Sukses

4 Fakta Menarik untuk Anda yang Malas Mandi

Malas mandi karena alasan tertentu? Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan banyak kerugian pada kondisi fisik maupun mental, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Mandi adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan, yang sepatutnya dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari. Sayangnya, tidak sedikit orang yang malas mandi karena alasan tertentu. Apakah Anda salah satunya?

Faktanya, medis menganjurkan bahwa mandi sangat baik dilakukan setidaknya sebanyak dua kali dalam satu hari. Jika tidak mematuhi anjuran tersebut atau Anda benar-benar malas mandi sehingga tidak terpapar air sama sekali dalam satu hari, ini bahaya yang bisa terjadi setelahnya:

  1. Invasi kuman

Secara alami, tubuh manusia dihuni oleh banyak jenis kuman. Beberapa di antara kuman-kuman tersebut adalah bakteri baik yang bertugas mendukung berbagai fungsi tubuh. Bakteri baik ini juga membantu membasmi kuman-kuman jahat agar tidak berkembang biak dan menyebabkan penyakit.

Akan tetapi, fungsi tersebut hanya akan berjalan jika tubuh berada pada kondisi bersih dan sehat. Dengan kata lain, jumlah bakteri baik bisa kalah dengan bakteri jahat apabila Anda malas mandi. Hal ini bisa bikin Anda terserang penyakit infeksi, seperti flu dan radang tenggorokan.

  1. Bau badan

Mandi identik dengan segar dan bersih. Oleh karena itu, apabila Anda malas mandi, tubuh akan kotor dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Kondisi ini diakibatkan oleh keringat yang menumpuk, mengering di tubuh dan bercampur dengan kotoran maupun kuman.

Kuman yang berkembang biak dengan mengonsumsi protein dan asam lemak juga akan memproduksi gas. Hal ini akan membuat tubuh Anda mengeluarkan aroma tidak sedap yang benar-benar mengganggu indra penciuman.

  1. Gangguan kulit

Kulit manusia membuang ribuan sel kulit mati setiap harinya, dan mandi membantu membersihkan sisa-sisa proses tersebut. Jika malas mandi dalam jangka waktu yang lama, sel kulit mati akan terus menumpuk dan menempel di kulit Anda.

Gangguan kulit yang bisa Anda alami akibat malas mandi dimulai dari kekusaman, muncul bintik-bintik kecil kemerahan, terasa sangat gatal hingga bisa menimbulkan peradangan.

  1. Masalah kesehatan mental

Tahukah Anda bahwa mandi tak hanya memiliki dampak positif bagi kesehatan fisik? Ya, mandi juga bisa memengaruhi kondisi mental Anda!

Mandi dapat menimbulkan sensasi relaks dan segar setelah beraktivitas panjang seharian. Kondisi relaks yang Anda rasakan setelah mandi akan membuat istirahat menjadi lebih berkualitas, karena otot-otot yang sempat digunakan seharian bisa melepaskan ketegangan selama mandi.

Penelitian mengatakan bahwa, mandi dengan suhu tertentu juga dapat memberikan efek berbeda-beda bagi tubuh sesuai kebutuhannya. Misal, mandi air dingin di tengah hari yang panas akan membantu tubuh meregulasi suhu. Sementara itu, mandi air hangat dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain yang seringkali terjadi akibat konstriksi pembuluh darah.

Sejatinya, setiap orang dianjurkan untuk mandi setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun dan air bersih. Berangkat dari alasan itu, Anda sebaiknya segera meninggalkan kebiasaan malas mandi mulai saat ini. Jangan lupa kombinasikan aktivitas mandi dua kali sehari menggunakan sabun dengan penerapan gaya hidup sehat, agar kondisi fisik dan mental Anda selalu terjaga dengan optimal.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar