Kesehatan Anak

Ragam Kegiatan Seru untuk Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil

Tim Redaksi KlikDokter, 26 Nov 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ini ragam kegiatan seru yang bisa Bunda jadikan media untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Ragam Kegiatan Seru untuk Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil

Salah satu faktor yang berperan dalam menunjang keoptimalan tumbuh kembang Si Kecil adalah stimulasi. Sayangnya, dalam dua dekade terakhir, telah terjadi pergeseran pola hidup Si Kecil.

Fakta yang ada menyebut bahwa Si Kecil yang hidup di era sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar televisi, komputer, tablet, dan telepon genggam. Hal ini membuat Si Kecil jarang menghabiskan waktu dengan aktivitas fisik di luar rumah.

Padahal, aktivitas fisik bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Penelitian membuktikan bahwa aktivitas fisik dan bermain di luar rumah memiliki hubungan positif terhadap tumbuh kembang Si Kecil, khususnya dalam aspek motorik dan kognitif.

Dikatakan bahwa aktivitas fisik dan bermain di luar rumah dengan cara yang tepat dapat menstimulasi otak Si Kecil untuk berpikir. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan kognitif Si Kecil.

Di samping itu, aktivitas fisik juga melatih interaksi Si Kecil dengan temannya dalam bentuk kerja sama tim. Hal ini turut mengasah dan meningkatkan kemampuan sosial Si Kecil.

Penerapan sikap disiplin, sportivitas, kesabaran, dan kontrol emosi juga dilatih saat melakukan aktivitas fisik. Dari aspek pertumbuhan, aktivitas fisik dan bermain di luar rumah tentu dapat mencegah Si Kecil mengalami obesitas alias kelebihan berat badan.

Tak berhenti di situ, aktivitas fisik juga turut meningkatkan kepadatan dan mendukung pertumbuhan tulang Si Kecil. Sebab, dengan bermain di luar ruangan, Si Kecil akan terpapar sinar matahari yang akan mengaktifkan vitamin D dalam tubuhnya.

Pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan

Ada bayak sekali aktivitas fisik dan permainan seru yang dapat dilakukan untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil. Bunda bisa menyesuaikan pilihan dengan minat Si Kecil serta fasilitas yang tersedia.

Jika merasa Si Kecil gemar berolahraga, Bunda bisa memilih aktivitas fisik seperti sepak bola, basket, bersepeda, atau renang. Apabila Si Kecil lebih menyukai sesuatu yang membuatnya tertantang, permainan seperti paintball atau outbound boleh Bunda jadikan pilihan.

Apabila keadaan tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas fisik atau bermain di luar ruangan, Bunda bisa mengajaknya bermain di dalam ruangan. Permainan seperti sudoku, monopoli, catur, atau scrabble (susun kata) bisa dijadikan pilihan.

Apapun yang dipilih, hal yang perlu Bunda pastikan adalah menyesuaikan aktivitas yang dipilih dengan kemampuan dan minat Si Kecil. Hindari memaksa Si Kecil untuk menyukai hal-hal yang berada di luar minatnya.

Hal lain yang juga perlu Bunda pastikan adalah kecukupan nutrisi Si Kecil. Seperti yang Bunda tahu, tumbuh kembang optimal hanya bisa diraih apabila Si Kecil mendapat stimulasi dan pasokan nutrisi yang memadai.

Nah, dalam hal nutrisi, Bunda perlu memberikan asupan yang mengandung makronutrien dan mikronutrien. Tak perlu repot, Bunda bisa menemukan semua kebutuhan tersebut di dalam Morinaga Chil*Go! yang praktis untuk diminum Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah.

Morinaga Chil*Go! mengandung serat pangan inulin 1700 miligram, kolin, inositol, vitamin A, C, E, B kompleks, zat besi, yodium, zinc dan kalsium. Semua nutrisi tersebut berperan penting untuk kecerdasan multitalenta Si Kecil, pertahanan tubuh ganda dan menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil.

Hadir dengan varian rasa cokelat, vanila, stroberi, pisang dan melon madu, susu cair Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi pasti disukai oleh Si Kecil. Jadi, kebutuhan nutrisi harian Si Kecil akan terus terpenuhi sehingga tumbuh kembangnya senantiasa optimal dan sesuai dengan tahapan usianya.

Kombinasi antara stimulasi yang tepat dengan pemberian Morinaga Chil*Go! secara rutin dan teratur sepenuhnya mampu menunjang tumbuh kembang Si Kecil agar terus optimal. Dengan ini, Si Kecil akan tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta!

(NB/ RH)

AdvertorialNutrisipola asuhAnakTumbuh kembangStimulasi

Konsultasi Dokter Terkait