Sukses

Cara Mudah Mengatasi Mata Kering

Berbagai penyebab mata kering dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah berikut.

Mata kering merupakan keluhan yang cukup sering kita jumpai di berbagai kalangan dan golongan usia. Umumnya, mata kering lebih sering dialami oleh orang-orang usia lanjut. Namun, di era perkembangan teknologi, kalangan muda pun bisa berisiko mengalami mata kering.

Hal ini erat kaitannya dengan penggunaan gawai dan perangkat elektronik lainnya dalam durasi waktu yang cukup panjang. Fokus terlalu lama menimbulkan mata menjadi mudah lelah dan sering kali kehilangan refleks berkedip yang memicu terjadinya mata kering.

Apa yang Dimaksud dengan Mata Kering?

Pada fase awal, mata kering biasanya tidak menimbulkan keluhan yang berarti. Namun jika kondisi sudah semakin berat, mulai muncul keluhan berupa terbakar, gatal, terasa ada yang mengganjal, nyeri, terasa berat, mudah lelah hingga buram.

Permukaan bola mata, khususnya kornea yang berada di paling luar dan terpapar lingkungan, rentan mengalami kekeringan. Permukaan kornea terjaga kelembapannya oleh air mata.

Artikel Lainnya: Atasi Mata Kering dengan Nutrisi Ini

Pada beberapa kondisi, air mata yang bertugas menjaga kelembapan mata bisa tidak bekerja secara optimal. Hal ini dapat dipengaruhi oleh produksi air mata yang berkurang atau penguapannya yang terlalu cepat.

Mata kering yang tidak ditangani dengan baik dapat berisiko menyebabkan luka pada kornea yang dapat menimbulkan gejala berupa mata merah, buram, nyeri, berair, silau.

Pada kondisi tertentu, tidak jarang penderita mengalami keluhan berupa mata yang sering berair. Hal ini karena kondisi mata kering yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama akan menstimulasi produksi komponen air dari air mata sebagai mekanisme perlindungan.

Akan tetapi, respons air mata sebagai mekanisme perlindungan ini tidak dapat berlangsung cukup lama untuk melindungi mata dari kekeringan.

1 dari 3 halaman

Faktor yang Menyebabkan Mata Kering

Tidak hanya penggunaan gawai dalam jangka panjang, banyak faktor yang dapat menjadi penyebab mata kering, di antaranya:

  • Penggunaan Lensa Kontak

Bagi pengguna lensa kontak, sangat disarankan untuk rutin menetesi mata dengan tetes mata yang mengandung air mata buatan agar menjaga mata tetap lembap. Bahan lensa kontak yang cenderung mengikat air berisiko menyebabkan mata kering.

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Kebersihan Lensa Kontak

  • Penuaan

Pada usia tua, sering terjadi penurunan produksi air mata yang berperan untuk menjaga kelembapan permukaan kornea. Hal ini yang memicu terjadinya mata kering.

  • Menopause

Pada kondisi menopause, terjadi perubahan keseimbangan hormon yang juga dapat mempengaruhi komponen air mata dan dapat berujung pada mata kering.

  • Lingkungan

Paparan udara di sekitar dapat mempengaruhi kelembaban mata. Suhu lingkungan yang terlalu tinggi dapat memicu penguapan dan menyebabkan mata kering. Paparan angin atau AC jangka panjang juga dapat mempercepat penguapan dan menimbulkan mata kering.

  • Kebiasaan Merokok

Selain berdampak buruk bagi kesehatan secara umum, asap rokok juga dapat mengganggu kesehatan mata. Asap rokok dapat merusak kandungan lipid atau lemak di dalam air mata sehingga lebih mudah menguap dan menyebabkan mata kering.

  • Riwayat Penyakit Lain

Adanya riwayat penyakit lain, seperti diabetes, tiroid, lupus, rheumatoid arthritis, dan Sjogren's syndrome, dapat sangat mempengaruhi produksi air mata dan memicu mata kering.

  • Riwayat Pengobatan

Riwayat konsumsi obat tertentu, misalnya antihistamin, antidepresan, obat hipertensi, pil KB secara rutin tidak jarang menimbulkan efek samping berupa mata kering.

  • Gangguan Kelopak Mata

Gangguan kelopak mata, yakni kondisi kelopak tidak dapat tertutup sempurna, juga dapat menyebabkan kekeringan pada mata.

Artikel Lainnya: Sindrom Sjogren, Penyakit yang Bikin Mata Terasa Kering

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Mata Kering

Untuk mengatasi kekeringan pada mata, dapat dilakukan sesuai dengan penyebab atau faktor risikonya. Berikut beberapa cara mengatasi mata kering yang dapat Anda lakukan:

  • Kompres hangat pada kelopak mata.
  • Lebih sering berkedip.
  • Hindari lingkungan yang berasap, baik karena asap rokok maupun polusi udara.
  • Lebih sering mengistirahatkan mata dengan cara melihat jauh.
  • Konsumsi makanan yang mengandung omega-3 (makanan laut, kacang-kacangan, sayur, produk susu, dan telur).

Bagi Anda yang harus menggunakan komputer atau laptop sepanjang hari, sangat penting untuk menerapkan kebiasaan yang baik demi mencegah mata kering. Anda bisa lakukan 3D, yaitu distance, direction dan duration.

  • Distance

Perhatikan jarak penggunaan komputer agar nyaman ketika digunakan untuk waktu yang lama. Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh.

  • Direction

Ketika menggunakan komputer atau gawai, sebaiknya memperhatikan agar arahnya lurus dengan pandangan mata. Hindari penggunaan gawai dengan posisi berbaring.

  • Duration

Perhatikan durasi penggunaan komputer atau gawai agar tidak lebih dari 2 jam. Beristirahatlah dengan melihat jauh selama sekitar 15 menit sebelum memulai pekerjaan menggunakan komputer kembali.

Jika tidak memperhatikan 3D ini, mata akan mudah lelah karena harus berupaya untuk fokus secara terus-menerus dan refleks berkedip akan menurun.

Secara umum, kekeringan pada mata dapat diatasi dengan menerapkan beberapa cara mengatasi mata kering di atas, dan tidak memerlukan penanganan khusus oleh dokter spesialis mata.

Namun, jika tips atasi mata kering tersebut tidak membuat keluhan Anda membaik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat 24 jam di KlikDokter.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar