Sukses

Kiat Ampuh Menurunkan Rasa Cemas Jelang Persalinan

Rasa cemas jelang persalinan pasti dialami oleh setiap ibu. Tapi jangan terlalu cemas, karena bisa berdampak buruk pada kondisi bayi. Cari tahu cara atasi rasa cemasnya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Detik-detik menjelang persalinan, bagaimana perasaan Anda? Senang? Takut? Atau justru malah cemas? Ya, rasanya semua perasaan pasti bercampur jadi satu ketika mendekati hari persalinan. Meski lumrah dirasakan oleh setiap ibu, tapi rasa cemas yang berlebihan justru berdampak buruk bagi kondisi kesehatan ibu maupun janin. 

Masuk dalam trimester ketiga, artinya waktu kelahiran bayi Anda tinggal menunggu hari. Dalam fase ini, ibu hamil diminta untuk lebih tenang agar pada saat persalinan semuanya bisa berjalan dengan lancar. 

Karena jika rasa cemas mengalahkan rasa senang yang Anda miliki, maka kondisi ini bisa berdampak buruk untuk janin dan kesehatan sang ibu. Dijelaskan oleh dr. Bram Pradipta, Sp. OG dari KlikDokter, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan rasa cemas yang dialami menjelang persalinan, seperti: 

Melakukan hal menyenangkan

Jangan biarkan rasa cemas mengalahkan hasrat untuk melakukan hal-hal yang disukai. Pasalnya, melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti bernyanyi, memasak, menulis atau hanya sekadar pergi ke mal sambil berbelanja, bisa meningkatkan hormon bahagia dan buat rasa cemas jadi hilang. 

Jika rasa cemas itu muncul pada jam-jam sebelum menjelang persalinan, Anda diminta untuk menonton film streaming dan bermain video game, atau hanya sekedar melihat kembali foto-foto USG bayi agar rasa cemas berganti menjadi lebih tenang melihat bayi yang sebentar lagi lahir ke dunia. 

Konsultasi pada dokter

Pastikan lagi kepada dokter atau bidan yang merawat ibu, kapan tanggal perkiraan persalinan. Selain itu, mintalah pendapat kepada dokter atau bidan mengenai proses persalinan yang sesuai untuk ibu, apakah dapat melahirkan dengan normal maupun dengan operasi. 

Mintalah bantuan kepada tenaga kesehatan untuk menjelaskan bagaimana posisi dan cara yang benar pada saat melahirkan. Pengetahuan mengenai cara persalinan yang benar akan memberikan kepercayaan diri dan semangat tersendiri bagi ibu untuk menghadapi persalinan.

Cari pendamping

Menjelang persalinan, ibu memang membutuhkan pendamping yang bisa menemani dirinya setiap saat. Bukan hanya suami, tapi orang tua atau doula. Doula merupakan seorang tenaga profesional yang memberikan dukungan emosional, fisik dan pengetahuan seputar kehamilan kepada ibu yang sebentar lagi akan melahirkan, sedang melahirkan, dan habis melahirkan. 

Ringkasnya, peran doula dibutuhkan untuk membantu wanita mendapatkan pengalaman bersalin yang nyaman dan aman. Pentingnya kehadiran orang terdekat pada saat persalinan, bisa buat ibu jadi lebih tenang dan siap dalam menghadapi persalinan 

Siapakan kebutuhan persalinan dari jauh hari 

Meskipun sudah ada Hari Perkiraan Lahir (HPL), dr. Bram Pradipta menyarankan agar Anda tidak terlalu mepet dalam mempersiapkan koper beserta isinya untuk menginap di rumah sakit selama masa pemulihan. Tidak hanya persiapan sang ibu, tapi keperluan bayi juga perlu Anda siapkan agar tidak perlu repot bolak balik ke rumah untuk mengambil keperluan bayi. 

Anda bisa mempersiapkan semua kebutuhan ini sejak minggu ke-35, sebab Anda tidak akan tahu kapan kontraksi atau pecah ketuban terjadi. Jika koper sudah siap, apabila saatnya tiba, Anda sudah siap berangkat ke rumah sakit. 

Meditasi

Selain pergi ke mal, pergi ke salon, menonton film favorit, ada hal lainnya yang juga bisa menenangkan dan buat ibu jadi lebih bahagia, yakni meditasi. Dengan segala tantangan dan kenyataan yang harus dihadapi saat hamil trimester ketiga, meditasi diperlukan untuk bisa membuat ibu menjadi lebih tenang, apalagi menjelang persalinan. 

Meditasi adalah cara yang bagus ketika ingin menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks. Fokus utama dalam melakukan meditasi adalah metode pernapasan yang benar.

Meditasi bisa membantu orang mendapatkan emosi yang lebih baik, tak terkecuali ibu hamil. Dengan demikian, ibu hamil akan memiliki perspektif baru dalam melihat situasi, merasa lebih waspada, dapat menangkal energi negatif, lebih sabar, dan tenang. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas jelang persalinan. Jangan ragu minta bantuan orang terdekat untuk mendampingi Anda, di saat rasa cemas sedang melanda.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar