Sukses

Tanda-Tanda Janin Sudah Masuk Jalan Lahir

Sudah memasuki usia 9 bulan kehamilan, pastinya si Kecil akan segera lahir ke dunia. Apa saja tanda-tanda bayi sudah masuk jalur lahir? Cek di sini, yuk!

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan Anda sudah masuk usia sembilan bulan. Pastinya, semua persiapan persalinan sudah dilakukan semua. Bahkan list perlengkapan persalinan sudah dimasukan ke dalam tas. Namun, kapan bayi akan lahir? Sebelumnya, Anda harus mengecek tanda-tanda janin sudah masuk jalur lahir. Ini penjelasannya!

Pengetahuan mengenai tanda-tanda kelahiran seharusnya sudah dipahami Anda dan keluarga terdekat. Ketika waku PHL sudah semakin dekat, Anda harus mengamati dan mencermati perubahan yang terjadi di tubuh. Hal ini juga harus dilakukan keluarga dekat Anda juga. Siapa tahu Anda kurang awas. 

Salah satu tanda bayi akan lahir adalah masuknya janin ke dalam jalan lahir. Namun, tahu atau tidak kapan waktunya bayi masuk jalur lahir? Supaya tahu, coba cek beberapa hal berikut ini.

  1. Frekuensi buang air kecil akan meningkat

Ketika waktu persalinan semakin dekat dan janin sudah memasuki jalan lahir, Ibu hamil akan merasakan frekuensi buang air kecil yang lebih sering. Hal ini disebabkan tekanan kepala janin yang telah memasuki jalan lahir. Ini yang juga dapat menekan kandung kemih dari Ibu.

  1. Bernapas menjadi lebih mudah

Selama kehamilan Ibu sering merasakan sulit untuk bernapas, dikarenakan perut yang semakin membesar dan desakan janin yang terus berkembang. Namun, ketika memasuki trimester akhir, Ibu hamil biasanya dapat bernapas lebih lega apabila janin telah turun dan memasuki jalan lahir.

  1. Perubahan perut bagian bawah

Selama masa kehamilan, banyak perubahan bentuk tubuh seiring dengan perkembangan janin yang dikandung oleh Ibu. Perut Ibu yang selalu berubah menjadi semakin besar, seiring dengan berkembangnya janin dalam kandungan. 

Perubahan ini dapat dengan mudah terlihat dan dirasakan. Apabila janin sudah mulai memasuki jalan lahir, Ibu dapat melihat perubahan pada bagian perut bawah mereka. Baby bump akan terlihat lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

  1. Nyeri punggung dan sekitarnya

Ibu hamil sering mengeluhkan nyeri punggung yang timbul-tenggelam seiring dengan semakin dekatnya waktu persalinan. Posisi janin yang sudah masuk jalan lahir akan menekan bagian panggul dan daerah sekitarnya. Ini sering kali menimbulkan perasaan tidak nyaman sampai rasa nyeri didaerah punggung.

  1. Meningkatnya cairan yang keluar dari vagina

Dengan masuknya janin ke jalan lahir, mengakibatkan peningkatan tekanan pada daerah leher rahim Ibu. Hal ini menyebabkan keluarnya mucus plug yang menutupi daerah rahim selama masa kehamilan.

  1. Nafsu makan lebih baik

Selama kehamilan, terutama pada trimester awal, Ibu hamil sering merasakan mual. Bahkan, beberapa ibu hamil kehilangan nafsu makan. Ketika janin telah memasuki jalan lahir, perasaan mual akan berkurang. Hal ini, dikarenakan berkurangnya tekanan dalam perut Ibu. Nafsu makan Ibu pun akan membaik.

  1. Mengalami kontraksi palsu

Hal ini akan dirasakan oleh para Ibu hamil mendekati waktu kelahiran si kecil. Kontraksi palsu ini juga merupakan tanda bahwa janin sudah memasuki jalan lahir. Apabila kontraksi semakin kuat, hal ini menandakan bahwa janin sudah semakin rendah dan dekat dengan jalan lahir.

Itulah tanda-tanda yang bisa dikenali apabila janin yang dikandung oleh Ibu sudah memasuki jalan lahir. Namun, perlu Anda ketahui kalau beberapa tanda tersebut tidak selalu sama dialami oleh setiap orang. Untuk mengetahui tepatnya, selalu periksa kondisi kehamilan secara teratur ke dokter.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar