Perawatan Pria

Konsumsi Makanan Ini agar Ereksi Tahan Lama

dr. Sara Elise Wijono MRes., 02 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Agar ereksi lebih kuat dan lama, ada makanan yang bisa Anda coba. Simak makanan penambah ereksi supaya tahan lama berhubungan di sini.

Konsumsi Makanan Ini agar Ereksi Tahan Lama

Makanan yang kamu konsumsi berperan dalam meningkatkan kehidupan seks. Mengonsumsi makanan bergizi dapat memberikan manfaat bagi kehidupan seks kamu lewat sejumlah cara, mulai dari memperbaiki kualitas ereksi penis, meningkatkan libido, hingga meningkatkan stamina.

Bisa dibilang, ketahanan ereksi saat bercinta jauh lebih penting ketimbang ukuran penis seorang pria. Menurut sejumlah ahli, kepuasan pasangan dapat diraih bila kemampuan ereksi baik (tidak impoten), tahan lama, dan penis memiliki daya tahan yang oke (tidak ejakulasi dini).

Nah, ereksi tahan lama tak cuma didapatkan dari konsumsi obat-obatan tertentu. Ada makanan alami yang juga bisa membuat ereksi Mr. P tahan lama.

Di bawah ini makanan penambah ereksi yang perlu kamu tahu.

1. Tiram dan Seafood Lainnya

Amankah Memakan Tiram untuk Ibu Hamil?

Bila kamu pria penyuka seafood, jangan cuma konsumsi udang dan cumi saja. Apalagi bila ingin ereksi tahan lama! Kamu juga perlu mengonsumsi tiram.

Penelitian pada 2005 melaporkan bahwa tiram dan kerang mengandung zink yang dapat meningkatkan kadar hormon testosteron dan estrogen. Peningkatan kadar kedua hormon tersebut bisa menambah gairah seksual dan bikin ereksi tahan lebih lama!

Jangan sedih bila kamu tak suka tiram atau kerang. Kamu juga bisa mengonsumsi kepiting ataupun lobster. Keduanya sama-sama kaya zinc dan diyakini pula sebagai makanan yang bisa buat ereksi tahan lebih lama.

Artikel lainnya: Mau Tingkatkan Kesuburan, Cobalah Makan Ikan

2. Buah Bit

Sebuah riset mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi buah-buahan bisa mengurangi risiko impotensi sebanyak 14 persen. 

Nah, salah satu makanan untuk kuat berhubungan yang bisa dikonsumsi adalah buah bit. Buah berwarna merah keunguan ini mengandung banyak nitrat sehingga dipercaya bisa membuat ereksi tahan lama!

Sejumlah ahli juga meyakini bahwa buah bit bisa menjadi solusi untuk mengatasi hipertensi ringan dan meningkatkan stamina.

3. Kacang-kacangan

Ketimbang makan camilan tinggi gula, kamu sebaiknya mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang mampu meningkatkan performa seks, termasuk meningkatkan ketahanan ereksi.

Contoh makanan yang buat ereksi tahan lama, yaitu kacang mede serta kacang almon. Keduanya mengandung zinc dan L-arginin yang bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke daerah penis.

Kamu juga bisa mengonsumsi kacang kenari. Asam lemak omega-3 dari kacang kenari bisa menunjang kesehatan jantung. Jantung yang sehat bisa memperlancar aliran darah ke penis.

4. Sayuran Hijau

Ternyata, bukan cuma buah-buahan yang bisa membuat ereksi tahan lama, sayuran hijau juga bisa memberikan hasil serupa!

Sayuran hijau mengandung nitrat yang tinggi. Nutrisi ini dapat melancarkan aliran darah ke penis.

Salah satu sayuran hijau yang patut kamu coba adalah bayam. Sumber folat ini berkontribusi dalam menurunkan risiko disfungsi ereksi.

Kandungan magnesium di dalam bayam juga bisa meningkatkan produksi testosteron.

