Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perlu Obat Tetes Mata Mumpuni untuk Atasi Mata Merah dan Iritasi

Perlu Obat Tetes Mata Mumpuni untuk Atasi Mata Merah dan Iritasi

Obat tetes mata yang mumpuni dapat membantu mengatasi gejala mata merah dan iritasi.

Klikdokter.com, Jakarta Mata kering adalah salah satu permasalahan yang sering dialami. Cuaca yang panas berangin, debu, dan ditambah tingkat polusi asap kendaraan yang cukup tinggi kerap timbulkan gejala mata merah dan rentan alami iritasi. Untuk mengatasinya, obat tetes mata yang mumpuni dapat membantu mengatasinya.

Selain cuaca, debu, dan polusi, berlama-lama memandangi gawai membuat mata menjadi mudah kering. Tandanya adalah sensasi gatal atau seperti ada pasir di mata.

Air mata sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan mata dan menjaga penglihatan Anda tetap nyaman. Air mata adalah kombinasi dari air untuk pelembap, minyak untuk lubrikasi, mukus, antibodi, serta protein khusus untuk melindungi mata dari infeksi.

Kalau mata kering, tentu penglihatan menjadi tak nyaman, sehingga harus segera ditangani.

Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami mata kering, yaitu keadaan ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang memadai dari air mata sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini disampaikan oleh dr. Iva Yulia, SpM, dalam acara peluncuran Rohto DryFresh dan Rohto V-Extra di Cimahi, Bandung, Kamis (29/11).

“Gejala mata kering di antaranya mata terasa perih, pedas, dan pegal. Kondisi ini jika dibiarkan tentu dapat mengganggu kenyamanan dan produktivitas kerja, sehingga penanganan mata kering memang diperlukan segera,” dr. Iva menjelaskan.

Perlunya obat tetes mata

Penanganan yang dimaksud adalah dengan penggunaan obat tetes mata, apalagi jika mata kering diiringi dengan iritasi kemerahan.

“Iritasi mata ringan ditandai dengan mata merah yang disertai mata kering. Hal ini sering terjadi tanpa kita sadari, terutama pada para pengendara sepeda motor. Polusi udara, debu, asap, serta terpaan angin saat berkendara membuat mata menjadi rentan terhadap iritasi ringan," sambung dr. Iva.

Kebutuhan akan penanganan mata kering lewat obat tetes mata disadari oleh PT Rohto Laboratories Indonesia, dengan dua produk terbarunya.

“Pada akhir tahun 2019, PT Rohto Laboratories Indonesia mengeluarkan Rohto DryFresh dan Rohto V-Extra. Kehadiran kedua produk ini akan semakin memperkuat posisi Rohto sebagai salah satu pemain besar di pasar obat tetes mata,” ungkap Mukdaya Massidy, S.E., M.M, M.Si selaku Presiden Direktur PT Rohto Laboratories Indonesia.

Rohto DryFresh adalah tetes mata dengan kandungan hypromellose 0,3% untuk membantu mengatasi gejala mata kering, karena memberikan efek pelumas seperti air mata. Produk ini juga memiliki keunikan dengan adanya sensasi sejuk di mata. Sementara itu, Rohto V-Extra dapat menjadi pilihan pertama untuk mengatasi masalah iritasi mata. 

Tak hanya itu, kedua produk tetes mata tersebut juga dikemas dengan desain baru yang lebih modern dan praktis. 

"Dengan twist and push, mudah dibuka dan ditutup hanya dengan satu tangan. Botol yang transparan juga masih dihadirkan, sehingga konsumen dapat melihat dan menjamin kejernihan dan kualitas produk," sambung Mukdaya.

1 dari 2 halaman

Pakai obat tetes mata secara benar

Untuk memastikan efektivitasnya, berikut ini adalah cara menggunakan obat tetes mata, yaitu:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lalu keringkan dengan handuk atau lap bersih.
  • Ketika mengaplikasikan obat, usahakan dalam posisi yang nyaman, baik dalam posisi duduk, berdiri, maupun berbaring.
  • Dengan menggunakan jari telunjuk, tarik perlahan kelopak mata bagian bawah.
  • Selanjutnya, arahkan pandangan ke atas, lalu pencet obat tetes mata, sehingga obat menetes ke kantung kelopak mata bagian bawah.
  • Tutup mata selama 3 menit sehingga obat dapat diserap dengan baik oleh mata.

Perhatikan juga kebersihan botol obat mata dan hindari kontak ujung botol mata dengan permukaan bola mata. Tujuannya untuk menghindari terjadinya infeksi. Hal yang perlu diperhatikan lainnya ketika menggunakan obat tetes mata, pencet juga sudut mata sisi dalam untuk mencegah obat mengalir ke hidung dan tenggorokan.

Salah satu cara untuk membantu mengatasi gangguan di mata seperti mata kering, mata merah, atau iritasi adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Namun, bila gejala tak kunjung hilang, makin parah, atau disertai gejala tak biasa lainnya, sebaiknya segera periksakan keluhan tersebut ke dokter spesialis mata.

(RN/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar