Sukses

Beragam Manfaat Buah Jamblang yang Jarang Diketahui

Dengan bentuk, rasa, dan tekstur mirip anggur, yuk ketahui beragam manfaat buah jamblang yang katanya makin sulit ditemukan ini!

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin Anda sekarang bertanya-tanya apa itu buah jamblang (Syzgium cumini). Buah mirip anggur dengan rasa khas sepat masam ini adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Lewat kandungan nutrisinya, apa saja manfaat buang jamblang bagi kesehatan tubuh?

Bentuk buah jamblang yang mirip dengan anggur memang sering membuat orang jadi keliru. Warnanya hitam keungu-unguan, berbentuk lebih lonjong dari anggur, memiliki kulit yang halus, dan punya biji tunggal. Rasanya manis dan asam, sehingga cocok dijadikan manisan.

Buah jamblang juga dikenal sebagai duwet, Jamun, Jambul, Malabar plum, Indian blackberry, Java plum, atau black plum. Buah ini biasa dimakan segar. Di India dan Filipina, seperti juga kebiasaan di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang yang masak dicampur dengan sedikit garam dan kadang ditambahi gula. Kemudian dikocok di dalam wadah tertutup, sehingga lunak dan berkurang rasa sepatnya.

Deretan manfaat buah jamblang

Pernah disebut mulai langka oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, berikut ini adalah berbagai manfaat buah jamblang berdasarkan kandungan nutrisinya.

  • Asam galat, glukosida, dan tanin

Menurut dr. Dejandra M. Rasnaya dari KlikDokter, buah jamblang mengandung asam galat, glukosida, dan senyawa tanin diketahui baik untuk kesehatan tubuh.

“Asam galat dalam buah jamblang bisa meningkatkan sistem kinerja saluran kencing. Selain itu, kandungan glukosidanya juga mempercepat penyembuhan luka jika tubuh mengalami luka robek atau luka bakar, dan senyawa tanin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, ” ujar dokter yang akrab disapa dr. Derry ini.

  • Vitamin D, fosfor, magnesium, zat besi

Selain berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, buah jamblang juga bisa meningkatkan kesehatan tulang dan gigi karena mengandung beragam nutrisi seperti vitamin D, fosfor, magnesium, dan zat besi.

Dalam 100 gram, terkandung 1,5-2 mg zat besi, 16 kalsium, 36 mg magnesium, dan 16,7 mg fosfor.

“Keempat kandungan tersebut mampu meringankan kesehatan tulang dan membantu menjaga kesehatan gigi. Ini bisa dioptimalkan dengan tambahan asupan susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt,” kata dr. Derry.

Buah jamblang bisa membantu menurunkan risiko anemia karena dapat membantu pembentukan sel darah merah. Ini karena buah jamblang mengandung zat besi, yang punya fungsi membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

  • Oleanolic

Meski memiliki rasa manis, buah jamblang tidak akan memicu diabetes karena adanya kandungan oleanolic, yang punya sifat anti diabetes dan dapat menurunkan gula darah.

  • Serat

Buah jamblang tinggi akan serat, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kronis, melancarkan pencernaan, serta membantu mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit, gangguan usus, mual, diare, dan disentri.

  • Vitamin C

Sebagai sumber vitamin C yang baik, konsumsi buah jamblang dapat membantu proses penyembuhan luka, menguatkan gigi, tulang, dan sendi.

Vitamin C juga terkenal baik untuk mendongkrak daya tahan tubuh, sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit infeksi seperti pilek, asma, atau penyakit menular lainnya. Selain itu, vitamin C juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, ekstrak buah jamblang juga banyak digunakan untuk membantu mengatasi kondisi gingivitis atau radang gusi.

  • Polifenol dan flavonoid

Buah jamblang kaya akan fitokimia bioktif, termasuk senyawa polifenol dan flavonoid. Ada penelitian yang menemukan bahwa buah ini memiliki sifat anti-kanker dan kemo-preventif, dan cukup efektif dalam pengobatan penunjang kanker, jantung, dan hati.

Tak hanya buahnya, ternyata daun, biji, hingga kulit pohonnya sama-sama menawarkan kebaikan untuk kesehatan tubuh. Bila menemukannya di pasar tradisional atau swalayan, beli, ya, agar mendapatkan deretan manfaat buah jamblang yang dipaparkan di atas tadi. Agar lebih optimal, variasikan juga dengan makanan sehat lainnya, olahraga rutin, tidur cukup, dan jauh-jauh dari stres!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar