Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Konsumsi Susu Bisa Lawan Osteoporosis, Mitos atau Fakta?

Konsumsi Susu Bisa Lawan Osteoporosis, Mitos atau Fakta?

Konsumsi susu sudah lazim dianggap orang bagus untuk tulang. Tapi, itu sebuah mitos atau fakta kalau susu melawan osteoporosis?

Klikdokter.com, Jakarta Susu punya manfaat baik untuk tubuh Anda. Bahkan, susu dipercaya oleh beberapa orang bisa membantu melawan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Namun, apakah hal itu sebuah fakta atau mitos?

Alasan bahwa orang beranggapan susu baik untuk tulang adalah karena kandungan kalsium dalam susu yang tinggi. Anda tentu tahu bahwa tulang butuh kalsium yang memadai untuk tetap kuat.

Akan tetapi, banyak orang justru bertanya-tanya apakah mereka benar-benar membutuhkan susu dalam asupan harian mereka demi menguatkan tulang. Pasalnya, bagi banyak rumah tangga di Indonesia, susu bukan pilihan utama. Harganya pun terkadang lebih mahal.

1 dari 2 halaman

Benarkah Konsumsi Susu Atasi Oteoporosis?

Pasti Anda pernah diberitahu oleh orang tua Anda untuk rajin minum susu supaya tulang kuat. Sayangnya, minum susu belum menjadi asupan wajib, terutama pada orang dewasa. 

Artikel Menarik: Kenali 5 Tanda Tulang Mulai Tidak Sehat

Sebagian berpendapat bahwa mencegah osteoporosis dengan minum susu adalah fakta. Tapi tak sedikit juga yang menganggap itu sebuah mitos belaka karena disebut-sebut tidak terlalu berpengaruh. Jadi, bagaimana sebenarnya?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan susu tidak memiliki efek pada kesehatan tulang ataupun berbahaya. Namun, sebagian besar penelitian menunjukkan hubungan yang jelas antara asupan susu tinggi dan penurunan risiko osteoporosis.

Selain itu, banyak studi kedokteran telah dilakukan untuk memastikan efek susu dalam mencegah osteoporosis. Berbagai studi tersebut menunjukkan bahwa asupan kalsium yang cukup sangat penting untuk mencegah osteoporosis. 

Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Jadi, mengonsumsi susu bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, dan osteoporosis bisa dicegah bila kebutuhan kalsium tercukupi.

Artikel Menarik: Susu Jenis Apakah yang Paling Sehat?

"Namun demikian, perlu diketahui juga bahwa susu bukanlah satu-satunya sumber kalsium. Terdapat beberapa jenis makanan lain yang merupakan sumber kalsium yang baik. Di antaranya adalah keju, yoghurt, tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, dan ikan," ujar dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter

"Jadi, selama Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan tersebut sehingga kebutuhan kalsiumnya tercukupi dengan baik. Sebenarnya, minum susu bukanlah hal wajib yang harus dilakukan," sambung dr. Resthie.

Anda juga perlu tahu, tak perlu mengharuskan minum susu bagi kesehatan tulang. Agar kalsium dari makanan bisa diserap dan digunakan dengan efektif dalam tubuh, Anda juga perlu asupan vitamin D yang cukup. Hal ini karena penyerapan kalsium di usus membutuhkan peran vitamin D.

Beruntunglah Anda karena tinggal di Indonesia dengan cahaya matahari yang cukup. Cahaya matahari memiliki diketahui kandungan vitamin D cukup besar. 

"Untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, Anda dianjurkan untuk terpapar sinar matahari sekitar 15 menit setiap harinya. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa didapat dari beberapa jenis makanan seperti ikan tuna, salmon, keju, dan kuning telur," saran dr. Resthie.

Cara Efektif Mencegah Osteoporosis

Selain mengonsumsi susu atau sumber kalsium lainnya, diperlukan beberapa hal lain untuk mencegah osteoporosis, yaitu:

  • Menjaga berat badan ideal.
  • Melakukan olahraga secara teratur, khususnya olahraga weight-bearing, seperti jogging, naik turun tangga, atau lompat tali.
  • Tidak merokok dan menghindari lingkungan yang banyak asap rokok.
  • Tidak memiliki kebiasaan minum alkohol.

Jadi, susu untuk mencegah osteoporosis sebuah mitos atau fakta? Anda tetap butuh susu untuk menguatkan tulang. Namun, sumber kalsium tak hanya susu, ada dari makanan lainnya juga.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar