Sukses

Kenali 6 Cara Mengatasi Cemas Menjelang Persalinan

Mendekati hari persalinan, para Ibu biasanya dihampiri rasa berdebar. Jangan khawatir, ini ada beberapa cara mengatasi cemas menjelang persalinan.

Rasa cemas kerap menggelayuti perasaan ibu hamil menjelang persalinan. Perasaan tersebut normal dialami, tapi usahakan tidak berlebihan agar tak berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin. Lebih baik, lakukan cara mengatasi cemas menjelang persalinan.

Selain fisik, antara lain melalui nutrisi dan istirahat cukup, kesiapan mental juga harus diperhatikan jelang melahirkan. Namun sayang, banyak wanita hamil justru merasa takut dan cemas mendekati hari H. Rasa takut dan cemas ini bisa datang dari berbagai sumber.

Misalnya, dari cerita-cerita persalinan yang penuh tantangan dan dalam durasi lama dari kakak atau sahabat. Atau bisa juga karena Anda tidak tahan membayangkan rasa sakit yang harus ditanggung selama persalinan.

Hal-hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dan diminimalkan dengan persiapan yang matang beberapa hari atau minggu menjelang persalinan. Bagaimanakah caranya?

1 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Kecemasan Jelang Melahirkan

Agar tak diliputi rasa cemas dan takut jelang hari kelahiran si Kecil, simak tujuh cara mengatasi kecemasan menjelang persalinan ini:

  • Melakukan Hal yang Menyenangkan

Jangan biarkan rasa cemas mengalahkan hasrat untuk melakukan hal-hal yang disukai. Melakukan hal-hal menyenangkan, seperti bernyanyi, memasak, menulis, atau hanya sekadar pergi ke mal, bisa meningkatkan hormon bahagia dan mengusir rasa cemas.

Jika rasa cemas itu muncul pada jam-jam sebelum menjelang persalinan, Anda bisa menonton film streaming dan bermain video game. Atau Anda bisa melihat kembali foto-foto USG si jabang bayi agar rasa cemas berganti menjadi lebih tenang melihat si Kecil yang sebentar lagi lahir ke dunia.

Artikel lainnya: 4 Fase Persalinan Normal yang Perlu Ibu Tahu

  • Konsultasi pada Dokter

Pastikan lagi kepada dokter atau bidan yang merawat, kapan tanggal perkiraan persalinan. Selain itu, mintalah pendapat kepada dokter atau bidan mengenai proses persalinan yang sesuai untuk Anda, apakah normal atau operasi. 

Mintalah bantuan tenaga kesehatan untuk menjelaskan bagaimana posisi dan cara yang benar pada saat melahirkan. Pengetahuan mengenai cara persalinan yang benar akan memberikan kepercayaan diri dan semangat tersendiri bagi ibu untuk menghadapi persalinan.

  • Cari Pendamping

Menjelang persalinan, ibu memang membutuhkan pendamping yang bisa menemani dirinya setiap saat. Bukan hanya suami, tapi juga orang tua atau doula.

Doula adalah seorang tenaga profesional yang memberikan dukungan emosional, fisik, dan pengetahuan seputar kehamilan kepada ibu yang sebentar lagi akan melahirkan, sedang melahirkan, dan usai melahirkan. 

Ringkasnya, peran doula dibutuhkan untuk membantu wanita mendapatkan pengalaman bersalin yang nyaman dan aman. Pentingnya kehadiran orang terdekat pada saat persalinan, bisa membuat ibu jadi lebih tenang dan siap dalam menghadapi persalinan 

Artikel lainnya: Agar Sukses Persalinan Normal, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Tahu

  • Siapkan Kebutuhan Persalinan dari Jauh Hari

Mendekati masa persalinan, persiapkanlah seluruh keperluan bayi agar tidak perlu bolak-balik ke rumah untuk mengambil keperluan bayi. 

Anda bisa mempersiapkan semua kebutuhan ini sejak minggu ke-35 dan memasukkannya ke dalam koper. Sebab, Anda tidak akan tahu kapan kontraksi atau pecah ketuban terjadi. Saat waktunya tiba, Anda tidak panik dan muncul rasa cemas berlebihan.

  • Relaksasi

Selain pergi ke mal, salon, dan menonton film favorit, ada hal lainnya yang juga bisa menenangkan dan buat ibu jadi lebih bahagia, yakni melakukan relaksasi.

Dengan segala tantangan dan kenyataan yang harus dihadapi saat hamil trimester ketiga, relaksasi diperlukan untuk bisa membuat ibu menjadi lebih tenang, apalagi menjelang persalinan.

Relaksasi adalah cara yang bagus ketika ingin menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks dan tenang. Fokus utama dalam melakukan relaksasi adalah metode pernapasan yang benar, Anda dapat melakukan relaksasi dengan cara yoga dan meditasi.

Artikel lainnya: Penyebab Waktu Persalinan Berlangsung Lebih Lama

  • Ikuti Kelas Persalinan

Mengikuti kelas persalinan dapat membantu Anda mempersiapkan diri, memberikan tambahan kepercayaan diri, sekaligus mengelola ketakutan.

Di kelas ini, Anda akan diberikan informasi yang tepat terkait proses persalinan, sekaligus pengetahuan untuk mengelola rasa sakit.

  • Dengarkan Tubuh dan Bayi Anda

Proses melahirkan sebenarnya dikendalikan oleh tubuh dan bayi Anda. Sejak awal kehamilan Anda bisa belajar mendengarkan baik-baik tubuh dan bayi Anda. Karena itu, sering-seringlah ajak bayi Anda bicara dan rasakan kehadirannya menyatu dengan tubuh Anda.

Karena itu, saat terjadi perubahan menjelang persalinan, Anda akan menjadi lebih percaya diri dan menikmati semua proses tahapan persalinan yang terjadi.

Jangan biarkan rasa takut menguasai Anda! Terapkan cara mengatasi cemas menjelang persalinan di atas. Jangan lupa minta keterlibatan suami dan keluarga terdekat untuk menemani Anda melalui masa-masa ini. Cari tahu informasi lainnya seputar kehamilan di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar