Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tidak Enak Badan, Bolehkah Minum Parasetamol setelah Obat Herbal?

Tidak Enak Badan, Bolehkah Minum Parasetamol setelah Obat Herbal?

Minum jamu kerap dipilih untuk mengatasi tidak enak badan. Namun, saat gejala tak berkurang, bolehkah minum parasetamol setelah obat herbal?

Berbagai keluhan tidak enak badan, seperti meriang, otot terasa nyeri, dan demam pasti pernah dialami setidaknya sekali seumur hidup. Saat ini terjadi, berbagai cara mengatasi tidak enak badan pun dilakukan. Mulai dari minum parasetamol hingga obat herbal, seperti jamu. Tapi, bolehkah minum jamu dan obat bersamaan?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus tahu kalau keluhan tidak enak badan sebenarnya terjadi karena berbagai faktor. Hal ini bisa menjadi tanda adanya infeksi dalam tubuh, kelelahan fisik, atau juga tanda dari penyakit lain.

Saat tidak enak badan, dua obat yang biasanya dicari adalah obat herbal cair ataupun parasetamol. Saat ini, obat herbal sudah banyak tersedia, baik diproduksi dalam jumlah massal ataupun dibuat sendiri di rumah.

Beberapa bahan alami yang sering dijadikan obat antara lain temulawak, kunyit, dan jahe. Manfaat obat herbal ini dipercaya dapat mengatasi gejala tidak enak badan, meningkatkan imun, dan diyakini membuat Anda sembuh lebih cepat.

Lantas, bagaimana dengan parasetamol? Mari kenali lebih dekat obat yang satu ini.

Artikel lainnya: Obat Herbal, Benarkah Lebih Baik daripada Obat Kimia?

1 dari 4 halaman

Mengenal Lebih Jauh tentang Parasetamol

Parasetamol termasuk dalam golongan obat bebas yang dapat diberikan kepada orang yang mengalami nyeri maupun demam. Kendati dianggap aman, bagi Anda pengidap gangguan fungsi hati, harus waspada terhadap obat ini.

Pasalnya, parasetamol akan menghasilkan metabolit bernama N-acetyl-p-benzoquinone imine (NAPQI). Apabila jumlahnya terlalu banyak di dalam organ hati, ancamannya adalah kerusakan dan kematian sel hati akan semakin parah. 

Dosis parasetamol yang dianjurkan adalah sebanyak 3 gram per hari, yang biasanya dibagi menjadi beberapa kali pemberian. Parasetamol juga sering dicampur dengan kafein untuk meredakan nyeri yang lebih berat.

Obat dengan kombinasi antara parasetamol dan kafein memang ampuh mengusir rasa sakit. Namun, ibu hamil dan menyusui tidak diperkenankan untuk mengonsumsi parasetamol yang jenis ini. 

Artikel lainnya: Parasetamol dan Soda Bisa Menggugurkan Kandungan, Apa Kata Dokter?

2 dari 4 halaman

Boleh atau Tidak Minum Parasetamol Setelah Minum Obat Herbal Cair?

Obat herbal cair yang akrab dengan masyarakat Indonesia umumnya dikemas dalam saset agar praktis. Jika keluhan tidak membaik, banyak orang yang menggunakan parasetamol. Namun, apakah menggunakan parasetamol diperbolehkan setelah konsumsi obat herbal cair?

Sebenarnya yang perlu Anda perhatikan adalah kandungan dari jamu tersebut. Jika yang Anda minum adalah campuran jahe, madu dan rempah alami, minum parasetamol setelah konsumsi obat herbal atau jamu sebenarnya aman.

Namun, Anda patut berhati-hati ketika menggunakan obat herbal yang tidak secara jelas mencantumkan kandungannya. Anda lebih baik berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum menggunakannya supaya lebih aman dan meminimalkan efek samping.

Artikel lainnya: Mana Lebih Picu Alergi Obat, Parasetamol atau Ibuprofen?

 

3 dari 4 halaman

Tips Mengatasi Tidak Enak Badan

Jika Anda merasa tidak enak badan, ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan. Cara mengatasi tidak enak badan adalah:

  • Minum Air Putih yang Cukup

Seiring dengan penambahan suhu, penguapan yang terjadi dari tubuh juga meningkat. Artinya, kebutuhan cairan tubuh akan meningkat. Agar tidak dehidrasi, pastikan Anda minum air putih yang cukup, yakni minimal 8 gelas per hari.

  • Asupan Makanan yang Bergizi

Salah satu penyebab badan merasa meriang adalah adanya infeksi virus. Karena itu, untuk menunjang daya tahan tubuh, pastikan Anda makan makanan bergizi. Jangan lupakan sayur dan buah untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

  • Pastikan Anda Beristirahat yang Cukup

Istirahat juga baik untuk meningkatkan dan memulihkan daya tahan tubuh. Penuhi kebutuhan tidur malam Anda 7-8 jam setiap harinya.

Saat ingin minum parasetamol setelah obat herbal untuk mengatasi tidak enak badan, sebaiknya Anda berhati-hati dan memperhatikan kandungannya. Lebih baik lagi, Anda mengonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter. Masih punya pertanyaan seputar topik ini? Unduh aplikasi KlikDokter!

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar