Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Waspada, Ini Bahaya Tidak Menghapus Make Up Menjelang Tidur

Waspada, Ini Bahaya Tidak Menghapus Make Up Menjelang Tidur

Sering lupa membersihkan make up mata? Waspada, jangan dilakukan berkelanjutan. Ini bahaya tidak menghapus make up mata pada kesehatan indra penglihatan Anda.

Tidak dapat dimungkiri bahwa penggunaan makeup di sekitar area mata bisa menunjang penampilan fisik seorang wanita. Meski demikian, hal tersebut juga bisa membawa petaka, lho. Petaka ini terjadi jika Anda tidak membersihkan make up mata dengan saksama.

Seperti diketahui, mata adalah salah satu organ tubuh yang terbilang sangat sensitif. Organ ini bisa dengan mudahnya mengalami gangguan apabila terdapat paparan debu.

Tidak hanya itu, kesehatan mata pun bisa terancam akibat residu make up yang tidak Anda bersihkan dengan teliti. Sebagai akibatnya, berikut ini adalah beberapa bahaya tidak menghapus make up di sekitar area mata yang bisa saja Anda alami:

1 dari 4 halaman

1. Iritasi

Banyak produk make up yang mengandung bahan kimia, dari yang ringan hingga berat. Kandungan-kandungan itulah yang nantinya akan terserap ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi di bagian mata jika Anda tidak membersihkannya dengan teliti.

Artikel lainnya: Agar Wajah Tak Cepat Menua seperti di FaceApp, Ini 6 Solusinya

Iritasi yang muncul biasanya berupa ruam merah dan terasa gatal. Kondisi ini juga disertai kulit kering dan timbul bintik-bintik kecil, terlebih pada bagian kelopak mata (blefaritis).

Jika kondisi tersebut terjadi berkelanjutan, bisa-bisa keluhan akan semakin buruk. Kondisi pun bisa semakin parah apabila wajah Anda ikut terkena paparan matahari, debu, atau polusi.

2. Infeksi

Jika Anda menggunakan eye shadow atau maskara dan tidak membersihkannya dengan tepat, ada kemungkinan area sekitar mata akan terkena iritasi. Kuman bisa dengan mudah menyusup masuk dan menyebabkan infeksi di bagian mata Anda.

Infeksi dapat terjadi di bagian konjungtiva mata, yang merupakan lapisan terluar dari bagian putih. Keluhan tersebut disebut sebagai konjungtivitis.

Artikel lainnya: Mudah Banget, Ini 8 Cara Jaga Kesehatan Kulit!

Pada beberapa kasus, infeksi yang terjadi juga bisa melibatkan bagian kornea mata sehingga menimbulkan keratokonjungtivitis atau keratitis.

Infeksi yang terjadi di mata bisa mencetuskan gejala mata lebih sering berair, berubah kemerahan, dan perih saat Anda melek atau berkedip. Bahkan, mata Anda juga bisa sulit untuk dibuka karena terasa lengket.

2 dari 4 halaman

3. Bintitan

Akibat lelah beraktivitas seharian, tubuh akan teras lebih lelah sehingga Anda lebih gampang tidur. Hal ini bisa membuat Anda lupa untuk membersihkan makeup mata. Alhasil, risiko terjadinya bintitan dan bengkak di mata bisa meningkat.

Faktanya, tidur dengan make up yang masih menempel akan membuat pori-pori wajah dan kelopak mata tersumbat oleh bahan kimia, debu, serta bakteri. Sumbatan pada kelenjar di kelopak mata turut meningkatkan risiko bintitan.

Artikel lainnya: Ingin Kulit Wajah Cantik dan Sehat? Ikuti Rutinitas Ini

4. Jerawat

Seperti telah disinggung sebelumnya, make up yang tidak dibersihkan akan membuat pori-pori kulit wajah tersumbat. Kondisi ini adalah awal mula terjadinya jerawat.

Memang, jerawat bukanlah suatu keluhan yang perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, masalah kulit yang satu ini bisa sangat mengganggu aktivitas bahkan menurunkan rasa percaya diri Anda.

3 dari 4 halaman

5. Muncul Lingkaran Hitam

Ternyata, mata panda atau munculnya lingkaran hitam di bawah mata tidak melulu disebabkan kurang tidur. Masalah ini juga bisa terjadi sebagai efek tidak membersihkan maskara.

Make up yang sudah menempel di bagian mata akan bertumpuk di dalam kulit jika tidak dibersihkan. Bila hal ini terus terjadi, bisa-bisa pigmen kulit di sekitar mata akan mengalami perubahan sehingga mengalami kekusaman (tampak hitam).

Artikel lainnya: Perawatan Kulit Sejak Remaja, Gak Kecepetan?

6. Penuaan Dini

Make up yang masih melekat di kala Anda tidur membuat kulit tidak bisa ‘bernapas’ dengan optimal. Hal ini bisa mengganggu keoptimalan proses regenerasi sel kulit, lho!

Akibat regenerasi yang terganggu, kulit Anda akan cepat mengalami kerusakan. Keluhan yang akan muncul adalah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan muncul garis-garis halus.

Itu dia beberapa bahaya tidak menghapus make up setelah beraktivitas atau menjelang tidur. Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan?

Jika memang demikian, Anda wajib selalu membersihkan make up yang menempel di area wajah dan sekitar mata. Jika memang dirasa benar-benar perlu, Anda bisa menerapkan teknik double cleansing.

Caranya, bersihkan wajah dengan cleansing oil, cleansing water, atau make-up remover jenis lainnya. Lalu, bilas wajah Anda dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menepuk-nepuk handuk secara perlahan, ya!

Jaga kesehatan mata dan kulit wajah Anda dengan selalu membersihkan make up sebelum tidur dengan cara yang tepat dan teliti. Pastikan pula Anda menggunakan produk perawatan kulit yang paling sesuai, agar mata dan wajah Anda senantiasa sehat.

Punya pertanyaan seputar kesehatan kulit? Atau, Anda ingin tahu lebih banyak mengenai bahaya tidak menghapus make up? Jangan sungkan untuk ngobrol langsung dengan tim dokter melalui Live Chat 24 jam secara gratis di aplikasi KlikDokter.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar