Sukses

Amandel Bengkak? Manfaatkan 5 Obat Amandel Alami Ini

Amandel bengkak sama tak enaknya dengan tenggorokan yang sedang meradang. Agar gejalanya bisa mereda, coba beberapa obat amandel alami berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat amandel bermasalah, rasanya tak nyaman sekali. Mau minum air saja, seperti ada yang mengganjal dan sakit. Ketika memegang dahi danleher, ternyata Anda juga demam. Begitulah tak enaknya jika amandel bengkak dan meradang. Agar hal tersebut tak berlangsung terlalu lama, Coba manfaatkan obat amandel alami di bawah ini. 

Kondisi amandel bengkak tak melulu harus operasi

Sebelum mengetahui apa saja obat amandel alami, ada baiknya Anda ketahui dulu tentang masalah amandel ini. Amandel atau tonsil adalah jaringan limfoid yang berlokasi di mulut atau di kedua sisi faring. 

Fungsi dari tonsil itu sendiri adalah melawan virus dan bakteri yang masuk melalui tenggorokan. Caranya, membantu tubuh memproduksi antibodi untuk guna melawan infeksi. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, tak semua infeksi amandel perlu ditangani dengan operasi. 

“Ini karena amandel bengkak dapat dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, menghindari pencetus alergi, dan menghindari zat yang merangsang pembesaran amandel, misalnya makanan atau minuman dingin, dan MSG,” jelasnya. 

Infeksi amandel yang perlu dioperasi memiliki beberapa kriteria. Misalnya, infeksinya sudah berulang dan menyebabkan nyeri yang hebat. Bisa juga karena infeksi amandel sudah sampai menyumbat saluran napas dan benar-benar sulit untuk menelan. 

Jika kondisinya telah sampai seperti itu, dokter yang kerap disapa dr. Vita itu baru merekomendasikan untuk operasi.

1 dari 3 halaman

Ini obat alami untuk mengatasi amandel bengkak

Selama kondisinya belum terlampau parah, Anda pun bisa meredakan gejalanya dengan obat-obatan alami. Adapun sederet obat untuk mengatasi amandel bengkak yang bisa Anda manfaatkan. Ini dia sejumlah daftarnya.

  • Air garam hangat

Campuran air hangat dan 1 sdt garam dapat membantu Anda untuk mengatasi peradangan amandel yang membengkak. Kumur dengan teknik gargle (kumur di tenggorokan) menggunakan air hangat dapat menenangkan amandel. 

Garam itu sendiri berperan sebagai antiseptik alami untuk mengurangi peradangan sekaligus membunuh virus atau bakteri. Dalam sehari, Anda dipersilakan untuk berkumur beberapa kali. 

  • Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat anti-mikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme yang melekat di amandel. Jika pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme tersebut terhambat, otomatis pembengkakan, nyeri, dan peradangan juga akan berkurang. 

Sama seperti membuat larutan air garam, tambahkan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam air hangat. Bila perlu, tambahkan 2 sdt madu agar efek anti peradangannya semakin kuat. Bedanya dengan larutan air garam, Anda tidak berkumur dengan larutan ini. Cukup diminum selagi hangat 2-3 kali sehari selama seminggu. 

  • Kunyit

Satu lagi rempah yang bisa dijadikan obat amandel bengkak, yaitu kunyit. Efek anti-inflamasi dan antiseptik alami memang dimiliki oleh rempah berwarna kuning dan sedikit orange ini. 

Cara membuat ramuan kunyit untuk meredakan amandel bengkak adalah dengan mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Konsumsilah susu kunyit hangat ini pada malam hari selama 3 hari berturut-turut.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  • Bawang putih

Salah satu bumbu dapur yang dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah bawang putih. Bawang tersebut mengandung antioksidan tinggi, antibakteri, dan anti-virus sehingga masalah seperti flu dan infeksi amandel bisa diatasi. 

Jika tahan dengan rasa pedas dan aromanya, Anda bisa mengonsumsi secara utuh. Namun kalau tidak, dibuat sebagai rebusan saja. Jadi, Anda bisa merebus 2 buah siung bawang putih yang sudah dihaluskan selama 5 menit. 

Air yang digunakan sebanyak 1 cangkir dan tambahkan madu bila Anda ingin ada rasa manis. Setidaknya ini membuat bagian tenggorkan terasa lebih hangat dan nyaman.

  • Air lemon dan madu

Masalah radang amandel ini bisa diatasi dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berarti Anda butuh asupan vitamin C alami dan itu bisa didapatkan dari air lemon. Lemon itu sendiri memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-virus. 

Untuk membuat ramuan alami ini, peras 1 buah lemon. Saat air lemonnya sudah terkumpul, campurkan dengan 1 sdt madu, 1 gelas air hangat, dan juga sedikit garam. Aduk, lalu minum selagi hangat. Jika ingin cepat sembuh, lakukan setidaknya 2 kali sehari. 

Itu dia obat alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi amandel bengkak. Jika selama beberapa hari ke depan tak ada perbaikan kondisi yang berarti, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Itu sebabnya infeksi amandel Anda mungkin sudah berada di level yang membutuhkan antibiotik dan obat-obatan lainnya. 

(FR/AYU)

2 Komentar