Sukses

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Picu Penyakit Jantung?

Kesehatan gigi dan mulut berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Namun, apakah gigi berlubang dapat menyebabkan penyakit jantung?

Sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kesehatan mulut yang buruk memiliki risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi.

Kondisi gigi dan mulut yang buruk dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu masalah gigi dan mulut yang sering dijumpai adalah gigi berlubang. Nyatanya, penyakit ini kerap dikaitkan dengan penyakit jantung.

Umumnya gigi berlubang disebabkan oleh kesehatan gigi dan mulut yang kurang terjaga dengan baik. Bagaimana penyakit jantung akibat gigi berlubang terjadi?

1 dari 3 halaman

Pengaruh Gigi Berlubang terhadap Kesehatan Jantung

Adanya infeksi pada gigi dapat memicu penyakit jantung. Munculnya kondisi tersebut berasal dari sejumlah faktor yang saling berkaitan. Bakterilah yang menjadi penyebabnya.

Gigi berlubang terjadi ketika bakteri penyebab pembusukan bersentuhan dengan gula dan pati dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kemudian, bakteri tersebut menghasilkan asam yang menyerang lapisan permukaan gigi.

Kondisi ini dapat diperparah ketika pembersihan gigi tidak dilakukan secara tepat dan teratur.

Artikel Lainnya: Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, lama kelamaan lubang tersebut akan bertambah besar dan dalam hingga menembus rongga pulpa. Rongga ini berisi saraf-saraf dan pembuluh darah.

Saat kerusakan sudah mencapai rongga pulpa, bakteri penyebab gigi berlubang dapat dengan cepat menyebar dan masuk ke aliran darah yang menuju jantung.

Ketika bakteri tersebut mencapai jantung, mereka dapat menempel dan menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut menyebabkan penyakit seperti endokarditis, yaitu infeksi pada lapisan dalam jantung.

Menurut American Heart Association, kondisi kardiovaskular lainnya seperti aterosklerosis atau kondisi penyumbatan arteri juga dikaitkan dengan peradangan yang disebabkan oleh bakteri di mulut.

Bakteri tersebut menuju pembuluh darah arteri dan menimbulkan plak yang tumbuh pada dinding bagian dalam jantung. Kondisi ini membatasi aliran darah ke jantung.

Hal ini yang akhirnya menimbulkan dugaan bahwa gigi berlubang menyebabkan penyakit jantung.

2 dari 3 halaman

Cegah Sakit Jantung, Mulai Kebiasaan Ini untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung karena infeksi gigi adalah menjalani gaya hidup sehat, serta merawat kesehatan gigi dan mulut.

Berikut ini beberapa cara merawat gigi dan mulut yang bisa dilakukan:

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari Secara Teratur

American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi secara teratur 2 kali sehari selama 2 menit. Lakukan rutinitas ini setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

2. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Pilihlah sikat gigi dengan ujung kepala yang mengecil dan bulu halus. Sikat gigi jenis ini dapat menjangkau seluruh area permukaan gigi.

Gunakan pula pasta gigi mengandung fluoride agar gigi tetap kuat dan terhindar dari gigi berlubang.

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Gigi Berlubang

3. Bersihkan Sela-Sela Gigi

Untuk menjaga kebersihan rongga mulut, penting untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus (dental floss) minimal satu kali sehari.

Langkah ini berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak dapat terangkat oleh sikat gigi.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat Bergizi

Perbanyaklah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Batasi pula makanan atau minuman yang dapat menjadi penyebab gigi berlubang.

5. Rutin Kontrol ke Dokter Gigi

Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin dengan dokter gigi setiap enam bulan sekali. Ini merupakan langkah penting untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan radang gusi.

Terapkan kebiasaan merawat gigi dan gusi sedini mungkin. Jadi, Anda dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Dengan melakukan cara merawat gigi dan mulut secara maksimal, Anda juga dapat melindungi diri dari gigi berlubang dan menurunkan risiko penyakit jantung. Yuk, sikat gigi sekarang!

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar gigi berlubang, konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter gigi.

(FR/AYU)

3 Komentar