Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Alasan Anda Harus Memberikan Makanan mengandung vitamin A pada Anak

Alasan Anda Harus Memberikan Makanan mengandung vitamin A pada Anak

Ada yang bilang makanan mengandung vitamin A wajib dikonsumsi Anak. Kira-kira apa alasan dan manfaat dari vitamin A tersebut, ya?

Klikdokter.com, Jakarta Pastinya, Anda mengetahui anak-anak memerlukan banyak nutrisi dan mineral untuk tumbuh kembangnya. Itu sebabnya, Anda sebagai orang tua harus memilih makanan terbaik untuk si Kecil. Sayangnya, makanan mengandung vitamin A sering dilupakan. Padahal, banyak manfaatnya.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), sekitar 190 juta anak pra sekolah mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin A. Masalah ini paling banyak ditemukan di daerah Afrika dan Asia Tenggara. Padahal vitamin A memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan melawan infeksi.

Perlu Anda ketahui, Indonesia juga pernah mengalami defisiensi vitamin A. Itu sebabnya, pemerintah mendorong terbentuknya bulan vitamin A. Setiap bulan Februari dan Agustus, pemerintah akan membagikan kapsul vitamin A kepada anak-anak.

Vitamin A dibentuk dalam bentuk kapsul biru yang memiliki dosis 100.000 IU untuk bayi usia 6-11 bulan. Sedangkan kapsul merah dengan dosis 200.000 IU untuk anak usia 12-59 bulan. Selain diberikan pada anak, kapsul vitamin A juga dapat diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas.

1 dari 3 halaman

Pentingnya vitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk pembentukan reseptor pada saraf mata atau retina. Bagian ini berperan menerima rangsangan cahaya yang dilihat oleh mata. Selain itu, vitamin A juga membantu menjaga jaringan epitel serta terlibat dalam pembentukan sel darah merah, limfosit dan antibodi tubuh. 

Lalu apa yang terjadi ketika anak Anda kekurangan vitamin A? Ini dia beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada anak Anda.

Tanda dan gejala anak kurang vitamin A

Terkadang pemenuhan kebutuhan akan vitamin A kurang diperhatikan. Ketika sudah mengalami beberapa gejala berikut ini, coba tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi vitamin A.

  • Kulit kering

Vitamin A memiliki peran penting dalam memperbaiki sel kulit dan membantu melawan reaksi peradangan di kulit. Ketika mengalami kekurangan vitamin A, anak dapat mengalami eksim dan disertai dengan gatal dan peradangan di kulit. 

  • Mata kering

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata khususnya kornea. Ketika mengalami kekurangan vitamin A, mata akan cenderung kering karena terdapat penurunan dalam produksi air mata. 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan kornea. Tidak jarang dapat menyebabkan kebutaan jika sudah mengalami berbagai komplikasi.

  • Gangguan pertumbuhan

Ketika anak mengalami kekurangan vitamin A, ternyata dapat menyebabkan anak gagal tumbuh. Oleh sebab itu, sangat penting melakukan pemeriksaan tumbuh dan kembang anak setiap bulannya di posyandu atau dokter.

  • Infeksi tenggorokan

Vitamin A berperan untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat mengalami defisiensi, seringkali menimbulkan gejala berupa infeksi berulang seperti radang tenggorokan.

  • Luka sulit sembuh

Anak yang mengalami luka sulit sembuh atau cenderung lambat dalam proses penyembuhannya, bisa jadi berkaitan dengan defisiensi atau kekurangan vitamin A. Ini karena vitamin A berperan dalam pembentukan kolagen. Komponen penting pada kulit yang sehat dan pemulihan. 

2 dari 3 halaman

Makanan tinggi vitamin A

Selain dengan mengonsumsi kapsul vitamin A yang diberikan sesuai program pemerintah, anak juga dapat diberikan sumber vitamin A lainnya. Salah satunya dengan memberikan makanan tinggi vitamin A, seperti berikut ini.

  • Minyak ikan
  • Ikan
  • Hati
  • Kuning telur
  • Mentega
  • Produk susu yang terfortifikasi dengan vitamin A.

Selain makanan tinggi vitamin A, anak juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten. Hal ini karena makanan beta karoten bisa diubah tubuh menjadi vitamin A. Misalnya, sayuran hijau dan kuning (contohnya wortel), dan juga buah-buahan berwarna terang.

Berbagai kebutuhan gizi anak termasuk vitamin dan mineral harus dipenuhi, salah satunya dengan memperhatikan anak agar mengonsumsi makanan mengandung vitamin A yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, jangan lupa untuk membawa anak mengikuti program pemerintah.

Jika ada tanda dan gejala kekurangan vitamin A ditemukan pada anak, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda juga dapat konsultasi dengan dokter untuk mengetahui makanan mengandung vitamin A yang cocok untuk si Kecil.

(AYU/RPA)

1 Komentar