Sukses

Cara Mudah Mengatasi Mata Kering

Mata terasa tidak nyaman setelah lama bekerja di depan komputer? Bisa jadi Anda mengalami mata kering. Ini cara mudah mengatasi mata kering.

Klikdokter.com, Jakarta Di era serba-digital saat ini, seorang pekerja kantoran sangat mungkin akan menatap layar laptop dalam waktu panjang. Jika terus dilakukan, ini dapat menyebabkan mata kering. Saat mengalaminya, langkah mengatasi mata kering pun harus dilakukan.

Apa yang dimaksud dengan mata kering?

Saat menggunakan komputer atau gawai, mata Anda akan berusaha untuk terus fokus. Saat mata harus fokus dalam waktu lama, terkadang refleks mengedip akan semakin menurun. Hal inilah yang dapat menyebabkan mata kering.

Mata kering sebenarnya terjadi karena kurangnya pelumas pada mata yang berperan untuk menjaga kelembapan pada permukaan bola mata dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Gejala yang dapat dirasakan oleh orang yang mengalami mata kering adalah mata terasa seperti terbakar, gatal, terasa ada yang mengganjal, nyeri, terasa berat, mudah lelah.

Selain itu dapat juga disertai dengan keluhan berupa mata merah, berair, silau dan penglihatan buram. Jika tidak diatasi dengan baik, tidak menutup kemungkinan menimbulkan komplikasi lain pada mata.

Pada kondisi tertentu, tidak jarang penderita mata kering justru mengalami keluhan berupa mata yang sering berair. Ini terjadi karena ketika mengalami mata yang kering dalam jangka waktu cukup lama, akan menstimulasi produksi komponen air dari air mata sebagai mekanisme perlindungan.

Akan tetapi, respons ini tidak dapat berlangsung cukup lama untuk melindungi dari mata kering.

Faktor yang menyebabkan mata kering

Tak cuma penggunaan gawai dalam jangka panjang, banyak hal yang dapat menyebabkan mata kering, yaitu:

  • Penggunaan lensa kontak
  • Penuaan
  • Menopause
  • Lingkungan (baik di dalam maupun luar ruangan yang dapat meningkatkan penguapan air mata)
  • Kebiasaan merokok
  • Riwayat penyakit lain (diabetes, tiroid, lupus, rheumatoid arthritis dan Sjogren's syndrome)
  • Riwayat pengobatan (anti histamin, anti depresan, obat hipertensi, pil KB)
  • Gangguan kelopak mata (yang menyebabkan mata tidak dapat tertutup penuh)
1 dari 2 halaman

Cara mengatasi mata kering

Untuk dapat mengatasi mata kering dapat dilakukan sesuai dengan penyebab atau faktor risiko yang dapat menimbulkan mata kering. Selain itu, mata kering secara umum dapat diatasi dengan beberapa hal berikut:

  • Kompres hangat pada kelopak mata
  • Lebih sering berkedip
  • Menghindar dari lingkungan yang berasap (baik asap rokok maupun polusi udara)
  • Lebih sering mengistirahatkan mata dengan cara melihat jauh
  • Konsumsi makanan yang mengandung omega-3 (makanan laut, kacang-kacangan, sayur, produk susu, dan telur)

Bagi Anda yang harus menggunakan komputer atau laptop sepanjang hari, sangat penting untuk menerapkan kebiasaan yang baik demi mencegah mata kering. Anda bisa lakukan 3D, yaitu distance, direction dan duration.

  • Distance

Perhatikan jarak penggunaan komputer agar nyaman ketika digunakan untuk waktu yang lama. Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh.

  • Direction

Ketika menggunakan komputer atau gawai, sebaiknya memperhatikan agar arahnya lurus dengan pandangan mata. Hindari penggunaan gawai dengan posisi berbaring.

  • Duration

Perhatikan durasi penggunaan komputer atau gawai agar tidak lebih dari 2 jam. Sebaiknya beristirahat dengan melihat jauh selama sekitar 15 menit sebelum memulai pekerjaan menggunakan komputer atau gawai kembali.

Jika tidak memperhatikan 3D ini, mata akan mudah lelah karena harus berupaya untuk fokus secara terus-menerus dan refleks berkedip akan menurun.

Adapun bagi para pengguna soft lens, memiliki kecenderungan berisiko lebih tinggi mengalami mata kering. Penyebabnya, bahan soft lens bersifat menyerap air. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan tetes mata air mata buatan demi dapat mencegah mata kering.

Berbagai cara di atas dapat membantu mengatasi mata kering dengan mudah. Namun, jika sudah menerapkannya tetapi gejala mata kering masih dirasakan mengganggu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan diri ke dokter spesialis mata.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar