Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Agar Sakit Berkurang, Ini Obat Ambeien Alami yang Direkomendasikan

Agar Sakit Berkurang, Ini Obat Ambeien Alami yang Direkomendasikan

Ambeien atau wasir dapat mengganggu aktivitas Anda. Jangan dibiarkan berlama-lama. Berikut beberapa obat ambeien alami untuk Anda.

Saat ambeien atau wasir kambuh, rasa tidak nyaman bisa mengganggu sepanjang hari. Obat-obatan dari toko obat pun kerap dipilih untuk mengatasi masalah ini. Tapi jangan buru-buru! Ada juga lho, obat ambeien alami yang bisa Anda terapkan dulu.

Ambeien, Apa Itu?

Ambeien atau dalam medis disebut hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau dubur. Gejala umum dapat meliputi rasa sakit, gatal, hingga pendarahan pada area bokong. Kondisi ini dapat terjadi di bagian dalam atau luar anus dan rektum Anda.

Hemoroid dapat digolongkan menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Pada hemoroid internal, wasir yang terbentuk berlokasi cukup dalam sehingga penderita tidak mampu melihat atau merasakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi.

Sementara hemoroid eksternal terbentuk dari pembuluh darah yang berlokasi lebih luar dari ambeien internal. Saat mengeluarkan tinja, ambeien sering keluar sehingga mudah dilihat dan dirasakan penderitanya.

Artikel lainnya: 5 Gejala Ambeien yang Perlu Anda Ketahui

Jenis ini biasanya menyebabkan penderita sangat tidak nyaman akibat mudahnya pembuluh darah teriritasi dan menimbulkan rasa nyeri.

Beberapa penyebab wasir sendiri dapat berkembang dari peningkatan tekanan di rektum.

Misalnya, akibat terlalu banyak mengejan saat buang air besar, duduk terlalu lama, diare kronis atau sembelit, kehamilan, hubungan seks anal, dan kurang asupan serat. Baca selengkapnya di sini.

Walaupun keluhan biasanya hilang dalam beberapa minggu tanpa pengobatan, penderita akan mengalami ketidaknyamanan ringan hingga nyeri yang cukup berat.

Artikel lainnya: Agar Sakit Berkurang, Ini Obat Ambeien Alami yang Direkomendasikan

1 dari 2 halaman

Cara Alami Atasi Ambeien

Saat mengalami sakit, biasanya Anda akan memilih obat yang dijual di toko obat. Padahal, ada sederet cara mengobati ambeien secara alami. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Kompres Es Batu 

Untuk meredakan nyeri dan pembengkakan di anus, Anda bisa mengaplikasikan kompres dingin atau kompres es batu. Bungkus beberapa es batu dalam kain bersih. Letakkan kompres es tersebut di anus selama kurang lebih 15 menit. 

  1. Berendam Air Hangat

Jika gejala wasir yang muncul adalah rasa gatal yang disertai sedikit nyeri pada anus, Anda dapat meredakannya dengan cara berendam dalam air hangat. Kegiatan tersebut dilakukan selama 20 menit sebanyak 3-4 kali sehari.

Setelah itu, jangan lupa keringkan anus menggunakan handuk bersih dengan lembut dan benar-benar kering. 

Artikel lainnya: Bisakah Wanita dengan Ambeien Melahirkan Secara Normal? 

  1. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya dipercaya dapat mengurangi peradangan pada ambeien dan meringankan rasa perih atau gatal pada anus. Proses penyembuhan luka pun bisa lebih cepat dengan gel lidah buaya.

Gel lidah buaya merupakan obat alami yang aman bagi ibu hamil. Jadi, Anda yang mengalami wasir saat hamil bisa mengoleskannya 2-3 kali hingga gejala membaik. 

  1. Salep atau Krim yang Mengandung Witch Hazel

Salep atau krim yang mengandung tanaman witch hazel dipercaya mampu mengurangi rasa gatal, perih, dan nyeri akibat ambeien. Witch hazel mengandung tanin dan minyak alami yang bisa membantu mengurangi peradangan, iritasi, dan pembengkakan.

  1. Gunakan Tisu yang Menenangkan

Menggunakan kertas tisu toilet yang teksturnya kasar setelah buang air besar, dapat memperburuk wasir. Tisu lembut dan mengandung bahan anti-wasir yang menenangkan, seperti witch hazel atau lidah buaya, dapat membantu menjaga Anda tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Pastikan juga bahwa tisu yang Anda pilih tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan iritan lainnya.

Artikel lainnya: Anda Penderita Ambeien? Hindari 5 Makanan Ini!

  1. Essential Oil

Minyak kelapa, minyak vitamin E, dan minyak yang mengandung kamomil diklaim dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ambeien. Minyak alami ini juga mampu melembapkan sehingga gejala gatal dan perih dapat berkurang. 

  1. Makanan Berserat 

Konsumsi banyak makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, akan membantu menurunkan risiko pendarahan, inflamasi, dan pembengkakan lebih lanjut.

Buah-buahan atau makanan lain yang berserat memiliki sifat pencahar, misalnya pepaya, pir, dan alpukat. Makanan yang mencegah sembelit memang sangat dibutuhkan oleh penderita ambeien agar penderita tak perlu mengejan terlalu kuat.

Selain itu, jauhi makanan pedas yang semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir.

Artikel lainnya: Benarkah Lansia Mudah Kena Ambeien?

  1. Olahraga ringan 

Olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 20-30 menit per hari mampu menstimulasi fungsi pencernaan. Bila Anda teratur melakukannya, manfaat lain berupa turunnya berat badan pun akan didapatkan. Sebab, obesitas termasuk faktor pencetus ambeien.

  1. Jangan Duduk Terlalu Lama

Menurut beberapa sumber tepercaya, duduk terlalu lama dapat memicu wasir. Jadi, bila kondisinya memungkinkan, hindari duduk berjam-jam bila Anda tak ingin gejala wasir semakin parah.

Duduk terlalu lama tanpa jeda berdiri, hanya akan membuat darah menumpuk di pembuluh darah vena anus dan rektum. Keluhan ambeien seperti benjolan pada anus akan membuat Anda makin tak nyaman.

Pastikan tiap 30 menit atau 1 jam sekali Anda berdiri sejenak untuk mencegah aliran darah terhambat. 

Artikel lainnya: Awas, Duduk Berjam-jam Saat Mudik Picu Ambeien

  1. Gunakan Pakaian Longgar

Pakaian katun yang cukup longgar dan menghindari pakaian ketat dapat membantu menjaga area anal tetap bersih dan kering. Hal ini dapat mengurangi gejala wasir.

Kemudian, hindari penggunaan deterjen dengan pewangi atau pelembut kain untuk mengurangi iritasi.

Wasir biasanya mudah diobati dan hilang dengan sendirinya sendiri. Dalam kasus yang cukup berat tapi jarang ditemukan, dapat menyebabkan beberapa komplikasi.  Seperti anemia dan rasa sakit yang hebat akibat terdesaknya benjolan pada anus.

Jika obat ambeien alami di atas belum efektif setelah lebih dari dua minggu, periksakan diri dengan dokter Anda. Intip info lainnya seputar wasir melalui aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar