Sukses

Posisi Tidur yang Baik Miring ke Kiri atau Kanan?

Banyak orang yang suka tidur dengan posisi tidur miring. Tapi sebenarnya, miring ke kiri atau kanan yang lebih baik?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu posisi tidur favorit kebanyakan orang saat tidur adalah dengan kondisi miring. Apalagi miring sambil memeluk bantal yang sudah tentu bisa membuat tidur tambah nyenyak. Tapi sebenarnya, tidur yang baik itu miring ke kiri atau kanan?

Selain durasi, posisi tidur juga cukup menentukan bagi Anda. Anda tentu tahu bahwa harus tidur 7-8 jam per hari. Tapi, posisi tidur bisa membantu Anda mendapatkan waktu tidur yang diharapkan.

Umumnya, orang tidur dengan telentang. Ya, secara alami manusia memang seperti itu. Posisi tidur telentang membuat tulang belakang dalam keadaan lurus sesuai dengan anatomi tubuh Anda. Posisi ini membantu Anda terhindar dari nyeri punggung dan nyeri leher.

"Manusia memang secara alami tidur dengan posisi telentang. Dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi, itu sangat baik. Paling tidak disarankan memang tidur dengan posisi tengkurap. Posisi ini menjadi penyebab kematian pada saat tidur," ungkap dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

"Kalau memang tidak punya masalah kesehatan apa-apa memang paling bagus itu telentang. Itu adalah posisi yang memang disarankan," sambungnya.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin tidur dengan posisi miring, memang sah-sah saja dilakukan. Terutama bagi Anda yang punya masalah mendengkur. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, dengan tidur posisi menyamping mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan. Asam lambung yang naik ke tenggorokan ini dapat menyebabkan sesak saat tidur, perut begah, hingga rasa terbakar pada dada. Selain itu, posisi menyamping akan membuat jalan napas lebih lapang karena lidah tidak jatuh ke belakang tenggorokan.

1 dari 2 halaman

Tidur miring ke kanan atau kiri?

Perdebatan kemudian muncul, mana yang lebih baik antara miring kanan atau kiri? Menurut dr. Sepriani, bagi orang yang tidak punya masalah kesehatan, keduanya sama-sama baik untuk dilakukan.

Perkara tidur miring kiri atau kanan sebenarnya lebih cocok dikaitkan dengan ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil memang disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Dokter Devia Irine Putri dari KlikDokter menyebut bahwa miring ke kiri dapat membantu janin mendapat suplai oksigen yang baik. Selain itu, posisi ini juga dapat mengurangi pembengkakan kaki.

“Tidur dengan posisi miring ke kiri mampu menyuplai oksigen dan nutrisi dari ibu ke bayi menjadi lebih lancar. Posisi ini juga terbukti mampu mengurangi pembengkakan pada kaki karena pembuluh darah tidak tertekan. Pembuluh darah yang mengalirkan darah ibu ke plasenta dan janin juga tidak mengalami penekanan sama sekali,” kata dr. Devia.

“Namun, jika merasa pegal, ibu boleh miring ke kanan sebentar lalu balik lagi ke posisi menghadap ke kiri. Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat meningkatkan tekanan pada organ hati yang terletak di sisi perut kanan,” dia menambahkan. 

Tapi bukan berarti ibu hamil tidak boleh tidur telentang. Posisi ini masih sangat aman, hanya saja dengan catatan kalau masih trimester awal. Selain ibu jadi lebih leluasa untuk bergerak, posisi ini juga bisa mencegah keluhan heartburn di awal kehamilan. 

Namun, seiring berkembangannya janin, posisi telentang sebaiknya dihindari karena bisa membuat rahim menekan pembuluh darah besar yang berada di belakang rahim. Akibatnya, suplai darah di setiap organ tidak akan berjalan dengan lancar dan menyebabkan ibu hamil jadi sesak napas. 

Selain itu, tidur telentang saat hamil tua juga bisa memperburuk nyeri punggung yang Anda alami. Ini karena posisi tidur telentang saat hamil bisa menekan tulang belakang dan otot punggung, sehingga dapat menyebabkan pegal-pegal dan mengganggu suplai darah ke janin yang ada di dalam kandungan. 

Jadi, bagi Anda yang masih bingung soal posisi tidur miring ke kanan atau kiri, kini sudah bisa mendapatkan jawabannya. Pada dasarnya, baik ke kanan atau kiri sama-sama baik untuk Anda yang tidak punya masalah kesehatan tertentu. Sementara itu, bagi ibu hamil tidur miring ke kiri adalah hal yang perlu dilakukan.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar