Sukses

Amandel Bengkak? Manfaatkan Obat Amandel Alami Ini

Amandel bengkak sama tak enaknya dengan tenggorokan yang sedang meradang. Agar gejalanya bisa mereda, coba beberapa obat amandel alami berikut ini.

Saat amandel bermasalah, tentu rasanya tak nyaman sekali. Amandel yang bengkak dapat mengganggu keseharian Anda, mulai dari makan hingga berbicara. Belum lagi, kondisi radang juga bisa sebabkan badan lemas, bahkan demam.

Tentunya, tak semua infeksi amandel perlu ditangani dengan operasi. Infeksi amandel yang perlu dioperasi memiliki beberapa kriteria. Misalnya, infeksinya sudah berulang dan menyebabkan nyeri yang hebat. Bisa juga karena infeksi amandel sudah sampai menyumbat saluran napas dan benar-benar sulit untuk menelan. 

Selama kondisinya belum terlampau parah, Anda bisa meredakan gejala tersebut dengan obat-obatan alami. Berikut beberapa obat amandel alami yang bisa Anda coba:

 

1 dari 4 halaman

1. Air Garam Hangat

Air garam hangat dapat menjadi pilihan obat alami untuk amandel yang membesar. Anda dapat mencampurkan air hangat dengan 1 sdt garam. Setelahnya, berkumurlah dengan teknik gargle (kumur di tenggorokan) menggunakan air tersebut.

Berkumur menggunakan air garam hangat dapat membantu Anda untuk mengatasi peradangan amandel yang membengkak. 

Garam berperan sebagai antiseptik alami untuk mengurangi peradangan sekaligus membunuh virus atau bakteri. Dalam sehari, Anda dipersilakan untuk berkumur hingga beberapa kali. 

Artikel Lainnya: Kenali Kapan Anak Perlu Operasi Amandel?

2. Kayu Manis

Sudah tahu belum jika kayu manis dapat menjadi obat amandel alami? Ya, kayu manis memiliki sifat antimikroba, sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme yang melekat di amandel.

Jika pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme tersebut terhambat, otomatis pembengkakan, nyeri, dan peradangan juga akan berkurang. 

Cara membuat kayu manis sebagai obat herbal untuk amandel sama dengan air garam hangat. Anda tinggal menambahkan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam air hangat. Bila perlu, tambahkan 2 sdt madu agar efek anti peradangannya semakin kuat.

Berbeda dengan larutan air garam yang dikumur, campuran air dengan kayu manis bisa Anda minum. Konsumsi selagi hangat sebanyak 2-3 kali sehari selama seminggu. 

2 dari 4 halaman

3. Kunyit

Kunyit juga bisa menjadi obat alami untuk amandel yang bengkak. Efek antiinflamasi dan antiseptik alami memang dimiliki oleh rempah berwarna kuning dan sedikit oranye ini. 

Cara membuat ramuan kunyit untuk dijadikan obat amandel alami adalah dengan mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Konsumsilah susu kunyit hangat ini pada malam hari selama 3 hari berturut-turut.

4. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah bawang putih. Bawang ini mengandung antioksidan tinggi, antibakteri, dan antivirus sehingga masalah seperti flu dan infeksi amandel bisa diatasi. 

Artikel Lainnya: Penyebab Suara Berubah pasca Operasi Amandel

Bawang putih memiliki aroma yang cukup menyengat. Karena itu, ada sebagian orang yang terganggu oleh aromanya.

Jika tahan dengan aroma dan rasa pedasnya, Anda bisa mengonsumsi secara utuh. Namun kalau tidak, bawang putih bisa dibuat sebagai rebusan saja. Jadi, Anda bisa merebus 2 buah siung bawang putih yang sudah dihaluskan selama 5 menit. 

Air yang dapat digunakan sebanyak 1 cangkir. Anda bisa menambahkan madu bila ingin ada rasa manis. Setidaknya ini membuat bagian tenggorokan terasa lebih hangat dan nyaman.

3 dari 4 halaman

5. Air Lemon dan Madu

Masalah radang amandel bisa diatasi dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berarti Anda butuh asupan vitamin C alami.

Asupan vitamin C alami bisa didapatkan dari air lemon. Lemon sendiri memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. 

Cara membuat air lemon sebagai obat amandel herbal adalah sebagai berikut:

  • Peras 1 buah lemon.
  • Saat air lemonnya sudah terkumpul, campurkan dengan 1 sdt madu, 1 gelas air hangat, dan juga sedikit garam.
  • Aduk, lalu minum selagi hangat.
  • Jika ingin cepat sembuh, lakukan setidaknya 2 kali sehari.

6. Teh Hangat dan Madu

Selain campuran madu dengan air lemon, campuran teh hangat dengan madu juga bisa membantu meredakan keluhan yang muncul akibat amandel yang membengkak.

Serupa dengan resep air lemon madu, cukup tambahan 1 sdt madu pada secangkir teh hangat, lalu minum saat suhu masih hangat, bukan panas.

Selain menggunakan beberapa obat alami di atas, mengatasi amandel yang bengkak bisa dilakukan dengan menjauhi pemicunya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan atau memperparah kondisi bengkak pada amandel, antara lain merokok dan makanan tinggi MSG.

Jika obat alami tidak memberikan perubahan berarti, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Infeksi amandel Anda mungkin sudah berada di level yang membutuhkan antibiotik dan obat-obatan lainnya. 

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[WA]

2 Komentar