Diet dan Nutrisi

Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Wanita

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 19 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Agar tubuh wanita sehat, bugar, dan tampak glowing, berikut ini adalah deretan makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan wanita. Mari disimak!

Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Wanita

Ada beberapa makanan untuk wanita yang baik dalam menjaga tubuh wanita lebih sehat, bugar, dan glowing, serta tetap awet muda meski usia terus bertambah.

Para wanita harus tahu bahwa ada sejumlah penyakit yang lebih rentan menyerang, seperti kanker payudara, kanker rahim, dan penyakit autoimun. Ini dapat terjadi karena adanya perbedaan anatomis dan kondisi hormonal.

Selain itu, wanita juga memiliki beberapa fase yang berbeda dalam hidupnya, seperti masa subur, kehamilan, melahirkan, dan menopause. Itulah sebabnya wanita harus memperhatikan asupan nutrisinya demi meningkatkan kesehatan. 

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan wanita.

1. Brokoli

Si hijau kribo ini mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita. Brokoli kaya akan vitamin A, C, serat, kalium, kalsium, dan zat besi. Brokoli dapat membantu mencegah kanker payudara.

Selain itu, kandungan asam folatnya baik untuk kesehatan wanita, terutama saat merencanakan kehamilan.

2. Bayam

Tak beda jauh dengan brokoli, bayam juga mengandung vitamin C dan kalsium. Selain itu, bayam tinggi akan vitamin A, K, magnesium, dan lutein yang baik untuk kesehatan mata dan tulang.

Wanita juga cenderung memiliki gejala anemia, terutama saat datang bulan atau saat mempersiapkan kehamilan/sudah mengandung. 

Bayam merupakan salah satu zat besi yang dapat menjadi alternatif untuk membantu mencegah timbulnya gejala anemia, terutama anemia defisiensi besi.

3. Salmon

Ikan laut ini sangat kaya akan asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak ini langsung dapat digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan membran setiap sel tubuh.

Nutrisi yang dimiliki ikan salmon diyakini dapat melindungi wanita dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, lupus, dan rheumatoid arthritis.

4. Kacang–kacangan

Selain rendah lemak, kacang–kacangan juga kaya akan protein, kalsium, magnesium, omega-3, dan serat yang baik untuk kesehatan wanita.

Selain itu, makanan ini pun dapat menstabilkan hormon kewanitaan berkat kandungan isoflavon di dalamnya. Kandungan tersebut dapat mengontrol gejala PMS, pra menopause, dan menopause.

Kacang-kacangan juga memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara dan penyakit jantung.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan Kaya Fitoestrogen untuk Wanita Menopause

5. Blueberry

Salah satu keluarga buah berry ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satunya adalah antosianin yang bagus untuk mencegah penuaan dini pada wanita.

Selain itu, blueberry juga kaya akan vitamin C dan asam folat, sehingga baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

6. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, asam lemak tak jenuh dapat pula meningkatkan kesehatan wanita dengan membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di perut.

Alpukat juga diketahui tinggi akan kalium, magnesium, asam folat, protein, serta vitamin B6, E, dan K.

7. Yoghurt

Produk olahan susu hasil fermentasi ini sudah sejak lama dikenal sebagai makanan pendongkrak kesehatan. Kandungan bakteri probiotik pada yoghurt sangat baik untuk pencernaan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan imunitas.

Hasil fermentasi susu ini pun baik untuk mencegah penyakit pencernaan, seperti bowel syndrome (IBS) yang sering dialami wanita. 

Selain itu, konsumsi yoghurt dapat membantu mengatasi gejala masalah pada organ kewanitaan, misalnya keputihan.

8. Tomat

Senyawa yang menjadikan tomat begitu unggul adalah likopen. Likopen merupakan antioksidan yang dapat melindungi wanita dari kanker serviks dan kanker payudara.

Konsumsi tomat yang sudah dimasak pun dapat berperan sebagai tabir surya alami untuk kulit. Tak cuma itu, kandungan polifenol dalam tomat dapat membantu mengencerkan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

9. Apel

Apel mengandung kuersetin, yaitu jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi wanita yang menjalani diet, makan apel bisa membantu memenuhi nutrisi selama diet sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Apel juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan baik untuk cegah berbagai proses radang dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Keguguran

10. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak banyak mengandung kalsium dan vitamin D. Artinya, berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang, terutama dari ancaman osteoporosis alias pengeroposan tulang.

Hal ini penting karena faktanya, risiko osteoporosis lebih tinggi pada wanita dan meningkat saat wanita memasuki usia menopause. Selain itu, kebutuhan vitamin D yang tercukupi pun berperan penting dalam kesuburan wanita.

Susu rendah lemak juga mengandung kalium, vitamin B12, dan riboflavin yang dapat mencerahkan kulit tanpa membuat angka timbangan naik.

Mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita seperti yang sudah disebutkan di atas dan menjaga pola makan bergizi seimbang saja sebetulnya kurang maksimal. 

Optimalkan juga dengan rutin olahraga, tidur cukup, dan mengelola stres dengan baik agar para wanita terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya. 

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter terkait pola makan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. 

(PUT/AYU)

Kesehatan WanitaNutrisi

Konsultasi Dokter Terkait