Sukses

Cara Mudah Mengatasi Mata Kering

Mata kering yang tidak segera diatasi bisa mengganggu fungsi indra penglihatan. Lantas, harus bagaimana? Berikut beberapa cara mengobati mata kering yang bisa Anda coba.

Mata kering merupakan keluhan yang cukup sering dijumpai, apalagi di era teknologi seperti sekarang ini. 

Meski bukan hal yang berbahaya hingga mengancam fungsi penglihatan, mata kering tetap harus harus ditangani dengan baik. 

Faktanya, mata kering yang dibiarkan terjadi berkelanjutan bisa menyebabkan indra penglihatan Anda terasa gatal, mengganjal, dan mudah lelah.

Apabila kondisi tersebut tidak segera diobati juga, kornea Anda berisiko terluka. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa mata merah, terasa terbakar, buram, nyeri, dan pandangan silau.

Anda tentu tidak ingin mengalami hal-hal tersebut, bukan? Jika memang demikian, berikut ini cara mengobati mata kering sekaligus mencegahnya agar tak terjadi berulang:

1 dari 11 halaman

1. Kompres Hangat pada Kelopak Mata

Kompres hangat dapat dilakukan sekitar 4 kali dalam sehari dengan durasi 3 menit untuk membantu mengatasi mata kering. 

Anda dapat menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat, kemudian diperas. Dengan posisi mata tertutup, tempelkan kapas yang masih terasa hangat ke bagian yang mengalami keluhan. 

Artikel Lainnya: Hati-hati, Metode Lasik Bisa Bikin Sindrom Mata Kering

2 dari 11 halaman

2. Lebih Sering Berkedip

Ketika sedang terlalu fokus melakukan sesuatu, beberapa orang terkadang lupa untuk berkedip. Padahal, hal ini bisa meningkatkan risiko mata kering.

Agar tidak mengalaminya, pastikan untuk mengistirahatkan mata sejenak. Upayakan pula berkedip secara sadar guna membantu menjaga kelembapan permukaan bola mata.

3 dari 11 halaman

3. Air Mata Buatan (Artificial Tears)

Mengalami mata kering dan terasa mengganjal? Jika ya, Anda boleh menggunakan air mata buatan (artificial tears) yang dapat dibeli bebas di apotek.

Pastikan untuk mematuhi aturan pakai agar manfaatnya lebih terasa. Secara umum, artificial tears dapat digunakan sekitar 4 kali dalam sehari. 

Artikel Lainnya: Mata Sering Terasa Kering? Waspada Mengidap Sindrom Sjogren

4 dari 11 halaman

4. Sering Mengistirahatkan Mata

Mata bisa kelelahan apabila terlalu sering digunakan. Kondisi ini bisa memicu mata kering.

Agar tidak mengalami keluhan tersebut, Anda mesti mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali. Caranya bisa dengan memejamkan mata sejenak, atau melihat benda-benda yang jaraknya jauh.

5 dari 11 halaman

5. Sering Melihat Jauh

Terlalu sering menatap dalam jarak dekat bisa membuat mata lelah dan kering. 

Guna mengatasi kondisi tersebut, Anda perlu mengalihkan pandangan untuk melihat objek berjarak 6 meter atau lebih selama 20 detik.

Artikel Lainnya: Cara Atasi Kelopak Mata yang Kering

6 dari 11 halaman

6. Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3

Tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi omega 3, seperti seafood, kacang-kacangan, sayur, produk susu, dan telur.

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, mengonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah seimbang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7 dari 11 halaman

7. Terapkan Aturan 3D

Bagi Anda yang harus menggunakan komputer atau laptop sepanjang hari, sangat penting untuk menerapkan kebiasaan 3D (distance, direction, dan duration).

Distance berarti Anda mesti memperhatikan jarak mata ke gawai agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. 

Direction berarti Anda mesti memperhatikan arah pandangan mata dengan gawai yang digunakan. Usahakan agar arahnya lurus dengan pandangan mata. Hindari penggunaan gawai dengan posisi berbaring.

Duration berarti Anda mesti memperhatikan waktu yang dihabiskan saat menggunakan gawai, yaitu tidak lebih dari 2 jam. Beristirahatlah sejenak dengan melihat objek berjarak jauh sebelum kembali menggunakan gawai.

8 dari 11 halaman

8. Hindari Lingkungan yang Berasap

Tidak hanya karena asap rokok, mata kering juga bisa terjadi akibat paparan polusi udara. 

Oleh karena itu, agar mata tetap sehat, Anda mesti berupaya keluar dari area yang dipenuhi asap.

Artikel Lainnya: Penyebab Mata Kering saat Hamil dan Cara Mengatasinya

9 dari 11 halaman

9. Hindari Paparan AC Secara Langsung

Perhatikan posisi meja kerja Anda. Jika posisi meja kerja menghadap langsung ke arah AC, bisa jadi hal ini yang memicu keluhan mata kering.

Bila Anda mengalaminya, ubahlah posisi duduk Anda agar tidak langsung terpapar AC.

10 dari 11 halaman

10. Jaga Kelembapan Ruangan

Berada di ruangan dengan kelembapan udara yang rendah bisa meningkatkan risiko mata kering. Apalagi, jika ruangan tersebut terpapar cahaya matahari secara langsung.

Oleh karena itu, pilihlah lingkungan bekerja dengan kelembapan udara yang cukup baik agar mata kering dapat dihindari.

Jika cara mengatasi mata kering di atas tidak membuat keluhan Anda membaik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis. Anda juga dapat melakukan konsultasi dokter secara daring melalui Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar