Sukses

Pentingnya Mengajak Anak Bermain di Luar Rumah

Tahukah Anda, banyak manfaat yang didapat jika anak bermain di luar rumah? Berikut penjelasan mengenai pentingnya anak bermain di luar rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Perkembangan teknologi saat ini membuat anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dengan bermain telepon pintar, laptop, dan tablet. Jika ini terus berlanjut, anak akan terbiasa hidup tidak aktif, malas bersosialisasi, hingga kurang mengenal lingkungan sekitar. Padahal, tahukah Anda kalau bermain di luar rumah adalah penting dan banyak manfaatnya?

Manfaat anak bermain di luar rumah

Bermain di luar rumah sangat penting bagi anak-anak yang bisa bermanfaat hingga mereka dewasa kelak. Apa saja manfaat tersebut?

  • Mendukung kesehatan anak

Tubuh membutuhkan matahari untuk membantu tubuh menghasilkan vitamin D. Vitamin ini berfungsi banyak dalam tubuh, mulai dari perkembangan tulang hingga sistem saraf anak.

  • Anak lebih kebal terhadap penyakit

Bermain di luar rumah juga membuat anak lebih kebal terhadap penyakit. Selain itu, anak juga akan mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari. Ini hanya bisa terpenuhi jika anak bermain di luar rumah dan terpapar sinar matahari langsung.

  • Menambah aktivitas fisik

Anak-anak perlu mengembangkan kemampuan motoriknya. Dengan aktivitas fisik di luar rumah –seperti berlari, melompat, bermain bola, dan bersepeda, kemampuan motorik anak pun terangsang dengan baik. Secara tidak langsung, anak-anak juga berolahraga yang baik untuk kesehatannya.

  • Meningkatkan kreativitas

Bermain di luar rumah sangat baik untuk menambah kreativitas anak Anda. Berinteraksi dengan lingkungan akan membuat anak menyentuh, melihat, mendengar dan mencium hal-hal baru yang tidak didapatkannya saat berada di dalam ruangan. Aktivitas ini dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak.

Selain itu, bermain di luar juga melatih kemampuan sensorik anak. Dengan melihat, menjelajahi dan mempelajari lingkungan sekitar, si Kecil akan mendapatkan pengalaman dan menstimulasi semua indra mereka.

  • Bersosialisasi dengan teman sebaya

Anak-anak juga perlu belajar cara bekerja sama, berbagi, dan memperlakukan teman sebayanya.

Si Kecil yang cenderung hanya berada di dalam rumah sangat berbeda dengan anak yang sering bermain di luar rumah dalam segi bersosialisasi. Biasanya, anak akan lebih memiliki banyak teman, tidak pemalu, dan percaya diri.

  • Menghargai alam

Sering-sering mengajak si Kecil bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar dapat menumbuhkan rasa cinta pada alam. Anda bisa mengajaknya bermain di taman, hutan kota, atau sungai dan pantai.

Dengan memperkenalkan dan lebih mendekatkan anak pada alam, mereka akan lebih menghargainya. Jangan heran kalau di masa depan, anak akan mencintai lingkungannya.

Setelah mengetahui pentingnya mengajak anak bermain di luar rumah, perlu juga Anda ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan anak untuk bermain. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), anak-anak membutuhkan waktu bermain yang berbeda.

Misalnya pada bayi, kebutuhan bermainnya lebih sedikit karena lebih membutuhkan banyak tidur. Ada pun balita membutuhkan paling banyak selama 3 jam dalam sehari untuk bermain dengan aktivitas yang berbeda.

Anak yang lebih besar dapat bermain dalam durasi yang lebih panjang. Namun begitu, hindari anak bermain di luar terlalu lama. Dikhawatirkan, si Kecil akan kelelahan yang tentunya tidak baik untuk kesehatannya.

Nyatanya, mengajak anak bermain di luar rumah sangat penting bagi perkembangan fisik, motorik, hingga sosialnya. Oleh karena itu, ajak dan motivasi anak-anak untuk bermain di luar rumah. Tidak ada salahnya, Anda juga ikut beraktivitas bersama mereka. Selain membuat tubuh Anda sehat, jadikan waktu bermain ini sebagai quality time Anda bersama sang buah hati.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar