebugaran, lari di treadmill juga dapat dilakukan di rumah apabila Anda memiliki peralatannya.

3. Sepeda Statis

Selain lari di treadmill, pilihan olahraga saat musim hujan lain yang dapat Anda coba adalah bersepeda statis. Sepeda statis bisa dilakukan di pusat kebugaran maupun di rumah. Anda pun dapat mulai menggunakannya kembali di saat sedang turun hujan. Jangan lupa untuk memeriksa peralatan tersebut sebelum digunakan.

4. Lompat Tali

Lompat tali adalah salah satu olahraga aerobik yang dapat dilakukan di rumah. Hanya dengan bermodalkan skipping rope, Anda dapat membakar banyak kalori. Anda akan kaget dengan banyaknya keringat yang bisa Anda hasilkan dari olahraga ini.

Artikel Lainnya: Pengaruh Olahraga pada Nafsu Makan

Cobalah melakukan lompat tali dengan interval. Contoh, melompat lambat selama dua menit, lalu melompat secepat yang Anda bisa selama 30 detik, lalu lambat kembali.

5. Hula Hoop

Hula hoop dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga ini tidak selalu identik dengan anak-anak, karena nyatanya olahraga ini punya banyak manfaat, baik untuk wanita maupun pria.

Dengan melakukan hula hoop, wanita akan memperoleh panggul yang indah, sedangkan bagi pria, olahraga ini dapat melatih stamina bagian bawah tubuh.

6. Resistance Training

Setelah mencoba olahraga aerobik, Anda dapat melatih otot Anda dengan olahraga resistance training, seperti crunches atau sit-up, push-up, dan lunges yang tidak membutuhkan alat apa pun. Namun, bila mempunyai dumbbells atau resistance bands, Anda dapat menggunakannya.

Artikel Lainnya: Mengapa Tubuh Mudah Sakit Saat Musim Hujan?

7. Senam

Bila memungkinkan, Anda dapat mengikuti senam dari video-video yang ada di Internet. Anda tidak akan mudah bosan karena hanya perlu mengikuti gerakan yang ada.

Anda juga dapat mengajak anggota keluarga lain untuk ikut berolahraga bersama-sama dengan Anda, sehingga dapat saling menyemangati.

8. Yoga

Bagi Anda yang menyukai olahraga dengan gerakan lembut yang memberikan efek relaksasi, Anda dapat mencoba olahraga saat musim hujan yang satu ini.

Anda tidak perlu memanggil instruktur mahal demi bisa melakukan yoga karena sudah banyak panduan gerakan yoga di YouTube. Namun sebelum memulai gerakan, jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Fisik yang Baik untuk Dilakukan

Tidak sempat olahraga? Anda juga dapat berolahraga dengan melakukan kegiatan di rumah, seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, menyeterika pakaian, mencuci piring, merapikan kebun, dan yang lainnya.

Aktivitas fisik tersebut dapat memberikan keuntungan berlipat. Selain kesehatan yang terjaga, pekerjaan rumah yang harus dikerjakan pun selesai.

Itulah beberapa jenis olahraga saat musim hujan yang dapat Anda coba. Jangan jadikan musim penghujan sebagai penghalang untuk berolahraga. Anda dapat menyiasatinya dengan berolahraga di pusat kebugaran atau bahkan di rumah saja.

Lakukan olahraga secara rutin dan mulailah olahraga dengan pemanasan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar