Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sudahkah Kebutuhan Vitamin D Anda Tercukupi? Cek di Sini

Sudahkah Kebutuhan Vitamin D Anda Tercukupi? Cek di Sini

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis dan patah pada tulang panggul. Apakah kebutuhan vitamin D anda sudah tercukupi?

Klikdokter.com, Jakarta Seringkali kita mendengar pentingnya mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Misalnya, vitamin C untuk menangkal radikal bebas, sedangkan omega 3 untuk kesehatan otak dan kalsium untuk tulang. Pernahkah Anda mendengar tentang pentingnya vitamin D? 

Mungkin belum banyak yang memahami tentang manfaat vitamin D untuk kesehatan tulang yang tidak kalah pentingnya dengan kalsium. Ternyata, kalsium dan vitamin D merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan perannya.

Kalsium merupakan mineral utama penyusun tulang, sedangkam vitamin D memiliki fungsi untuk memaksimalkan penyerapan kalsium di usus.  Jika kebutuhan kalsium harian sudah terpenuhi, tetapi kadar vitamin D dalam tubuh masih rendah, maka penyerapan kalsium tidak akan menjadi maksimal.

Pentingnya Vitamin D

Terdapat dua jenis vitamin D, yaitu vitamin D2 yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan vitamin D3 yang berasal dari hewan. Namun, keduanya dapat digolongkan menjadi vitamin D. Vitamin D akan menjadi aktif di tubuh kita setelah diaktifkan oleh sinar matahari khususnya ultraviolet B (UVB). 

Tidak berhenti di sana, vitamin D akan aktif secara sempurna setelah melewati liver dan ginjal, yaitu menjadi bentuk 1,25(OH)2D atau calcitriol. Di sini, peran sinar matahari menjadi sangat penting, mengingat pada zaman modern ini banyak sekali orang yang jarang terpapar sinar matahari secara langsung. 

Tanpa adanya vitamin D yang cukup, penyerapan kalsium di usus hanya mencapai sekitar 10% - 15% dari kebutuhan kalsium harian, sedangkan untuk mendapatkan kadar kalsium yang cukup, diperlukan penyerapan sekitar 30% - 40%. 

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit kelainan tulang seperti, rakhitis pada anak-anak dan osteomalasia pada orang dewasa. Kekurangan vitamin D pada usia lanjut meningkatkan risiko terjadinya patah tulang panggul sebesar 2,2 kali lipat. Pada wanita, risiko kekurangan terjadinya patah tulang menjadi lebih besar. 

1 dari 2 halaman

Dosis yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang

Kebutuhan vitamin D harian setiap orang berbeda-beda bergantung dari rentang usia dan juga kadar vitamin D dalam tubuh. Secara umu,m dosis vitamin D sebesar 400 IU – 800 IU sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Namun, pada orang-orang yang memiliki kadar vitamin D yang rendah, dosis harian sebesar 1000 IU – 3000 IU dapat diberikan. Tentunya, perlu diperhatikan pula kebutuhan harian kalsium yaitu sekitar 800 mg – 1000 mg setiap harinya. 

Vitamin D bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti ikan salmon, tuna, cod sebanyak sekitar 200 gram, telur, susu, yoghurt, tahu, tempe, buah jeruk dan juga jamur. 

Jika Anda mengonsumsi 200 gram ikan ditambah dengan 100-200 gram sayur-sayuran serta satu gelas susu, Anda kurang lebih sudah mendapatkan sekitar 400 IU vitamin D.

Dengan memerhatikan konsumsi vitamin D harian dan juga kalsium, maka Anda sudah dapat mengurangi risiko terjadinya masalah tulang.hal yang tidak diinginkan seperti osteoporosis dan juga patah tulang.

Tidak hanya untuk kesehatan tulang saja, vitamin D juga berperan dalam membentuk sel-sel imun, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Paparan langsung terhadap sinar matahari tentunya juga tidak boleh dilupakan.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar