Sukses

Kopi Hitam Biasa vs Cold Brew, Mana Lebih Sehat?

Kopi cold brew memiliki perbedaan dari kopi hitam biasa. Namun, mana yang lebih sehat di antara keduanya? Yuk, simak selengkapnya di sini.

Bagi Anda penggemar kafein, tentunya sangat familiar dengan berbagai jenis kopi misalnya cold brew dan kopi hitam. Kopi hitam biasa dan cold brew dikenal memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Perbedaan cold brew dan kopi hitam dapat dilihat dari cara pembuatannya, rasa, dan konsentrasi kopinya.

Bagaimana dengan manfaatnya bagi tubuh, mana yang lebih menyehatkan? Mari simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Cold Brew dan Kopi Hitam Biasa

Cold brew merupakan suatu jenis kopi yang hanya disajikan dalam temperatur rendah. Cara pembuatannya pun cukup unik.

Pada kopi hitam biasa, kopi akan diseduh dengan air panas, dicampur air, dan bisa ditambahkan es batu.

Artikel Lainnya: Daftar Manfaat Sehat Minum Kopi Setiap Hari

Pembuatan cold brew coffee sangat berbeda. Untuk mengeluarkan esensi kopi, rasa, dan konsentratnya, kopi akan diseduh menggunakan air dingin atau air suhu ruangan selama 12-24 jam.

Melalui proses tersebut, cita rasa yang dihasilkan akan berbeda dari kopi hitam biasa. Cold brew lebih tidak asam dan memiliki rasa yang lebih kental.

Rasa yang lebih kental ini didapat dari hasil penyeduhan selama berjam-jam. Hasilnya, konsentrasi kopi dapat menyatu lebih banyak dengan air.

Mana yang Lebih Sehat?

Dampak dari cara penyeduhan yang unik membuat kopi cold brew lebih pekat dibandingkan kopi hitam biasa.

Karena lebih pekat, kandungan kafein cold brew bisa menjadi lebih tinggi. Jumlah kafein yang lebih tinggi bukan berarti menjadikan suatu kopi lebih sehat ataupun lebih berbahaya.

Lantas, mana yang lebih sehat antara kopi hitam biasa dan cold brew? Jawabannya adalah sama saja, selama Anda mengetahui ambang toleransi diri terhadap kafein sehingga tidak mengonsumsi berlebihan.

Di dalam sekitar 300 ml kopi cold brew, terkandung sekitar 300-350 mg kafein. Sementara, kandungan kafein kopi hitam biasa sekitar 200-300 mg di dalam sekitar 300 ml kopi.

Dosis kafein yang disarankan setiap harinya berbeda bagi pria dan wanita. Wanita disarankan tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200-300 mg, sementara pria sekitar 300-400 mg.

Artikel Lainnya: Kopi Decaf, Benarkah Lebih Aman untuk Kesehatan?

Hindari pula mengonsumsi kopi lebih dari enam cangkir dalam sehari. Menurut penelitian, konsumsi kopi berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 22 persen.

Terutama bila Anda memiliki riwayat hipertensi, jumlah kafein yang dikonsumsi setiap harinya harus sangat dibatasi dan diperhatikan.

Selama kita mengetahui batasan-batasan tersebut, mengonsumsi kopi itu tidak berbahaya, baik jenis cold brew maupun kopi hitam biasa.

Dapatkan info kesehatan lengkap di aplikasi KlikDokter. Anda bisa konsultasi dengan dokter via LiveChat.

(FR/AYU)

1 Komentar