5. Ikan Salmon dan Ikan Tuna

Salmon vs Kembung, Mana yang Lebih Cocok untuk MPASI?

Para ahli mengatakan salmon dan tuna kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Nutrisi tersebut baik untuk pembuluh darah dan bisa mencegah terjadinya plak pada arteri.

Dengan begitu, sirkulasi darah di tubuh, termasuk organ seksual bisa meningkat. Karena itu, salmon dan tuna diduga pula sebagai makanan yang bisa dikonsumsi agar tahan lama saat berhubungan intim.

Artikel lainnya: Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Program Kehamilan

6. Daging

Daging ayam maupun sapi mampu meningkatkan stamina pria. Makanan penambah ereksi ini mengandung carnitine dan L-arginine.

Keduanya merupakan asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Daging juga kaya zinc yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke organ seksual pria dan wanita.

7. Apel

Apel kaya senyawa quercetin. Antioksidan ini mungkin menawarkan sejumlah manfaat kesehatan seksual, seperti mengobati disfungsi ereksi dan mengelola gejala prostatitis.

Sebuah studi pada 2016 melaporkan bahwa pria penderita disfungsi ereksi mengalami penurunan gejala sebesar 14 persen. Manfaat tersebut diduga berasal dari kandungan flavonoid pada apel.

8. Semangka dan Melon

Sebuah studi menduga semangka efektif dalam mempertahankan kualitas ereksi pria. Asam amino L-citrulline pada melon juga diyakini bisa berdampak positif pada kesehatan seksual kamu.

Kedua jenis makanan agar kuat berhubungan tersebut juga mengandung oksida nitrat yang terbukti bermanfaat untuk mencegah disfungsi ereksi. Oksida nitrat bisa meningkatkan aliran darah dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) di penis.

Artikel lainnya: Sederet Khasiat Semangka untuk Kesuburan Pria dan Wanita

9. Cokelat

Cokelat Dapat Redakan Batuk?

Makanan supaya tahan lama berhubungan berikutnya, yaitu cokelat. Konsumsi cokelat hitam bisa membantu melepaskan hormon serotonin dan endorfin yang dapat memperbaiki mood.

Hal ini tentu akan berimbas pada peningkatan kemampuan seksual kamu, termasuk membuat ereksi lebih tahan lama.

10. Telur

Konsumsi telur diketahui memiliki dampak positif untuk ereksi yang sehat. Telur mengandung asam amino L-arginine yang dapat mencegah disfungsi ereksi.

11. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya membuat masakan lebih sedap. Bumbu dapur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan penambah ereksi. 

Hal ini disebabkan khasiat bawang putih dalam menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta gula darah. Dengan begitu, pembuluh darah menjadi sehat, termasuk pembuluh pada Mr.P.

12. Kopi

Pria pecinta kopi berbahagialah, karena biji kopi termasuk makanan yang bisa membuat ereksi tahan lama. Kandungan kafein di dalam kopi dapat membantu meningkatkan aliran darah di pembuluh darah penis. 

Penelitian tahun 2015 di PLOS ONE menemukan bahwa pria yang konsumsi 2-3 cangkir kopi per hari mengalami penurunan masalah disfungsi ereksi.

Sederet makanan penambah ereksi di atas bisa kamu padukan. Kamu dapat memanggang seafood ataupun daging sebagai protein utamanya.

Lalu, tumis sayuran hijau atau dikonsumsi mentah saja seperti salad. Tambahkan pula kacang yang diolah sebagai campuran saus.

Artikel lainnya: Minum Kopi Bisa Meningkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

Sebagai pelengkap, 1-2 gelas kopi bisa kamu konsumsi. Jika mengonsumsi makanan dan minuman buat ereksi tahan lama tidak juga membantu, berkonsultasilah dengan dokter spesialis urologi. Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter supaya #JagaSehatmu lebih praktis!

(ADT/JKT)

Disfungsi Ereksi

Konsultasi Dokter Terkait