Sukses

Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan yang Harus Anda Coba

Anda senang minum teh? Jika ya, mari ketahui manfaat teh herbal untuk kesehatan Anda di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang yang mudah didapat. Tak hanya nikmat di lidah, teh dipercaya juga memiliki banyak kebaikan bagi tubuh. Bagaimana dengan teh herbal? Ternyata ada manfaat teh herbal yang juga bisa Anda nikmati.

Minuman teh diperoleh dengan menyeduh tanaman teh (Camellia sinensis) yang merupakan tanaman asli dari negara Cina. Dikenal sejak zaman dinasti Shang, teh awalnya digunakan sebagai minuman obat.

Kisah seputar teh herbal

Sebelum mengetahui manfaatnya lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui fakta menarik seputar teh. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, teh lebih populer sebagai minuman rekreasional yang kemudian dibawa oleh orang Portugis ke Eropa.

Selain teh, sebenarnya daun dan bunga dari tanaman lain juga bisa direbus dan diminum. Minuman tersebut dikenal dengan teh herbal atau tisane, yakni minuman rebusan yang diperoleh dari tanaman lain selain teh.

Teh herbal bisa diperoleh dari buah, daun, bunga, atau akar –seperti kamomil, rosehip, rooibos, hibiscus, peppermint, jahe, dan lain-lain. Teh herbal pertama kali tercatat digunakan oleh dokter dari Yunani Kuno yang bernama Dioscorides pada abad pertama.

Namun jauh sebelum itu, para pakar menemukan daun peppermint di piramid Mesir, yang disinyalir sudah digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan sejak 1000 tahun Sebelum Masehi.

Manfaat teh herbal

Sama seperti teh pada umumnya, teh herbal juga dapat disajikan panas atau dingin. Berbeda dengan teh yang mengandung kafein –namun lebih rendah kadarnya dari kopi, teh herbal tidak mengandung kafein sehingga lebih aman untuk Anda yang sensitif terhadap kafein.

Selain wanginya yang harum dan rasanya yang bervariasi, teh herbal juga diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Apa saja manfaat tersebut?

  • Menenangkan

Teh herbal yang terbuat dari bunga kamomil dan lavendel diketahui memiliki kemampuan untuk menenangkan pikiran, sehingga dapat membantu mereka yang memiliki kesulitan untuk tidur atau insomnia.

Penelitian terhadap 80 wanita yang mengalami insomnia menemukan bahwa konsumsi teh kamomil selama dua minggu berturut-turut berhasil mengurangi gejala insomnia dan depresi.

Selain berfungsi sebagai penangkal insomnia, kamomil juga ternyata memiliki kemampuan sebagai antibakteri dan anti-peradangan.

Bahkan, ada pula penelitian yang menemukan bahwa kamomil juga dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi serta memperbaiki kontrol gula darah pada penyandang diabetes melitus.

  • Daya Tahan

Penelitian menemukan bahwa tanaman echinacea memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk melawan berbagai virus yang kerap menyerang. Misalnya virus penyebab common cold (flu dan batuk).

Kini bahkan ekstrak echinacea telah dikemas oleh berbagai pabrik farmasi dan dijual dalam bentuk kapsul sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Antioksidan

Bunga hibiscus dan rosehip diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel, jaringan, dan menyebabkan penyakit.

  • Pencernaan

Daun peppermint telah dikenal sejak ribuan tahun lampau dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, yaitu untuk meredakan gejala kembung, mual, muntah, dan nyeri perut.

Selain itu, penelitian dewasa ini juga menemukan bahwa peppermint juga bermanfaat sebagai antioksidan, anti-kanker, anti-bakteri, dan anti-virus.

Selain peppermint, jahe juga telah terbukti memiliki khasiat untuk meredakan mual muntah dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu, tak heran jika para dokter kebidanan dan kandungan merekomendasikan ibu hamil yang mengalami mual muntah selama hamil muda untuk mengonsumsi jahe.

Selain itu, jahe juga memiliki kandungan antioksidan, anti-radang, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe juga diketahui dapat meredakan nyeri perut akibat menstruasi.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat teh herbal bagi kesehatan. Bagaimana, Anda tertarik mencobanya? Selamat, nge-teh!

[RPA/ RH]

3 Komentar