Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Malas, Ini 10 Alasan untuk Perbanyak Jalan Kaki Setiap Hari

Jangan Malas, Ini 10 Alasan untuk Perbanyak Jalan Kaki Setiap Hari

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik dan psikis sudah terbukti. Karenanya, jangan malas, ini alasan untuk perbanyak jalan kaki setiap hari!

Klikdokter.com, Jakarta Jalan kaki selama 30-60 menit tiap hari adalah hal sederhana tapi dampaknya begitu besar pada tubuh, pikiran, dan jiwa. Karenanya, siapkan alas kaki yang nyaman dan jangan malas, inilah beberapa alasan yang bisa menguatkan motivasi Anda untuk perbanyak jalan kaki setiap harinya!

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

  1. Tidur lebih nyenyak

Temuan sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam jurnal “Sleep Health” menyebut, orang-orang yang jalan kaki 7.000 langkah per hari atau lebih melaporkan tidur yang lebih baik. Kurang dari itu? Jangan cemas, manfaat jalan kaki tetap dapat dirasakan.

Peneliti dari Universitas South Australia mengemukakan adanya hubungan dua arah. Bahwa, bila memiliki istirahat yang berkualitas, Anda secara fisik akan cenderung lebih aktif, dan bila secara fisik aktif, Anda akan cenderung merasa capek dan bisa tidur lebih nyenyak.

  1. Membantu turunkan berat badan

Dikatakan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, jalan kaki pada pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

“Jalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. Jika dikombinasikan dengan pola makan sehat dan latihan kekuatan, maka penurunan berat badan akan makin maksimal,” sebutnya.

  1. Menjaga kondisi kesehatan

Jalan kaki dapat meningkatkan sistem imunitas, serta mencegah dan membantu tubuh mengelola berbagai kondisi kesehatan.

“Bila Anda hidup dengan diabetes, jalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah berbagai komplikasinya, seperti penyakit kardiovaskular ataupun kanker jenis tertentu,” kata dr. Iqbal.

“Selain itu, jalan kaki juga dapat mengurangi risiko menumpuknya kolesterol jahat (hiperkolesterolemia) yang bisa berujung pada penyakit akibat kolesterol tinggi seperti hipertensi dan stroke,” ungkap lebih lanjut.

  1. Melindungi kesehatan jantung

Dalam sebuah laporan gabungan dari berbagai penelitian, berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen.

Juga dari KlikDokter, dr. Alvin Nursalim, SpPD, mengatakan bahwa manfaat tersebut dirasakan sama kuatnya bagi pria maupun wanita.

“Perlindungan terhadap sakit jantung tampak jelas bahkan jika Anda sekadar berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3,2 km per jam. Orang-orang yang berjalan lebih jauh, berjalan dengan kecepatan lebih cepat, atau keduanya menikmati perlindungan terhadap sakit jantung yang lebih besar,” dr. Alvin memaparkan.

  1. Hidup lebih lama

Studi oleh Harvard dalam jurnal “JAMA Internal Medicine” yang terbit pada Mei 2019 lalu meneliti 16.000 partisipan wanita dengan usia lebih tua.

Hasilnya, mereka yang berjalan kaki 4.400 langkah per hari angka kematiannya secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang secara fisik tidak aktif. Manfaat akan makin dirasakan bila jalan kaki lebih dari 7.500 langkah.

Ada pula studi dalam jurnal “Medical Journal of Australia” yang menemukan bahwa orang-orang yang jalan kaki hingga 8.800 langkah per hari, rata-rata menghabiskan waktu lebih sedikit di rumah sakit hingga 30 persen, dibandingkan dengan orang-orang dengan jumlah langkah kaki setengahnya.

  1. Menjaga kesehatan sendi

    Ketika berjalan kaki, serangkaian gerakan dan mobilitas yang Anda lakukan akan memperlancar aliran darah di seluruh tubuh, serta menguatkan otot dan sendi.

    Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal medis “American Journal of Preventive Medicine” tahun ini, disebutkan bahwa rutin jalan kaki dapat menjaga kesehatan sendi.

    Penelitian ini dilakukan pada 1.564 partisipan berusia lebih dari 49 tahun dengan masalah nyeri sendi. Para partisipan diminta untuk berjalan kaki selama 1 jam setiap minggunya.

    Hasilnya, partisipan yang rutin berjalan kaki selama 1 jam setiap minggu melaporkan nyeri sendi berkurang dan mobilitas pun menjadi lebih cepat.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya (2)

  1. Mengurangi stres

Bohong kalau Anda tak pernah stres. Ada saja hal-hal yang dapat memicu stres setiap hari, yang bila berlangsung terus-terusan dapat memengaruhi kondisi fisik dan psikis. Nah, stres bisa diturunkan sesederhana ambil napas sejenak dan berjalan kaki.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, jalan kaki selama 10 menit mungkin sama efektifnya dengan olahraga 45 menit dalam hal menurunkan ansietas dan depresi. Bergerak dapat menurunkan kadar kortisol, si hormon stres, dan membantu meredakan berbagai kekhawatiran di pikiran.

  1. Bye bye bad mood!

Selain dapat mengurangi stres, olahraga, termasuk jalan kaki, secara positif memengaruhi bagian otak bertanggung jawab dalam mengatur suasana hati.

Sebuah ulasan literatur dalam jurnal kesehatan “Mental Health and Physical Activity” tahun 2012 menemukan bahwa jalan kaki bisa membantu mengurangi gejala depresi.

Pada studi yang dilakukan oleh Universitas Duke, Amerika Serikat (AS), dalam jurnal “Psychosomatic Medicine” tahun 2007 menunjukkan bahwa olahraga sama efektifnya dengan antidepresan dalam mengurangi depresi dan risikonya untuk kambuh pun berkurang.

“Untuk hasil terbaik, cobalah berjalan kaki selama 20-30 menit, setidaknya lima kali seminggu,” saran dr. Iqbal.

  1. Meningkatkan energi

Kembali dikatakan oleh dr. Iqbal, memulai hari dengan berjalan kaki bisa menyediakan lebih banyak energi untuk menjalankan aktivitas harian.

Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang jalan kaki selama 20 menit di luar ruangan memiliki lebih banyak energi daripada mereka yang jalan kaki di dalam ruangan.

Katanya lagi, ada studi kecil yang menemukan bahwa 10 menit berjalan di tangga lebih memberi energi daripada secangkir kopi untuk wanita yang kurang tidur.

  1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang tertulis dalam jurnal “The Journal of Neuroscience” tahun 2014, Anda dapat melindungi penglihatan seiring bertambahnya usia dengan jalan kaki setiap hari.

Tim peneliti menemukan bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas aerobik secara teratur, termasuk jalan kaki, memiliki bola mata yang lebih sehat. Selain itu juga lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah seperti degenerasi makula dan kehilangan penglihatan terkait usia.

3 dari 4 halaman

Butuh jalan kaki berapa langkah?

Tak perlu sampai 10.000 langkah, kok! Sesuai dengan poin nomor lima, target langkah kaki yang dianjurkan adalah 7.500 langkah.

Kalau bisa lebih dari itu akan lebih bagus bila memang mampu. Kalau kurang dari itu, jangan berkecil hati, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat sehat dari jalan kaki setiap hari, kok.

Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang paling sederhana. Jadi, sebisa mungkin mulai dan perbanyak jalan kaki setiap hari, serta lakukan secara konsisten agar jadi kebiasaan. Misalnya, jalan kaki dari indekos ke kantor, memarkir kendaraan agak jauh, turun satu halte sebelum atau sesudah lokasi halte kantor, naik turun tangga, atau jalan-jalan di mal sambil cuci mata.

Jangan sampai lupa, pastikan sepatu yang Anda kenakan nyaman dan mendukung aktivitas jalan kaki. Selamat menikmati manfaat jalan kaki, ya!

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar