Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tidak Enak Badan, Bolehkah Minum Parasetamol setelah Obat Herbal?

Tidak Enak Badan, Bolehkah Minum Parasetamol setelah Obat Herbal?

Minum jamu saat tidak enak badan jadi kebiasaan sebagian orang Indonesia. Namun, saat gejala tak berkurang, bolehkah minum parasetamol setelah obat herbal?

Klikdokter.com, Jakarta Saat tidak enak badan, dua obat yang biasanya dicari adalah obat herbal cair ataupun parasetamol. Meski minum obat herbal cair kerap dijadikan solusi untuk mengatasi gejala masuk angin, sakit kepala hingga demam, sebagian orang ada yang langsung menambahkannya dengan minum parasetamol. Lantas, adakah efek samping minum parasetamol setelah obat herbal?

Berkenalan dulu dengan parasetamol

Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui dulu bahwa parasetamol atau asetaminofen. Ini termasuk dalam golongan obat bebas yang dapat diberikan kepada orang yang mengalami nyeri maupun demam. 

Kendati dianggap aman, bagi Anda pengidap gangguan fungsi hati harus waspada terhadap obat ini. Pasalnya, parasetamol akan menghasilkan metabolit bernama N-acetyl-p-benzoquinone imine (NAPQI). Apabila jumlahnya terlalu banyak di dalam organ hati, ancamannya adalah kerusakan dan kematian sel hati akan semakin parah. 

Parasetamol juga sering dicampur dengan kafein. Tujuannya untuk meredakan nyeri yang cukup parah. Obat dengan kombinasi antara parasetamol dan kafein memang ampuh mengusir rasa sakit. Namun, ibu hamil dan menyusui tidak diperkenankan untuk mengonsumsi parasetamol yang jenis ini. 

dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter mengatakan kadar kafein yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berat badan bayi terlalu rendah saat lahir. Hal ini mungkin bisa sampai menyebabkan keguguran! Karena itulah, jumlah konsumsi kafein pada ibu hamil mesti dibatasi (maksimal 200 mg per hari).

1 dari 2 halaman

Boleh atau tidak minum parasetamol setelah minum obat herbal cair?

Obat herbal cair yang akrab dengan masyarakat Indonesia umumnya dikemas dalam saset agar praktis. Sebagian orang ada yang langsung merasa lebih baik setelah mengonsumsinya. Namun, ada juga yang masih merasa masih tidak enak badan meski telah meminumnya. 

Alhasil, mereka yang masih memiliki gejala sakit kepala dan demam memilih untuk mengonsumsi parasetamol. Hal tersebut pun mendapat tanggapan dari dr. Karin Wiradarma, KlikDokter. Menurutnya, mengonsumsi parasetamol setelah minum obat herbal tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. 

“Obat herbal cair saset yang dijual di pasaran dan sudah dikenal sejak dulu itu hanya mengandung rempah-rempah alami, seperti jahe, adas, madu, dan lain sebagainya. Jika ada yang minum parasetamol setelah satu atau beberapa jam setelah minum obat herbal tersebut, itu tidak ada apa-apa. Tidak ada efek samping berbahaya,” jelas dr. Karin. 

Justru yang perlu diperhatikan adalah teman minum parasetamol. Jika Anda minum parasetamol selain dengan air putih, itu justru dapat mengganggu penyerapan obat tersebut. Karena masih merasa tidak mempan, pikiran untuk mengonsumsi parasetamol melebihi batas anjuran pun terlintas. Hal tersebut justru bisa jadi bumerang buat Anda. 

Sebenarnya, wajar saja ada orang yang tidak langsung mengalami perbaikan kondisi pasca mengonsumsi obat herbal cair. “Pasalnya, jika obat herbal tersebut benar-benar hanya mengandung herbal dan tanpa bahan kimia obat, dia tidak memiliki antipiretik sehingga tidak bisa menurunkan demam,” dr. Karin menambahkan.

“Jahe atau madu dalam obat herbal cair memang bersifat anti-inflamasi, tapi sekali lagi, dia tidak bersifat antipiretik. Sementara, parasetamol itu sendiri bersifat antipiretik sehingga dapat menurunkan demam. Jadi, tidak apa-apa jika ada orang yang mau menghilangkan gejala demamnya dengan minum parasetamol meskipun sudah minum obat herbal cair,” katanya. 

Buat Anda yang ingin menghilangkan gejala tidak enak badan, dalam hal ini, “masuk angin”, ada baiknya Anda makan terlebih dahulu. Makanan yang bisa dikonsumsi, antara lain sup ayam ataupun makanan berkuah hangat lainnya. 

Tujuannya, agar asam lambung tidak naik dan bikin nyeri saat cairan obat herbal atau parasetamol masuk ke dalam perut. Jadi, minum parasetamol setelah obat herbal memang tidak berbahaya. Namun, harus disertai perbanyak istirahat. Ini supaya masuk angin cepat hilang.

(RPA/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar