Sukses

5 Makanan Kaya Vitamin B12 untuk Jaga Kesehatan Anda

Vitamin B12 penting, namun tidak diproduksi oleh tubuh. Penuhi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi makanan sehat berikut!

Klikdokter.com, Jakarta Vitamin merupakan senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menunjang pertumbuhan dan proses metabolisme. Satu dari sekian vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin B12.

Faktanya, vitamin B12 berfungsi untuk memproduksi sel darah merah dan energi, mencegah kerusakan saraf, menjaga fungsi kognitif serta menunjang beberapa proses biologis dalam tubuh. Meski fungsinya sangat penting, tidak sedikit orang yang enggan memerhatikan kecukupan vitamin B12 harian. Jangan-jangan, Anda salah satunya?

Makanan untuk penuhi kebutuhan vitamin B12

Perlu Anda tahu, tubuh manusia tidak memproduksi sendiri vitamin B12. Anda hanya bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan hewani alias daging-dagingan. Adapun contohnya, yaitu:

1. Ikan salmon

Selain memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan pembuluh darah, satu porsi salmon seberat 3 ons juga mengandung hampir dua kali lipat jumlah vitamin B12 yang dibutuhkan orang dewasa dalam sehari.

Anda juga dapat memperoleh vitamin B12 dengan jumlah yang kurang lebih sama dari ikan tuna. Namun, Anda harus berhati-hati dengan ikan tuna. Sebab ikan yang satu ini sering ditemukan memiliki kandungan merkuri tinggi.

2. Hati

Makanan ini cukup mudah didapatkan dan menjadi favorit beberapa kalangan keluarga Indonesia. Hati merupakan salah satu sumber vitamin B12 terbaik.

Hati sapi memiliki B12 paling banyak dengan 60 mikrogram per porsi seberat 3 ons. Sedangkan hati ayam memiliki sekitar 18 mikrogram vitamin B12 untuk jumlah porsi yang sama.

Sebagai alternatif lain, Anda bisa mengonsumsi 3 ons daging sapi sirloin (mengandung 1,4 mikrogram vitamin B12) atau ons dada ayam panggang dengan porsi yang sama (mengandung 0,3 mikrogram vitamin B12).

3. Kerang

Di antara biota laut lain, kerang adalah salah satu yang memiliki kandungan vitamin B12 tinggi. Selain itu, kerang juga mengandung banyak protein tanpa lemak dan zat besi yang baik untuk menunjang fungsi tubuh manusia.

Kerang dapat menjadi pilihan yang baik karena lebih sedikit tercemar racun seperti merkuri dan polutan lainnya. Namun, jika Anda tidak suka kerang, kepiting dapat dijadikan sebagai alternatifnya.

4. Susu

Tidak cuma mengandung mineral dan kalsium, susu juga punya kandungan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan Anda. Segelas susu bisa memasok hingga 18 persen kebutuhan asupan nutrisi vitamin B12 harian Anda.

Jika tidak suka minum susu, Anda dapat mencoba produk olahannya seperti yoghurt atau keju.

5. Serealia

Kebanyakan sajian serealia yang dijual di pasaran telah difortifikasi dengan berbagai jenis vitamin B, termasuk vitamin B12. Sebagai contoh, serealia kering instan yang banyak dijual di pasaran mengandung hingga 15 persen dari kebutuhan vitamin B12 harian Anda.

Serealia dapat menjadi menu pilihan bagi Anda yang sedang diet mengurangi konsumsi daging, agar tetap mendapat asupan vitamin B12 yang cukup.

Mana makanan kaya vitamin B12 yang menjadi favorit Anda? Meski sangat baik, Anda mesti tetap ingat untuk membatasi porsi saat mengonsumsinya supaya tidak berlebihan.

Apabila Anda mengalami suatu kondisi sehingga terhalang untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin B12, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter agar kebutuhan vitamin ini bisa terus terpenuhi. Sebab, kekurangan vitamin B12 dapat mencetuskan tubuh mati rasa atau kebas, kesemutan, badan lemas, bahkan terasa nyeri syaraf. Anda tidak ingin mengalami keluhan-keluhan tersebut, bukan?

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar