Sukses

Terkena Gangguan Prostat, Bagaimana Mengatasinya?

Gangguan prostat bisa menimbulkan keluhan yang mengganggu aktivitas Anda. Oleh sebab itu, simak cara mengobatinya lewat artikel ini.

Terdapat beberapa jenis gangguan prostat yang biasa terjadi, yaitu prostatitis atau peradangan pada prostat, kanker prostat, dan benign prostatic hyperplasia (BPH). Di antara ketiganya, BPH adalahnya gangguan prostat yang paling sering terjadi.

BPH merupakan pembesaran kelenjar prostat yang dipengaruhi oleh hormon dan usia, sehingga sering dianggap sebagai sesuatu yang normal dan merupakan bagian dari proses penuaan pada laki-laki.

Gejala yang dialami penderita BPH biasanya berkaitan dengan buang air kecil. Pada saat terjadi BPH, maka aliran urine akan terhambat yang membuatnya menjadi lemah karena aliran tidak lancar.

Tidak lancarnya urine akan membuat urine menumpuk dan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan nyeri. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi prostat bermasalah agar gangguan tersebut tidak mengganggu aktivitas Anda.

Lalu, penanganan seperti apa yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan gangguan prostat? Berikut ini adalah cara mengatasi gangguan prostat. 

1. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Zinc

Untuk mengobati penyakit prostat, cara yang bisa diupayakan adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung zinc. Zinc merupakan mineral yang penting bagi kesehatan prostat.

Pada sebuah studi, pria dengan BPH atau kanker prostat memiliki kadar zinc yang lebih rendah. Terkadang hingga 75 persen lebih rendah daripada mereka yang memiliki prostat sehat.

Zinc yang berasal dari makanan lebih mudah diserap daripada suplemen zinc. Oleh sebab itu, bantu tubuh Anda dengan ngemil biji wijen.

Selain biji wijen, ada almond, kacang adzuki, dan biji labu yang juga kaya akan zinc. 

Artikel Lainnya: Mengenal Tanda dan Gejala Infeksi Prostat pada Pria

1 dari 3 halaman

2. Tingkatkan Asupan Omega-3

Obesitas dapat meningkatkan risiko pembesaran prostat. Satu studi menyarankan untuk meningkatkan asupan omega-3 yang diimbangi olahraga untuk mengatasi obesitas.

Salah satu jenis makanan yang kaya akan omega 3 adalah salmon. Jika Anda bukan penggemar ikan, Anda bisa mendapatkan omega-3 dari kenari, biji rami, biji chia, dan minyak canola. Jumlah yang lebih kecil ditemukan dalam kacang merah dan kedelai.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Makan lebih banyak sayuran dapat membantu menurunkan risiko terjadinya BPH. 

Selain itu, berdasarkan penelitian di Mayo Clinic, vitamin C yang ditemukan dalam sayuran dapat berperan untuk mengatasi masalah prostat. 

Artikel Lainnya: Menyingkap Fakta di Balik Mitos Prostat yang Menyesatkan 

4. Tambahkan Makanan Tinggi Likopen ke Dalam Menu Harian

Tomat kaya akan likopen, karotenoid cerah yang memberikannya warna merah. Kandungan ini dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Zat tersebut juga dapat mengatasi BPH pada pria, menurut National Cancer Institute.

Sebuah penelitian menunjukkan, likopen memperlambat perkembangan BPH. Likopen juga membantu menurunkan antigen spesifik prostat (PSA) yang berhubungan dengan peradangan prostat, BPH, dan kanker prostat. 

5. Konsumsi Beta-Sitosterol

Memenuhi asupan beta-sitosterol bisa menjadi cara untuk menyembuhkan prostat, terutama dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan BPH. Contoh makanan yang kaya akan beta-sitosterol adalah alpukat. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang yang rutin mengonsumsi suplemen beta-sitosterol menunjukkan pengurangan gejala BPH. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

2 dari 3 halaman

6. Hindari Minum Alkohol, Minuman Bersoda, dan Kafein

Menghindari jenis minuman tertentu bisa menjadi cara untuk mengatasi prostat yang bermasalah. 

Karena itu, mulai sekarang singkirkan minuman bersoda, kafein, dan alkohol untuk menurunkan risiko prostat dan iritasi pada kandung kemih.

Artikel Lainnya: Kapan Pria Perlu Skrining Kanker Prostat?

7. Lakukan Olahraga secara Rutin

Manfaat olahraga bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, olahraga dapat menjadi cara alami untuk mengatasi gangguan prostat.

Jangan khawatir, olahraga yang bisa Anda pilih pun tidak perlu yang memiliki intensitas tinggi. Anda dapat memilih jenis olahraga ringan, seperti jalan kaki atau bersepeda.

8. Usahakan Tidak Minum Terlalu Banyak di Malam Hari

Salah satu cara mengatasi gangguan prostat yang paling mudah adalah menghindari minum berlebihan pada malam hari. Menurut anjuran National Health Service (NHS), hindari minum banyak dua jam sebelum Anda terlelap.

Kebiasaan minum banyak pada jam tidur dikhawatirkan membuat Anda sering buang air kecil (BAK). Peningkatan frekuensi BAK tersebut termasuk tanda umum dari penyakit prostat, seperti pembesaran prostat jinak.

9. Konsumsi Bawang Merah dan Bawang Putih

Tahukah Anda, makan bawang merah dan bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan risiko BPH? 

Selain itu, bawang merah dan bawang putih sering digunakan dalam pengobatan alami untuk melawan infeksi dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Itulah berbagai cara untuk mengatasi masalah prostat secara alami. Kendati demikian, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Anda dapat menggunakan layanan Live Chat 24 jam dari Klikdokter untuk berkonsultasi kepada dokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar