Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sakit Laringitis dan Sinusitis, Shawn Mendes Batalkan Konser

Sakit Laringitis dan Sinusitis, Shawn Mendes Batalkan Konser

Shawn Mendes batalkan konser di Brazil lantaran mengalami penyakit laringitis dan sinusitis. Penyakit apa itu?

Klikdokter.com, Jakarta Penyanyi internasional yang membatalkan konsernya secara mendadak akibat penyakit yang diderita memang bukan hal baru lagi. Seperti Shawn Mendes, yang baru-baru ini membatalkan konser di Sao Paulo, Brazil, karena menderita penyakit laringitis dan sinusitis. 

Melalui akun Twitter pribadinya, Shawn meminta maaf karena harus membatalkan konser. Dikutip dari laman Dailymail UK, pria kelahiran 1998 itu harus membatalkan konser atas perintah dokter. Jika tidak, kedua penyakit yang dialaminya akan memberikan efek jangka panjang. Alhasil,  pria kelahiran Kanada itu tidak bisa bernyanyi untuk jangka waktu yang telah ditentukan oleh dokter. 

Lantas, apa itu penyakit laringitis dan sinusitis? Seperti apa gejala serta pengobatannya kedua penyakit tersebut? 

Laringitis

Dari KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini menjelaskan bahwa laringitis adalah peradangan atau iritasi pada kotak suara (organ laring). Pada kondisi normal, pita suara akan membuka dan menutup dengan lancar untuk menghasilkan suara. Saat terjadi laringitis, pita suara akan membengkak sehingga menyebabkan rasa nyeri dan perubahan suara ketika berbicara.

“Laringitis membuat pita suara tidak mampu membuka dan menutup dengan sempurna. Karena itu, suara penderita juga akan terdengar tidak jelas (parau),” kata dr. Dyah Novita.

Lebih lanjut, dr. Dyah Novita mengatakan bahwa laringitis terbagi atas kondisi akut dan kronik. Akut artinya terjadi dalam waktu singkat, sedangkan kronik berarti terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Adapun gejala yang umumnya timbul akibat laringitis, yaitu suara serak, suara hilang, nyeri saat menelan dan mengunyah, hidung berair, tenggorokan sakit dan gatal, serta demam. 

Segala keluhan akibat laringitis bisa terjadi akibat penggunaan vokal secara berlebihan. Mungkin hal ini juga yang menjadi penyebab laringitis yang dialami oleh Shawn Mendes.

Di luar hal itu, laringitis juga bisa terjadi akibat infeksi kuman, virus dan bakteri. Pun bisa dikarenakan paparan bahan kimiawi berbahaya. Penyakit ini bisa disebabkan oleh penyakit autoimun seperti arthritis rheumatoid, wegener granulomatosis dan sarkoidosis, meski kasusnya jarang ditemukan. 

Sinusitis

Berbeda dengan laringitis yang menyerang tenggorokan, sinusitis merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada lapisan di permukaan sinus paranasal. Ini adalah rongga-rongga udara yang berlokasi di sekitaran hidung dan berfungsi untuk mengurangi beban berat pada tulang kepala manusia. 

Dijelaskan oleh dr. Atika dari KlikDokter, sinusitis biasanya lebih mengganggu ketimbang pilek biasa. Kondisi ini pun bisa terjadi secara berulang. Pada beberapa kasus, sinusitis bahkan bisa menyebabkan komplikasi berupa infeksi pada tulang, mata, darah atau otak.

“Sinusitis menyebabkan gejala, seperti lendir keluar dari hidung atau turun ke tenggorokan belakang, hidung memerah dan tersumbat, nyeri tekan di atas pipi yang bisa menjalar ke pelipis atau gigi,” tutur dr. Atika.

Tidak berhenti di situ, dr. Atika juga mengatakan bahwa sinusitis bisa menyebabkan gejala batuk atau iritasi tenggorokan, demam dan membuat penderitanya kehilangan kemampuan untuk mencium aroma.

“Sinusitis bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Penggunaan antibiotik hanya boleh ditujukan untuk sinusitis akibat bakteri. Penggunaan antibiotik pada sinusitis akibat virus tidak membawa manfaat apa-apa,” pungkas dr. Atika.

Laringitis dan sinusitis memang tidak tergolong sebagai penyakit mematikan. Namun, penderitanya tetap perlu berobat ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang terbaik.

Karena itu, jika Anda mengalami penyakit laringitis atau sinusitis seperti Shawn Mendes, pastikan untuk segera berobat ke dokter agar pengobatan yang paling tepat bisa segera diberikan. Imbangi dengan memperbanyak istirahat, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta minum obat secara teratur. Jangan lupa doakan kesembuhan Shawn Mendes agar bisa kembali menghibur Anda dan jutaan penggemar lainnya.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar