Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Seperti Film Frozen, Ini Manfaat Hubungan Dekat dengan Saudara Kandung

Seperti Film Frozen, Ini Manfaat Hubungan Dekat dengan Saudara Kandung

Punya hubungan saudara sedekat Elsa dan Anna dalam Frozen 2 memang manis. Bahkan, punya hubungan dekat dengan saudara kandung punya manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Demam nonton film Frozen 2 memang membludak akhir-akhir ini. Tidak hanya anak kecil, tapi juga remaja dan orang dewasa. Frozen sendiri merupakan salah satu film animasi Disney yang mengajarkan Anda bahwa cinta sejati tidak hanya didapatkan dari pasangan, tapi juga dari saudara kandung. Karenanya, adapun manfaat hubungan dekat dengan saudara kandung seperti Elsa dan Anna. 

Dijelaskan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, ada lima manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki hubungan yang baik dan harmonis dengan saudara kandung, seperti: 

Memiliki Support System

Selain dukungan dari orang tua, memiliki dukungan dari kakak dan adik memang menjadi hal yang penting ketika ingin melakukan sesuatu. Menurut dr. Sepriani, ketika seseorang memiliki support system dari saudara kandungan, maka orang tersebut akan lebih percaya diri dan berani dalam melakukan suatu hal. Misalnya, ketika sang adik ingin tampil dalam acara pentas seni di sekolah, sang kakak hadir dan ikut mendukung. Sudah pasti membuat sang adik jadi lebih percaya diri dan berani untuk menari di depan banyak orang. 

Selain itu, adanya support system dari saudara juga bisa mencegah diri Anda dari korban bully

“Jika sang adik dekat dengan kakaknya, maka secara tidak langsung teman-teman sekolahnya akan merasa segan dan takut untuk mengganggu si adik. Hal ini dikarenakan sang adik juga punya ‘tameng’ yang melindungi dirinya, yakni si kakak. Jadi saling melindungi satu sama lain,” ujar dr. Sepriani pada KlikDokter.

Mencegah Depresi

Setiap orang pasti memiliki masalah, dan setiap orang belum tentu ingin bercerita dengan orang lain termasuk orang tua. Tapi jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan saudara, maka kemungkinan Anda bercerita dengan saudara sendiri akan lebih besar ketimbang bercerita dengan orang tua. 

“Depresi bisa muncul karena Anda menyimpan semua masalah sendiri. Jika hal ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin rasa depresi ini bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Tapi jika Anda dekat dengan saudara, maka Anda bisa meminta bantuan dan menceritakan masalah yang Anda hadapi pada mereka. Selain menenangkan, saudara Anda juga mungkin bisa membantu persoalan yang sedang dihadapi,” jelas dr. Sepriani. 

Tidak Merasa Kesepian 

“Meski nantinya Anda dan saudara akan punya keluarga masing-masing, tapi hal ini tidak akan membuat Anda jadi merasa kehilangan satu sama lain. Karena Anda dan saudara tahu bahwa di dalam hati paling terdalam, kalian merupakan satu keluarga yang tidak akan pernah bisa dipisahkan,” tambah dr. Sepriani. 

Punya Teman Bermain

Teman bisa pergi dan datang kapan saja. Tapi saudara? Mereka tidak akan pernah meninggalkan Anda sendiri. Di saat tidak ada yang ingin bermain dengan Anda, saudara bisa menemani. Jadi jangan merasa sedih atau terpuruk jika saat itu Anda sulit mendapatkan teman, karena teman sejati bisa Anda temukan dari dalam diri saudara Anda. 

Pemberi Saran yang Baik

Tidak ada orang yang ingin saudara kandungnya terjerumus dalam pergaulan yang salah. Selain menjadi pelindung dan menjadi teman, saudara kandung juga bisa menjadi pemberi saran yang baik ketika Anda terjerumus dalam suatu masalah. Karenanya, Anda tidak akan tersesat dan terperangkap dalam masalah, melainkan bangkit dari masalah berkat dari saudara kandung. 

Nah, melihat begitu besar manfaat hubungan dekat dengan saudara kandung, yakin masih ingin sering bertengkar dan bersikap tak acuh dengan saudara kandung Anda? 

[RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar