Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Alasan di Balik Rasa Air Mineral Kemasan yang Berbeda-beda

Alasan di Balik Rasa Air Mineral Kemasan yang Berbeda-beda

Jika Anda perhatikan, rasa air mineral kemasan tiap merek berbeda. Jika itu semua sama-sama air putih, mengapa rasanya bisa beda, ya?

Klikdokter.com, Jakarta Merek air mineral kemasan yang beredar di pasaran kini sangat bervariasi. Bagi yang indra perasanya cukup sensitif, mungkin Anda akan menyadari bahwa tiap merek air mineral memiliki “rasa” yang berbeda. Awalnya, Anda pikir rasa itu dari botol plastik yang digunakan. Tapi ternyata, perbedaan rasa air mineral kemasan berasal dari kandungan air itu sendiri.

Kandungan mineral yang menentukan rasanya

Salah satu faktor yang mendasari perbedaan rasa air mineral kemasan adalah dari mana sumber berasal. Pasalnya, beda sumber mata air (biasanya diambil dari sumber air pegunungan), beda pula kandungan mineralnya. Nah, kandungan mineral itulah yang pada akhirnya memberikan sedikit rasa pada air mineral kemasan.

Adapun mineral yang paling berperan dalam memberikan rasa, antara lain kalsium, magnesium, sulfat, dan bikarbonat. Keempat mineral tersebut tentunya larut dalam air dan akan terasa saat air telah menyentuh bintil lidah.

Sementara itu, bila air minum yang Anda konsumsi berasal dari sumber air yang dalam (di bawah tanah), rasanya pun akan berbeda dari rasa air yang diambil dari mata air pegunungan. Itu karena, air tanah harus mengalir melewati banyak lapisan tanah serta bebatuan sehingga rasanya pun agak berkapur.

Meskipun demikian, air minum yang diambil dari tanah tetap layak dikonsumsi. Bahkan, kandungan mineralnya disebut-sebut lebih banyak. Dengan demikian, tak usah heran lagi mengapa rasa air mineral kemasan tiap merek itu berbeda-beda.

Perbedaan rasa itu bukan disebabkan oleh efek kemasan plastik dan lain sebagainya, melainkan dari sumber air yang digunakan.

Di sisi lain, lidah tiap orang juga bisa menentukan rasa dari air mineral. Pada beberapa orang, rasa mineral dalam air kemasan akan terasa agak pahit. Sebagian lagi justru tidak merasakan apa pun alias tawar! Jadi, kombinasi antara keunikan indra perasa serta kandungan mineral adalah yang menentukan rasa air mineral kemasan.

1 dari 2 halaman

Manfaat minum air mineral

Terlepas dari keunikan rasa air mineral kemasan, dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc Hons dari KlikDokter mengatakan, ada sejumlah manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi air tersebut. Adapun sederet manfaat minum air mineral antara lain:

  • Mencukupi kebutuhan mineral tubuh

Air mineral mengandung kalsium, magnesium, dan kalium dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, air mineral akan membantu mencukupi kebutuhan mineral tubuh dan melancarkan aliran darah. Bonusnya lagi, beberapa jenis mineral bisa membantu mengatur irama jantung. 

  • Memperkuat tulang 

Air mineral mengandung kalsium yang bermanfaat dalam menjaga kekuatan tulang. Saat terjadi patah tulang atau saat masa pertumbuhan, tubuh memerlukan banyak kalsium. 

Apabila kecukupan kalsium tidak terpenuhi, tulang akan rapuh dan lemah. Namun, akan lebih baik lagi hasilnya bila Anda imbangi dengan mengonsumsi susu serta rutin beraktivitas fisik.

  • Menjaga kesehatan saluran cerna

Di dalam air mineral, terkandung magnesium yang dapat menarik air ke dalam usus dan memperbaiki konsistensi tinja. Jika Anda ingin mencegah sembelit, selain makan banyak makanan berserat seperti sayur dan buah, Anda juga bisa minum air mineral agar hasilnya maksimal. 

  • Menurunkan tekanan darah

Tak cuma baik untuk kesehatan saluran cerna, magnesium rupanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Terdapat sebuah penelitian yang melaporkan bahwa orang yang memiliki tekanan darah tinggi juga memiliki kadar magnesium yang rendah.

Ketika mereka disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1 liter air mineral setiap hari, tekanan darah mereka pun perlahan menurun dan lebih stabil.

Pada dasarnya, Anda tak perlu mengkhawatirkan rasa air mineral kemasan yang berbeda-beda. Selama tidak berbau menyengat dan tidak berubah warna, air tersebut aman diminum, bahkan menyehatkan. Bila Anda mengonsumsi air mineral setiap hari plus didukung pola hidup sehat lainnya, pasti tubuh akan merasakan efek positifnya. 

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar