Sukses

Metode Bradley, Cara Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Mau tahu caranya melahirkan normal tanpa rasa sakit? Persiapkan persalinan Anda dengan metode Bradley.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak ibu hamil yang menginginkan persalinan normal walaupun dengan rasa sakit yang hebat. Namun jangan khawatir, Anda sebenarnya bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit. Salah satunya metode Bradley. Metode ini akan mengajarkan bahwa melahirkan adalah proses yang normal dan tidak memerlukan bantuan obat.

Apa itu metode Bradley?

Dilansir dari Verywell Family, Dr. Robert Bradley menciptakan metode ini pada tahun 1947 melalui gagasan bahwa seorang wanita dapat melahirkan secara normal tanpa harus menggunakan obat tertentu. Namun, membutuhkan pasangannya untuk selalu mendampingi selama proses melahirkan. Cara ini buat rasa sakit dapat dikontrol. 

Oleh sebab itu, metode ini biasanya disebut dengan persalinan husband-coached atau persalinan alami yang dilatih oleh suami. Sebenarnya, tidak harus suami yang selalu mendukung selama proses melahirkan. Siapa saja bisa menjadi pendamping. 

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, perlu diketahui bahwa Anda dan pasangan akan mengikuti semacam kelas pra-persalinan yang akan berlangsung selama 12 minggu. Metode ini memang berlangsung lebih lama dan lebih intensif dibandingkan dengan metode persalinan lainnya.

Oleh sebab itu, Anda dapat mulai mengikuti kelas metode Bradley pada saat usia kehamilan 5 bulan. Selama menjalani kelas pra persalinan, Anda dan pasangan akan diajarkan mengenai nutrisi, diet, olahraga selama hamil, teknik relaksasi, proses melahirkan, dan teknik mengatasi rasa sakit. 

Selain itu, pasangan juga akan diajarkan untuk menjadi pendukung yang baik, memperkenalkan situasi tak terduga selama melahirkan, hal-hal yang akan dialami setelah persalinan, dan proses menyusui. Tak lupa mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua. 

1 dari 2 halaman

Persiapan yang harus dilakukan

Untuk mendukung cara melahirkan normal yang bebas dari intervensi medis, metode Bradley juga menyarankan Anda untuk mempersiapkan berbagai hal berikut ini. 

  • Pencahayaan yang redup di ruang melahirkan. Menurut dr. Bradley, hal ini akan membuat Anda menjadi lebih rileks.
  • Dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki hubungan paling dekat dengan Anda dan tentunya suami yang menemani selama proses melahirkan.
  • Anda harus benar-benar nyaman sehingga dapat fokus sepenuhnya pada proses melahirkan.
  • Ruang persalinan merupakan tempat yang asing bagi Anda sehingga dapat meningkatkan rasa cemas. Sebaiknya, kenali fasilitas rumah sakit terlebih dahulu.
  • Anda harus memiliki rasa aman selama proses melahirkan. Jadi, mengenal dan membangun kepercayaan pada para dokter dan suster akan sangat membantu.
  • Anda harus percaya bahwa tubuh Anda mampu melahirkan bayi dengan normal dan tanpa intervensi obat.
  • Merelaksasikan fisik adalah kunci metode Bradley. Ketegangan dapat menyebabkan rasa sakit menjadi lebih buruk.
  • Mengontrol pernapasan selama proses melahirkan.
  • Memiliki orang yang mendukung dan berkomitmen untuk bersama Anda saat proses melahirkan.

Jika tidak ingin mengikuti kelas metode Bradley, Anda bisa mencoba belajar sendiri lewat buku tentang metode Bradley atau mencari informasinya di internet. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari metode Bradley. 

Contohnya mengajarkan untuk lebih rileks saat melahirkan, mengetahui kemungkinan terburuk saat melahirkan, dan lebih fokus terhadap nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain itu, juga membantu membangun ikatan antara ibu dan bayi.

Metode Bradley dapat menjadi opsi bagi Anda yang ingin melahirkan normal tanpa rasa sakit. Selain metode tersebut, terdapat banyak metode lainnya yang bisa menjadi pilihan sebagai persiapan sebelum melahirkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui metode yang tepat dan informasi yang detail. 

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar