Sukses

Atasi Gangguan Tidur dengan Konsumsi Magnesium

Sering merasa kesulitan tidur? Cobalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Simak manfaat magnesium untuk mengatasi gangguan tidur berikut.

 

Gangguan tidur—apalagi terus-menerus—bisa bikin kualitas hidup turun. Anda lantas  berinisiatif mengurangi asupan kafein harian. Meskipun itu dilakukan, masalah tidur belum juga teratasi! Kalau ini yang Anda alami, cobalah mengatasi gangguan tidur dengan memanfaatkan magnesium.

Kenapa magnesium bisa digunakan sebagai cara mengatasi gangguan tidur? Magnesium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara optimal.

Mineral ini dapat membantu memproduksi energi dan mengatur kadar gula dalam darah serta reaksi kimiawi lainnya dalam tubuh.

Manfaat magnesium untuk tubuh lainnya adalah mengatur keseimbangan mineral lainnya seperti kalsium, potassium, serta zinc.

Beberapa organ tubuh, seperti jantung, otot, serta ginjal, membutuhkan magnesium untuk berfungsi dengan baik. Gigi dan tulang pun dibantu pertumbuhannya oleh magnesium.

Artikel Lainnya: Rokok dan Alkohol, Penyebab Gangguan Tidur yang Lebih Parah

Beberapa makanan sumber magnesium yang dapat Anda konsumsi adalah:

1. Gandum Utuh

Sebagian besar gandum utuh merupakan sumber magnesium. Ketika Anda membuat kue, coba gunakan gandum utuh sebagai pengganti tepung, dan konsumsi roti gandum sebagai alternatif terhadap roti tawar.

2. Bayam

Sayuran berdaun hijau tua kaya akan berbagai mineral, dan 1 gelas bayam rebus mengandung magnesium sebanyak 157 mg.

3. Kacang Almon, Mete, dan Kacang Tanah

Selain sebagai camilan, beberapa kacang-kacangan ini kaya magnesium. Sumber nabati ini dapat ditambahkan ke berbagai makanan untuk memperkaya tekstur serta rasa ekstra.

4. Dark Chocolate

Dalam satu takaran sajian cokelat hitam terkandung 64 mg magnesium serta antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Pilih dark chocolate yang mengandung minimal 70% cocoa.

5. Alpukat

Alpukat mengandung 58 gram magnesium per buahnya, yang memenuhi 16% kebutuhan magnesium anda sehari-hari. Lemak baik juga menunjang untuk kesehatan otak dan jantung.

Artikel Lainnya: 8 Penyebab Insomnia yang Jarang Diketahui

1 dari 2 halaman

Bagaimana Magnesium Dapat Mengatasi Gangguan Tidur

Untuk dapat mulai tertidur dan tetap terlelap, dibutuhkan otak dan tubuh yang rileks. Secara kimiawi, magnesium membantu proses ini dengan cara mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Nah, magnesium akan memicu neurotransmitter yang berfungsi mengeluarkan sinyal ke berbagai penjuru tubuh lewat sistem saraf dan otak.

Senyawa ini juga membantu mengatur hormon melatonin yang berfungsi mengatur siklus bangun-tidur Anda di dalam tubuh.

Selain itu, magnesium akan mengikatkan diri pada reseptor GABA yang berperan dalam menurunkan aktivitas saraf. Hal ini membantu tubuh dan otak menjadi rileks.

Tidak memiliki kadar magnesium yang cukup dalam tubuh dapat mengganggu tidur dan bahkan menyebabkan insomnia.

Artikel Lainnya: Sleep Hygiene, Cara Ampuh Mengatasi Gangguan Sulit Tidur

Ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan terkena gangguan tidur karena berisiko lebih tinggi kekurangan magnesium, seperti berikut ini.

  • Orang dengan masalah pencernaan. Ini terjadi akibat kurangnya kemampuan untuk tidak menyerap vitamin dan mineral dengan baik. Kekurangan magnesium pun dapat terjadi.
  • Orang dengan diabetes. Resistensi insulin dan adanya diabetes berhubungan dengan kekurangan magnesium dalam jumlah besar.
  • Orang dengan ketergantungan terhadap alkohol. Seseorang dengan konsumsi alkohol berlebih akan lebih berisiko alami kekurangan magnesium.
  • Kelompok lanjut usia (lansia). Hal ini berhubungan dengan pola makan yang kurang asupan magnesium, dibandingkan dengan dewasa yang lebih muda. Di lain sisi, kemampuan lansia untuk menyerap magnesium sudah jauh berkurang.

Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan kaya magnesium untuk tidur lebih mudah dan nyenyak. Dosis konsumsi magnesium yang dianjurkan untuk orang dewasa normal adalah 250-350 mg per hari.

Akan tetapi, Anda dapat berkonsultasi dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu jika punya masalah pencernaan atau diabetes sebelum melakukan perubahan terhadap diet mereka.

Manfaat magnesium dapat membantu Anda untuk mengatasi gangguan tidur. Kombinasikan juga dengan kebiasaan tidur yang baik serta gaya hidup yang sehat. Namun, apabila gangguan tidur Anda sudah lama menetap, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter. Intip tips sehat lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

2 Komentar