Sukses

Tips Pola Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Melahirkan

Bobot tubuh yang melesat usai melahirkan kerap bikin Anda tak sabar memulai program diet. Bagaimana pola diet sehat untuk ibu yang baru melahirkan?

Klikdokter.com, Jakarta Lonjakan bobot tubuh selama masa kehamilan dan setelah melahirkan pada sebagian ibu tidak terhindarkan. Anda pun ingin buru-buru mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan. Tidak ada yang salah bila ibu yang baru melahirkan ingin melakukan diet. Yang penting, Anda tetap harus menjalani pola diet sehat dan seimbang.

Hal ini sangat penting karena pola makan Anda akan berpengaruh pada tubuh dan juga kebutuhan nutrisi bayi melalui ASI (air susu ibu). Jangan sampai Anda kekurangan salah satu nutrisi penting, hingga menghambat tumbuh kembang si buah hati.

Tips Pola Diet Sehat

Perlu diingat—bukan hanya untuk ibu yang baru melahirkan saja—selalu lakukan diet yang tepat, aman, dan tentunya sehat. Berikut beberapa prinsip yang wajib Anda ingat dan lakukan bila ingin diet setelah persalinan.

  1. Ketahui waktu yang tepat

Persalinan adalah proses yang melelahkan, baik secara fisik maupun mental. Tubuh Anda memerlukan cukup waktu untuk pemulihan. Bila Anda memaksakan diri untuk membatasi makanan segera setelah melahirkan, pemulihan tubuh akan berlangsung lebih lama. Akibatnya, Anda akan merasa lebih lelah.

Oleh karena itu, Anda tak perlu terburu-buru menurunkan berat badan. Tunggu hingga enam minggu atau saat bayi berusia 2 bulan untuk memulai diet. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kebidanan sebelum memulai program diet.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, 3 Diet Ini Berisiko Terhadap Kesehatan

  1. Atur ekspektasi

Banyak ibu berharap berat badan akan turun seperti sebelum hamil. Hal ini kemudian menimbulkan stres tersendiri ketika kenyataan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Anda perlu ingat bahwa kehamilan dan persalinan akan membuat tubuh mengalami perubahan yang permanen. Seperti otot perut yang lebih kendur, paha yang lebih lebar, dan ukuran pinggang yang membesar.

Kondisi-kondisi tersebut akan membuat penurunan berat badan mungkin berlangsung lebih lama. Para pakar menyatakan bahwa seorang ibu perlu waktu setidaknya 12 bulan setelah melahirkan untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 450 gram setiap minggu.

  1. Teruslah menyusui

Menyusui adalah salah satu metode alami terbaik untuk menurunkan berat badan. Dengan menyusui, Anda dapat membakar hingga ratusan kalori. Karena itu, berikanlah ASI pada bayi Anda secara eksklusif selama 6 bulan dan teruskan hingga si Kecil berusia 2 tahun.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Pilih superfood

Salah satu kunci sukses diet setelah melahirkan adalah pemilihan makanan yang tepat. Pilih makanan tinggi serat, protein, dan asam lemak tak jenuh. Jadikan buah segar sebagai camilan Anda. Konsumsi banyak sayur dan sumber protein, seperti daging, hati, ayam, ikan, tahu, dan tempe dalam makanan sehari-hari.

Artikel Lainnya:  Hati-hati, Ini Risiko Kesehatan di Balik Diet Rendah Karbohidrat

Sebagai sumber lemak, pilihlah alpukat, kacang-kacangan, serta gunakan minyak zaitun atau minyak kanola dalam mengolah makanan. Makanan tersebut dapat membantu Anda menjaga berat badan tidak semakin naik. Justru, Anda tetap berenergi dan menjaga kualitas dan kuantitas ASI yang Anda produksi.

Ibu menyusui memerlukan 2.000 kalori per hari dan mengonsumsi bahan makanan di atas dapat memenuhi kebutuhan kalori tersebut.

  1. Mulai beraktivitas fisik

Memiliki waktu untuk melakukan olahraga setelah kelahiran bayi bukanlah hal yang mudah. Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan aktivitas fisik sederhana, seperti latihan otot dasar panggul (senam Kegel), berjalan, yoga, dan latihan otot lainnya.

Contoh aktivitas fisik sederhana yang dapat Anda lakukan adalah membawa bayi Anda berjalan-jalan menggunakan kereta dorong selama 30 menit di pagi atau sore hari. Tak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, aktivitas ini menjauhkan Anda dari penyakit jantung dan memelihara otot-otot tubuh Anda.

Ibu yang baru melahirkan tetap dapat perlahan menurunkan berat badan dengan pola diet sehat dan aman di atas. Bila dilakukan dengan rutin dan diiringi kesabaran, Anda akan menuai hasil yang positif di kemudian hari.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar