Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Otot Kaku Saat Bekerja? Ini Gerakan Peregangan di Kantor yang Bisa Diikuti

Otot Kaku Saat Bekerja? Ini Gerakan Peregangan di Kantor yang Bisa Diikuti

Jangan berlama-lama duduk di kursi kantor, coba ikuti gerakan peregangan di kantor berikut ini agar otot-otot tidak kaku!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda pekerja kantoran, padatnya pekerjaan dan deadline yang menumpuk seringkali memaksa Anda untuk duduk berlama-lama di kursi. Nyatanya, hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Perlu adanya gerakan peregangan di kantor yang dilakukan di tengah kesibukan.

Duduk terlalu lama di kursi sambil terus-menerus menatap layar komputer dapat berdampak buruk bagi tubuh. Hal ini sering terjadi karena terkadang postur ketika duduk di meja kerja tidak baik. Biasanya, bahu dan tulang belakang akan terasa pegal akibat terlalu lama duduk. 

Menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, duduk terlalu lama dapat mengakibatkan nyeri di otot leher, punggung, dan pinggang. Ketika otot-otot bagian tersebut mengalami kelelahan, Anda dapat merasakan rasa sakit yang tidak nyaman.

“Ketika otot-otot terlalu lelah dan kaku, hal ini pun akan berpengaruh pada kerja tulang yang menjadi lebih berat. Tidak heran jika terasa nyeri di bagian-bagian tertentu seperti leher, punggung, dan pinggang. Kalau sudah parah, tulang menjadi bungkuk dan rentan mengalami pembengkokan. Peregangan sangat diperlukan demi mengembalikan kelenturan otot,” jelas dr. Rio. 

Umumnya, setelah peregangan, otot-otot akan kembali lentur dan kapasitas kerjanya menjadi lebih baik. Ada pun akan merasa lebih segar dan rileks.

Trik peregangan di kantor 

Lalu, gerakan apa saja yang bisa Anda lakukan di tengah kesibukan kerja? Berikut beberapa yang bisa Anda coba.

1. Peregangan overhead

Cara melakukan gerakan peregangan dasar ini cukup mudah. Cukup angkat kedua lengan hingga ke atas kepala dalam keadaan lurus. Kunci jari jemari Anda dan dorong ke atas. Anda pun akan segera merasa rileks.

2. Side stretch

Untuk melakukan gerakan ini, berdiri di depan meja dengan kaki merapat dan dua tangan di samping tubuh. Ambil napas, regangkan punggung dan angkat kedua tangan lurus di atas kepala. 

Lalu, genggam pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri, usahakan bahu dan pinggul tetap sejajar ketika Anda memiringkan tubuh ke kiri. 

Tarik dengan tangan kiri Anda secara perlahan untuk meregangkan sisi kanan tubuh Anda. Tahan posisi ini selama tiga kali perhitungan napas, lalu tukar sisi kanan. Dengan melakukan gerakan ini, postur tubuh Anda akan tetap tegap dan terlihat tinggi ketika duduk.  

3. Peregangan pergelangan tangan

Kegiatan menulis dan mengetik yang intensif pasti membuat pergelangan tangan dan jari Anda pegal, bukan? Coba berdiri, letakkan kedua telapak tangan di atas meja dalam keadaan terbalik (telapak tangan menempel meja, jari menghadap ke dalam dekat tubuh). Berikan sedikit tekanan dari tubuh selama beberapa detik.

4. Peregangan leher

Leher dan bahu yang kaku membuat bekerja menjadi tidak nyaman. Untuk itu, berdiri di depan meja, lebarkan kaki paralel dengan pinggul Anda, dan jari kaki lurus ke depan. Pusatkan berat tubuh pada tumit dan punggung kaki sama rata. 

Raih jari-jari tangan Anda di belakang punggung dengan cara satu tangan meraih dari atas dan tangan lainnya meraih dari bawah. Lalu, tarik napas dan regangkan punggung hingga kedua bahu sejajar dengan pangkal leher dan paralel dengan lebar punggung.

Miringkan kepala Anda ke kiri secara perlahan dan tahan selama tiga kali perhitungan napas, lalu ubah posisi. Gerakan ini dapat meringankan ketegangan di leher dan bahu.

Dari trik peregangan di atas, Anda bisa meminimalisir munculnya berbagai penyakit akibat terlalu lama duduk. Pasalnya, dilansir Mayoclinic, sebuah riset yang menyatakan duduk terlalu lama berhubungan dengan munculnya penyakit berbahaya. Misalnya, obesitas, tekanan gula darah tinggi, kolesterol, masalah kardiovaskular hingga kanker.

Aktif bekerja memang boleh, tapi jangan sampai memaksakan diri ketika kelelahan.  Beristirahatlah sejenak dan coba beberapa gerakan peregangan di kantor untuk membantu meringankan otot-otot yang kaku. Selamat bekerja kembali!

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar