Sukses

Makanan untuk Menjaga Tulang Kuat

Sumber kalsium untuk tulang bukan hanya susu. Faktanya, ada beberapa makanan lainnya yang bisa membantu memperkuat tulang Anda.

Banyaknya aktivitas menuntut Anda untuk selalu dalam keadaan sehat dan bugar. Karena itu, asupan bergizi sangatlah penting supaya organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Salah satu bagian tubuh yang paling penting adalah tulang.

Tulang berperan dalam menyediakan struktur, melindungi organ-organ, menahan otot, dan menyimpan kalsium. Seiring dengan bertambahnya usia, keadaan tulang juga akan terus berubah. Jika Anda tidak peduli terhadap kesehatan tulang, hal ini dapat merugikan pada kemudian hari.

Demi memiliki tulang kuat, olahraga secara rutin penting untuk dilakukan. Contoh olahraga yang bisa Anda coba adalah joging, lompat tali, tenis, bola basket, dan sepak bola. Sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi fisik Anda.

Selain aktivitas fisik, Anda juga perlu memperhatikan makanan untuk tulang. Tidak hanya dari susu, kesehatan tulang juga dapat didukung oleh beragam makanan dan minuman lainnya. Apa saja makanan untuk tulang yang dapat Anda konsumsi sehari-hari untuk mencegah osteoporosis

1 dari 6 halaman

1. Yoghurt

Yoghurt kaya akan vitamin D yang dibutuhkan tulang. Rajin mengonsumsi yoghurt tiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Agar lebih sehat, pilih yoghurt yang plain dan tidak mengandung banyak gula. 

Artikel Lainnya: Tips Pola Hidup Sehat untuk Pencegahan Osteoporosis

2. Keju 

Keju termasuk salah satu makanan yang mengandung kalsium. Tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak, cukup beberapa potong saja. Anda dapat memilih keju cheddar sebagai opsi yang lezat.

2 dari 6 halaman

3. Ikan Sarden 

Jika mencari makanan penguat tulang yang enak, ikan sarden salah satu jawabannya. Ikan yang begitu populer ini ternyata mengandung vitamin D dan kalsium yang tinggi. Cocok untuk mendukung kesehatan tulang.

Anda bisa campurkan dengan hidangan pasta agar lebih nikmat. Bila khawatir dengan ikan sarden kalengan, Anda dapat memilih yang masih segar di pasaran.

4. Ikan Salmon

Selain sarden, salmon juga makanan untuk tulang yang sehat. Ikan lezat ini diketahui mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D. Pastikan Anda memilih ikan salmon yang segar agar tidak tercemar berbagai bakteri dan menyebabkan penyakit.

Artikel Lainnya:  Kebiasaan Sederhana untuk Jaga Kesehatan Tulang

3 dari 6 halaman

5. Ikan Tuna

Tuna dikenal sebagai sumber vitamin D yang baik. Selain itu, jenis ikan ini juga mengandung beragam mineral, seperti magnesium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Protein yang dikandungnya pun cukup lengkap untuk konsumsi harian.

6. Bayam

Salah satu makanan untuk tulang yang baik adalah bayam. Tidak hanya kandungan kalsiumnya, sayur bayam juga sangat menyehatkan dengan serat, zat besi, dan vitamin A.

4 dari 6 halaman

7. Ubi Jalar

Dikenal dengan istilah sweet potato dalam bahasa Inggris, ubi jalar menyimpan berbagai nutrisi untuk kesehatan tulang. Makanan ini juga mengandung magnesium dan potasium yang juga memegang peranan penting dalam menjaga kepadatan tulang.  

8. Tahu Putih

Bahan makanan yang sering kali disantap bersama sup dan tumisan ini ternyata baik untuk melindungi kesehatan tulang. Tahu putih memiliki kandungan kalsium dan isoflavon. Disebutkan dalam Research Gate, sifat estrogenik isoflavon memiliki efek sebagai antiosteoporosis, sehingga dapat membantu memperkuat tulang.

Artikel Lainnya: Cek Kesehatan Tulang Anda dari 7 Kondisi Ini

5 dari 6 halaman

9. Chia Seed, Flaxseed, dan Walnut

Ketiganya sangat kaya akan omega-3 yang sangat bermanfaat untuk tulang. Menurut penelitian, asam lemak omega-3 dapat mencegah kehilangan massa otot dan tulang keropos selama proses penuaan.

10. Buah Jeruk

Tambahkan variasi buah jeruk ke dalam makanan Anda. Selain menambahkan selera makan, buah jeruk juga mengandung vitamin C yang terbukti membantu mencegah keropos tulang. Satu buah jeruk mengandung sampai sekitar 88 mg vitamin C.

Itulah beberapa makanan untuk tulang yang dapat Anda konsumsi sehari-hari. Seimbangkan pola makan, olahraga, dan istirahat agar penerapan gaya hidup sehat berjalan maksimal.

Konsultasikan juga pada dokter bila Anda memiliki riwayat alergi makanan tertentu atau keluhan seputar tulang.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar