Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Amankah Pengidap Skoliosis Hanya Menggunakan Brace Skoliosis?

Amankah Pengidap Skoliosis Hanya Menggunakan Brace Skoliosis?

Skoliosis merupakan kondisi tidak lurusnya tulang belakang tubuh. Lalu, amankah bila pengidap skoliosis hanya menggunakan brace skoliosis?

Klikdokter.com, Jakarta Skoliosis merupakan kondisi tidak lurusnya tulang belakang. Kondisi ini mengganggu postur tubuh karena bahu dan pinggang tidak seimbang. Skoliosis dapat memicu gejala seperti nyeri punggung, nyeri pinggang, dan kesemutan. Nah, brace skoliosis digunakan untuk membantu menghambat atau menghentikan progresivitas derajat skoliosis agar tidak semakin miring dan membutuhkan operasi.

Brace, penanganan skoliosis pada masa pertumbuhan

Brace adalah satu-satunya penanganan skoliosis pada anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Brace tidak berguna pada orang dewasa yang pertumbuhan tulangnya sudah berhenti. Ada dua jenis brace yang perlu Anda ketahui.

  • Rigid brace (berbahan keras dan kaku)

Jenis brace ini memberikan tekanan pada beberapa titik di tulang punggung sehingga menghambat pertumbuhan kemiringan tulang.

  • Dynamic brace (berbahan empuk dan lunak)

Brace jenis ini berfungsi menghambat kurva kemiringan dengan menjaga postur tubuh yang benar.

Kedua jenis brace dapat menghambat progresivitas kemiringan tulang, tapi tidak dapat meluruskan tulang belakang sampai sempurna atau secara permanen. Jenis rigid brace lebih efektif dibandingkan dynamic brace meski bentuknya kaku dan keras sehingga lebih tidak nyaman untuk dipakai.

Dokter akan menyarankan pengidap skoliosis menggunakan brace apabila:

  • derajat kemiringan tulang belakang 20-40 derajat dan bertambahnya kemiringan yang progresif (lebih dari 5 derajat per tahun);
  • derajat kemiringan tulang belakang lebih dari 30 derajat saat pertama didiagnosis, dan masa pertumbuhan yang masih panjang.

Pertimbangan lain oleh dokter dalam penggunaan brace meliputi kondisi medis lain atau riwayat skoliosis di dalam keluarga.

1 dari 2 halaman

Brace saja aman untuk menangani skoliosis?

Menururt American Association of Neurological Surgeon (AANS), brace efektif untuk menghambat pertumbuhan skoliosis pada sekitar 80% pengidap. Riset meyakini bahwa semakin sering brace digunakan maka semakin efektif kerjanya dalam menghambat skoliosis. 

Durasi penggunaannya adalah 16-23 jam per hari dan dapat dihentikan saat masa pertumbuhan sudah berakhir. Pada remaja atau dewasa muda, penggunaan brace berkisar 3-4 tahun. Anak-anak yang terdiagnosis skoliosis mungkin membutuhkan waktu yang lebih dalam penggunaan brace.

Meskipun penggunaan brace cukup efektif, saat masa pertumbuhan sudah berhenti dan Anda sudah berhenti menggunakan brace, kurva skoliosis dapat perlahan kembali ke derajat kemiringan awal. Namun, beberapa tetap bertahan sama seperti saat menggunakan brace.  

Penggunaan brace skoliosis bukan untuk mengoreksi postur tulang belakang sampai lurus secara sempurna, tapi hanya menghambat progresivitasnya. Tulang dapat dikoreksi ke posisi hampir lurus hanya dengan metode operasi. 

Pada kondisi tetentu, brace tidak cukup untuk menangani skoliosis dan membutuhkan operasi sebagai penanganan. Rekomendasi dilakukan operasi apabila terjadi hal berikut ini.

  • kurva melebihi 40 derajat dan masih terus bertambah pada anak dan remaja.
  • kurva 50 derajat atau lebih dan terdapat tanda-tanda kerusakan saraf.
  • Setelah operasi, pasien tetap disarankan untuk menggunakan brace tergantung dari jenis teknik operasi yang digunakan.

Selain dari penggunaan brace, fisioterapi berupa physiotherapy scoliosis specific excercises (PSSE) juga dapat membantu mencegah progresivitas skoliosis dan mengurangi nyeri punggung. Olahraga berenang dengan gaya bebas atau gaya punggung juga dikatakan dapat membantu menjaga agar derajat kemiringan tulang belakang tidak bertambah.

Brace perlu digunakan sampai selesai masa perutumbuhan. Dokter Anda akan memeriksa brace dan status pertumbuhan Anda setiap 4-6 bulan. Lama Anda harus menggunakan brace per hari tergantung pada usia, pertumbuhan kemiringan, dan jenis brace yang digunakan.

Brace skoliosis umumnya digunakan 16-23 jam per hari. Untuk efektivitas yang maksimal gunakan brace dengan cara yang benar, periksa apakah ukuran brace sudah pas dan sesuai dengan bentuk tubuh, segera koreksi ke dokter bila tidak.

Menggunakan brace skoliosis saja sebenarnya aman dan efektif dalam menghambat derajat kemiringan tulang belakang pada pengidap skoliosis. Namun, ini kembali lagi kepada kondisi Anda dan diagnosis dokter. 

Apabila alami skoliosis parah dan sudah melewati masa pertumbuhan, sangat mungkin dibutuhkan terapi atau penanganan lain. Mengikuti instruksi dokter mengenai kapan dan berapa lama penggunaan brace skoliosis juga penting dalam menghambat keparahan skoliosis.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar