Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penyanyi Vidi Aldiano Didiagnosis Kanker Ginjal di Sebelah Kiri

Penyanyi Vidi Aldiano Didiagnosis Kanker Ginjal di Sebelah Kiri

Terlihat baik-baik saja, Vidi malah memberikan kabar sebaliknya. Dokter mendiagnosis Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal sebelah kiri. Ini kronologisnya!

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit kanker ginjal mungkin jarang terdengar ketimbang batu ginjal ataupun gagal ginjal. Kendati tak populer, penyakit kronis itu justru menjangkiti penyanyi kelahiran 1990. Dilansir dari Liputan6.com, Vidi Aldiano didiagnosis kanker ginjal di sebelah kiri. Kabar menyedihkan itu dilaporkan melalui IGTV-nya beberapa waktu lalu. 

Dalam rekaman video berdurasi 2 menit lebih yang diambil di salah satu rumah sakit Singapura, Vidi Aldiano mengungkapkan, ia mengalami sejumlah anomali di tubuhnya selama beberapa bulan belakangan. Benar saja, pada bulan lalu, diagnosis munculnya kista pada ginjal dilayangkan pada dirinya. 

Setelah melakukan pemeriksaan, akhirnya minggu lalu Vidi mendapatkan kabar ada kanker di ginjal sebelah kirinya. Langkah yang diambil oleh dokter untuk mengatasi penyakit kanker yang diderita Vidi adalah operasi pengangkatan. Tindakan medis tersebut akan dijalani Vidi pada hari ini dan pelantun lagu Nuansa Bening itu pun meminta doa kepada masyarakat. 

Berkenalan dengan Kanker Ginjal 

Seperti yang sempat disinggung di atas, kanker ginjal merupakan penyakit yang cukup jarang terjadi ketimbang gagal ginjal atau batu ginjal. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui penyakit yang sedang menyerang Vidi Aldiano ini. 

Artikel lainnya: Awas, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal Anda! 

Kanker ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan timbulnya sel-sel tumor ganas di ginjal. Terdapat beberapa tipe sel tumor ganas di ginjal, tetapi yang paling sering ditemui adalah renal cell carcinoma. Sayangnya, tidak diketahui tipe sel tumor apa yang menjangkiti Vidi. 

Walaupun kanker ginjal kerap menyerang orang dengan usia 60 tahun ke atas alias lansia, tetapi tak menutup kemungkinan bahwa kanker tersebut bisa menyerang orang di usia muda. Contoh konkretnya adalah Vidi. 

Faktor risiko lainnya dari kanker ginjal, yaitu kegemukan. Bila Anda melihat kondisi tubuh seorang Vidi Aldiano, bisa dibilang ia termasuk punya berat badan yang cukup ideal. Sehingga, faktor usia dan faktor bobot tubuh tidak berlaku untuk kasus kanker ginjal yang diidap oleh pria dengan tinggi 178 sentimeter tersebut. 

Kanker, apa pun jenisnya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pada kanker ginjal, selain faktor usia dan faktor obesitas, memiliki kebiasaan merokok, punya masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan sering terpapar zat kimia tertentu, misalnya asbes, trikloroetilen, dan kadmium juga dapat meningkatkan risiko kanker ginjal. 

Artikel lainnya: Punya Penyakit Ginjal, Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini

Apa gejala yang muncul?

Sebelum didiagnosis memiliki kista yang berujung pada kanker ginjal, Vidi mengaku merasakan sejumlah anomali pada tubuhnya. Anomali yang dimaksud tentu saja gejala-gejala yang dirasakan selama beberapa bulan belakangan. Pada kanker ginjal stadium awal, biasanya kanker ginjal tidak menunjukkan gejala apa pun. 

Sedangkan pada stadium lanjut, gejala kanker ginjal yang dirasakan dapat berupa:

  • Kencing berdarah.
  • Teraba benjolan di pinggang.
  • Nyeri atau pegal hilang timbul di pinggang.
  • Demam berkepanjangan atau keringat berlebih di malam hari.
  • Merasa cepat lelah.
  • Tubuh terlihat makin kurus atau berat badan turun drastis.
1 dari 2 halaman

Bagaimana Mencegah Kanker Ginjal?

Untuk mengatasi masalah kanker ginjal, tindakan operasi nefrektomi memang dapat dilakukan. Namun, operasi tersebut hanya bisa dilakukan bila tumor masih berukuran kurang dari 4 sentimeter. Jika operasi tidak bisa dilakukan, penderitanya dapat menerima tindakan berupa embolisasi, kemoterapi, dan radioterapi.  

Di sisi lain, kanker ginjal tak sepenuhnya dapat dicegah. Namun, dengan menerapkan pola hidup sehat, risiko seseorang mengalami kanker ginjal dapat berkurang. Hal itu disetujui pula oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter. Menurutnya, dengan memperbanyak asupan sayur dan buah, semua penyakit mematikan, termasuk kanker, dapat diminimalkan risikonya.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kanker ginjal selain memperbanyak asupan sayur dan buah, yaitu:

  • Hindari asap rokok dan berhentilah dari kebiasaan merokok.
  • Berolahraga teratur.
  • Jaga berat badan di angka ideal.
  • Tidur minimal 7 jam di malam hari.

Kabar Vidi Aldiano didiagnosis kanker ginjal memang mengejutkan masyarakat. Pasalnya, akhir-akhir ini, kanker telah berhasil merenggut nyawa para pelaku seni di Tanah Air. Semoga saja pengobatan yang dilakukan Vidi Aldiano membuahkan hasil positif, sehingga dirinya tetap bisa berkarya dan menghibur masyarakat dengan suara merdunya. 

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar