Sukses

Manfaat Pepaya untuk Penderita Diabetes

Tidak hanya kaya enak dan serat, manfaat pepaya untuk penderita diabetes juga besar. Yuk cari tahu di artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Pepaya dikenal sebagai buah yang baik untuk mengatasi sembelit. Tapi tak berhenti di situ, manfaat pepaya untuk penderita diabetes juga besar, lo! Bahkan, disebut-sebut, buah tropis ini dapat mengontrol kadar gula darah. Benarkah demikian?

Pepaya dan diabetes

Dijelaskan dr. Sara Elise Wijono, M.Res dari KlikDokter, pepaya memang terbukti dalam beberapa studi bisa menurunkan risiko diabetes. Buah bernama ilmiah Carica papaya ini juga sekaligus mampu mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes.

Menurut dia, meski memiliki rasa yang manis, buah pepaya punya kandungan gula yang rendah dan tidak setinggi buah-buahan lainnya, seperti mangga dan durian.

“Kadar gula darah yang rendah pada pepaya, menjadikan buah yang satu ini sehat untuk dijadikan camilan bagi para penyandang diabetes. Tidak hanya mengontrol kadar gula dalam tubuh, buah berdaging oranye ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh,” ujar dr. Sara lagi.

Namun begitu, mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula darah tidak hanya bertopang pada konsumsi buah pepaya. Anda masih harus melakukan hal lainnya. 

“Salah satu yang utama adalah menjaga pola hidup tetap sehat, seperti menghindari makanan-makanan berlemak, berminyak dan mengandung gula tinggi. Hal ini secara signifikan bisa mencegah diabetes—dan juga penyakit-penyakit kronis lainnya—serta menjaga gula darah tetap stabil,” ucap dr. Sara. 

Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti olahraga. Dengan begini, berat badan akan tetap seimbang sehingga tidak ada penumpukan lemak yang berisiko pada diabetes. 

1 dari 2 halaman

Manfaat lain buah pepaya 

Selain bermanfaat untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari buah pepaya, yaitu: 

  • Meningkatkan kesehatan jantung 

Dijelaskan oleh dr. Sara, buah pepaya mengandung vitamin C dan likopen yang tinggi yang ampuh dalam menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengonsumsi buah pepaya di pagi hari sebelum berangkat aktivitas dan di malam hari sebelum Anda tidur. 

  • Bersifat antikanker 

Selain meningkatkan kesehatan jantung, kandungan likopennya juga bisa mengurangi risiko kanker, sekaligus baik untuk penderita kanker. Pepaya bisa bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi besar dalam pertumbuhan sel kanker. 

Selain itu, buah pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam pepaya bisa mematikan radikal bebas penyebab kanker.

  • Membuat kulit lebih halus 

Setelah proses pengelupasan kulit selesai, biasanya kulit menjadi lebih kering. Nah, dengan mengaplikasikan losion yang mengandung ekstrak buah pepaya secara rutin, permukaan kulit akan menjadi lebih lembap dan lembut. 

Salah satu bagian kulit yang rentan bersisik adalah betis. Untuk melembutkannya, Anda juga bisa mencoba menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak pepaya.

  • Mencegah peradangan kulit 

Enzim proteolitik (pengurai protein) chymopapain dan papain dalam pepaya dapat mempercepat proses penyembuhan serta mencegah timbulnya infeksi lanjutan di area kulit yang terbakar matahari. 

Nah, saat Anda makan buah pepaya secara rutin, kandungan enzim dan AHA-nya bisa bertindak sebagai eksfolian yang melarutkan protein tidak aktif, sekaligus membuang sel kulit mati,” kata dr. Sara. 

Manfaat pepaya untuk penderita diabetes cukup besar karena bisa mengontrol kadar gula darah. Untuk itu, apabila Anda seorang diabetesi, jangan segan masukkan pepaya dalam menu harian Anda. Selain itu, Anda yang ingin menghindari diabetes juga bisa memanfaatkan buah manis yang satu ini.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar