Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kunci Hidup Sehat Berawal dari Usus yang Sehat, Benarkah?

Kunci Hidup Sehat Berawal dari Usus yang Sehat, Benarkah?

Memiliki usus yang sehat ternyata kunci untuk terhindar dari berbagai penyakit. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dan terbebas dari penyakit? Semua orang pasti menginginkannya. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita adalah dengan mencintai usus kita.

Pernah mendengar slogan “Healthy gut healthy you”? Ternyata slogan ini benar adanya. Apa yang kita konsumsi ternyata berpengaruh besar bagi kondisi tubuh kita, lo.

Peran Usus bagi Tubuh

Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang memiliki berbagai fungsi, yaitu menyerap air dan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Usus manusia terdiri dari usus halus dan usus besar.

Usus halus terletak di antara lambung dan usus besar, terdiri dari usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejenum) usus penyerapan (ileum). Sedangkan usus besar terdiri dari sekum, kolon, rektum dan anus.

Pada dasarnya, usus memiliki sejumlah bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa beberapa bakteri di usus berkaitan dengan timbulnya berbagai penyakit.  

Artikel lainnya: Kenali Komplikasi Kanker Usus

Berikut adalah beberapa manfaat bakteri baik pada usus yang perlu Anda ketahui.

  1. Membantu proses pencernaan.
  2. Meningkatkan kesehatan mental dan
  3. Menjaga berat badan ideal.
  4. Menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.
  5. Memperbaiki kualitas tidur.
  6. Bernapas segar.
  7. Kulit cantik dan
1 dari 2 halaman

Usus Sehat Bisa Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Sejak terlahir hingga sekarang ini, dalam tubuh manusia mempunyai 300 hingga 500 ragam bakteri yang ‘tinggal’ di usus. Jika sidik jari yang dimiliki setiap orang berbeda, begitu juga bakteri yang terdapat dalam tubuh manusia, sangatlah beragam.

Walau begitu, terdapat pula bakteri baik yang ‘menetap’ dalam tubuh tidak hanya membantu mencerna makanan yang masuk dalam perut. Si ‘baik’ ini juga bisa bekerja di seluruh tubuh Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, lo! Bagaimana bisa?

Sebetulnya sederhana, semua makanan yang dikonsumsi dan cara Anda menjaga pencernaan sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik dan mood. Dengan menjaga sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat adalah salah satu cara terbaik demi menghindari berbagai penyakit.

Jika hal ini sudah dilakukan, Anda akan merasakan dampak positifnya, yakni sistem imun dan  kesehatan kulit terjaga. Begitu juga dengan psikis, Anda bisa terhindar dari problem kesehatan mental.

Artikel lainnya: Mengapa Kanker Usus Bisa Sebabkan Badan Kurus?

Jika Anda baru mulai menyadari pentingnya peranan usus dalam tubuh, tetapi terlanjur menjalani gaya hidup tak sehat, ada baiknya Anda mengubah kebiasaan buruk ini. Agar usus tetap mempunyai bakteri baik yang bekerja meningkatkan kesehatan pencernaan, berikut hal yang bisa Anda lakukan.

Bakteri baik dalam usus dapat ditingkatkan dengan cara berikut ini.

  1. Konsumsi banyak sayur dan buah termasuk kacang-kacangan dan polong-polongan. Sayur buah mengandung serat yang tidak dapat dicerna oleh pencernaan kita. Namun, bakteri di usus dapat mencernanya dan justru sebagai timbal balik akan menstimulasi perkembangan bakteri itu sendiri.
  2. Konsumsi makanan berfermentasi seperti yoghurt, kefir, tempe, kimci dan lain-lain. Ternyata makanan-makanan yang difermentasikan ini memiliki bakteri baik yaitu Lactobacillus yang bermanfaat bagi kesehatan.
  3. Rajin konsumsi probiotik. Probiotik baik untuk kesehatan usus kita.
  4. Ternyata konsumsi beberapa jenis teh bisa membersihkan usus dan membuang racun (detoksifikasi). Jenis teh yang paling bagus adalah teh hijau.
  5. Jika Anda kurang minum otomatis dapat terjadi konstipasi, di mana penumpukan racun dalam usus besar bisa menyebabkan berbagai masalah.
  6. Tidur cukup. Tidur terlalu larut juga tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental. Biasakan hindari makan malam pada jam tubuh beristirahat.

Lalu, bagaimana cara membersihkan usus agar tetap sehat?

  • Hidrasi atau konsumsi banyak air putih akan secara rutin membersihkan usus kita dari racun-racun sisa makanan.
  • Penggunaan obat laksatif atau pencahar dapat membersihkan usus atau mengosongkan usus.
  • Detoksifikasi dengan berbagai cara, bisa dengan konsumsi jus, teh, berpuasa dan lain sebagainya.
  • Kolonoskopi untuk mengecek kondisi usus sekaligus membersihkan usus dari sisa kotoran pemicu kanker usus.

Usus kotor memang sumber berbagai penyakit. Dengan memelihara bakteri baik dalam usus serta menjaga kebersihan usus, kita akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan dari ujung kaki hingga ujung kepala. Mudah bukan? Selamat mencoba!

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar