Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Tanda Kanker Paru Dapat Diketahui dari Tes Jari?

Benarkah Tanda Kanker Paru Dapat Diketahui dari Tes Jari?

Katanya, tes yang dilakukan di jari tangan dapat menentukan adanya tanda kanker paru. Apakah itu didukung fakta medis?

Klikdokter.com, Jakarta Menurut data dari World Cancer Research Fund International, kanker paru adalah jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria di seluruh dunia, berkontribusi sebanyak 15,5 persen dari total kasus baru yang terdiagnosis tahun 2018. Nah, sebagai langkah deteksi dini, ada sebuah tes jari untuk mengetahui tanda kanker paru.

Kanker paru banyak diderita masyarakat Indonesia sekaligus jenis kanker yang paling utama di dunia. Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker paru adalah jenis kanker terbanyak yang diderita pria dan terbanyak nomor lima pada wanita dari semua jenis kanker di Indonesia.

Tingkat kematian akibat kanker paru juga tergolong tinggi, yang paling banyak disebabkan keterlambatan diagnosis. Tak sedikit penderita yang ketika terdiagnosis, kanker paru sudah dalam stadium lanjut.

Tanda-tanda Kanker Paru yang perlu diperhatikan

Untuk mencegah keterlambatan diagnosis dan menekan angka kematian akibat kanker paru, Anda sangat dianjurkan untuk memperhatikan tanda-tandanya.

Gejala awal yang timbul biasanya batuk yang menetap sampai berbulan-bulan lamanya, batuk darah, sering sesak napas, cepat lelah, dan penurunan berat badan secara drastis.

Tes Jari untuk Mengetahui Tanda Kanker Paru

Selain dengan mewaspadai gejala-gejala di atas, sebetulnya ada sebuah tes sederhana dengan jari yang dapat mengidentifikasi tanda awal dari kanker paru. Tes jari ini dinamakan Schamroth window test.

Melalui tes tersebut, Anda dapat menilai ada atau tidaknya tanda-tanda dari suatu penyakit mematikan, yang salah satunya adalah kanker paru. Tes ini juga dapat mengetahui kondisi clubbing finger atau jari tabuh.

Jari tabuh adalah perubahan spesifik yang terjadi pada bentuk jari dan kuku. Orang-orang yang memiliki masalah pada paru dan jantung dapat menemukan perubahan ini pada jari dan kukunya. 

Menurut Cancer Research, tanda jari tabuh ditemukan pada lebih dari 3 dari 10 (atau sekitar 35 persen) pada penderita kanker paru dengan tipe non sel kecil (NSCLC), dan 4 dari 100 (atau sekitar 4 persen) pada penderita kanker paru tipe sel kecil (SCLC).

Penyebab dari jari tabuh adalah penumpukan cairan pada jaringan lunak yang berada di ujung jari. Kondisi ini juga dihubungkan dengan hipoksia kronis atau kekurangan oksigen dalam jangka waktu lama. 

Pembuluh darah pada jari merupakan pembuluh darah perifer atau tepi. Dengan adanya keadaan kekurangan oksigen, pembuluh darah di jari akan mengalami pelebaran, sehingga akan ada lebih banyak darah yang mengalir. Jika pelebaran pembuluh darah ini bersifat permanen, maka akan menyebabkan jari tabuh.

1 dari 2 halaman

Bagaimana Melakukan Tes Jari Ini?

Anda bisa dengan mudah melakukan pemeriksaan ini di rumah. Caranya mudah, yaitu gabungkan kuku telunjuk kanan dan kiri, lalu lihat apakah ada celah di kuku bagian atas yang menempel atau tidak. Konsep dari tes ini adalah untuk melihat celah seperti berlian di atas kuku yang digabungkan.

Bila ada celah yang berbentuk seperti berlian, tandanya kuku Anda normal. Bila tak ada celah atau ujung kuku tak bertemu, maka kemungkinan Anda memiliki tanda jari tabuh.

Punya Jari Tabuh, sudah Pasti Kena Kanker Paru?

Memang benar jika jari tabuh dapat menjadi tanda dari kanker paru. Namun, itu bukan berarti pemilik jari tabuh pasti memiliki kanker paru.

Selain kanker paru, jari tabuh juga bisa menjadi tanda penyakit lain, misalnya penyakit jantung, gangguan saluran cerna, dan gangguan kelenjar tiroid.

Tes jari Schamroth window test memang dapat membantu menemukan tanda kanker paru. Jika hasilnya tak ada celah di kuku telunjuk bagian atas yang ditempelkan, jangan langsung panik. Periksakan diri ke dokter untuk memastikannya. Karena, ada atau tidak adanya celah bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti masalah kuku. Namun jika hasil tes tak ada celah dan Anda memiliki gejala kanker paru, baiknya jangan tunda lagi janji temu dengan dokter.

(RN/RPA)Add Page Break

0 Komentar

Belum ada komentar