Berita Kesehatan

Atasi Gangguan Tidur dengan Konsumsi Magnesium

dr. Alvin Nursalim, 22 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sering merasa kesulitan tidur? Cobalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Simak manfaat magnesium untuk mengatasi gangguan tidur berikut.

Atasi Gangguan Tidur dengan Konsumsi Magnesium

Gangguan tidur bisa menurunkan kualitas hidup, apalagi yang terjadi terus-menerus. Bila berbagai cara sudah kamu tempuh, tapi masalah tidur belum juga teratasi, cobalah gunakan magnesium.

Magnesium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Mineral ini dapat membantu memproduksi energi, mengatur kadar gula dalam darah, serta reaksi kimia lainnya dalam tubuh.

Karena khasiatnya tersebut, magnesium bisa digunakan untuk mengatasi susah tidur.

Manfaat Magnesium untuk Atasi Susah Tidur

Ini Alasannya Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria

Untuk dapat tertidur dan tetap terlelap, dibutuhkan otak dan tubuh yang relaks. Magnesium membantu proses ini dengan cara mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Saraf parasimpatis berperan mengatur berbagai aktivitas tubuh saat sedang istirahat.

Selain itu, manfaat magnesium memicu neurotransmitter yang berfungsi mengeluarkan sinyal ke berbagai penjuru tubuh lewat sistem saraf dan otak. Senyawa ini juga membantu mengatur hormon melatonin yang berfungsi mengatur siklus bangun-tidur di dalam tubuh. 

Magnesium juga mengikatkan diri pada reseptor GABA yang berperan dalam menurunkan aktivitas saraf. Hal ini membantu tubuh dan otak menjadi relaks.

Artikel lainnya: Manfaat Magnesium untuk Tubuh

Tips Konsumsi Magnesium untuk Gangguan Tidur

Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Manfaat magnesium untuk mengatasi susah tidur bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium yang cukup. 

Beberapa makanan sumber magnesium yang dapat kamu konsumsi, antara lain:

1. Gandum Utuh 

Sebagian besar gandum utuh adalah sumber magnesium. Ketika kamu membuat kue, coba gunakan gandum utuh sebagai pengganti tepung.

Roti gandum juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti roti tawar. Sarapan pakai dua helai roti gandum di pagi hari bisa menjadi sumber magnesium yang baik untuk kesehatan.

2. Bayam

Sayuran berdaun hijau tua kaya berbagai mineral, termasuk bayam. Satu gelas bayam rebus mengandung magnesium sebanyak 157 mg. 

Kamu bisa menambahkan satu gelas jus bayam ke untuk konsumsi sehari-hari.

3. Kacang Almon, Mete, dan Kacang Tanah

Beberapa kacang-kacangan kaya magnesium. Sumber nabati ini dapat ditambahkan ke berbagai makanan untuk memperkaya tekstur serta rasa. 

Seperempat cup atau setara 23 butir kacang almon dapat menjadi pilihan camilan yang menyehatkan sekaligus jadi sumber magnesium untuk mengatasi gangguan tidur.

4. Dark Chocolate

Dalam satu takaran sajian cokelat hitam terkandung 64 mg magnesium serta antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Pilih dark chocolate yang mengandung minimal 70 persen cocoa

Kamu bisa makan 30-60 gram cokelat hitam untuk mendukung kualitas tidurmu. 

Artikel lainnya: Minyak Magnesium, Apa Itu?

5. Alpukat 

Alpukat mengandung 58 gram magnesium per buahnya. Jumlah ini bisa memenuhi 16 persen kebutuhan magnesium harian. 

Lemak baik dalam alpukat juga bermanfaat menunjang kesehatan otak dan jantung.

#JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan kaya magnesium di atas untuk tidur lebih mudah dan nyenyak. Normalnya, dosis konsumsi magnesium yang dianjurkan untuk orang dewasa berkisar 250-350 mg per hari.

Kamu juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu apabila punya gangguan pencernaan atau diabetes sebelum memasukkan asupan tinggi magnesium ke dalam pola makan harian. Konsultasi lebih praktis pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter aja! 

(ADT/JKT)

tidurMagnesiumGangguan Tidur

Konsultasi Dokter Terkait