Sukses

Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Meski bentuknya kecil, khasiat buah plum sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Buah merupakan salah satu menu makanan yang paling sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Setiap jenis buah tentu mempunyai manfaatnya masing-masing, termasuk juga dengan buah plum. Untuk mengetahui beberapa khasiat buah plum untuk kesehatan tubuh, baca terus artikel yang satu ini. 

Menurut para peneliti, semakin gelap warna makanan, maka semakin tinggi juga tingkat antioksidannya. Salah satu buah yang warnanya gelap adalah buah plum. 

Dijelaskan oleh dr. Dejandra Resnaya dari KlikDokter, pigmen ungu pada semua buah dan sayur mengandung flavonoiddikenal dengan resveratrol—yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. 

Kandungan ini bekerja dengan mengendurkan dinding arteri, mengurangi tekanan di arteri dan memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik. 

Tidak hanya itu, menurut dr. Dejandra, pigmen ungu yang terdapat dalam buah plum juga mengandung beragam polifenol yang bisa mengurangi respons peradangan dalam tubuh. Termasuk juga mengurangi peradangan pada sendi, jantung, disfungsi kekebalan tubuh dan penyakit jantung

1 dari 2 halaman

Manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh

Seperti yang dikatakan sebelumnya, buah dan sayuran yang memiliki warna gelap memang memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Karenanya, buah plum sendiri bisa membantu meningkatkan kemampuan otak, menurunkan peradangan dan melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker

“Buah plum bisa meningkatkan kolesterol baik. Hal ini dikarenakan buah plum mengandung antioksidan yang aktif yakni antosianin. Zat ini bisa melawan peradangan, dan meningkatkan HDL,” ujar dr. Dejandra. 

Tidak berhenti sampai di situ, buah plum yang sudah dikeringkan pun masih memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah plum kering bagus untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin K dan kalsium tinggi yang bisa meningkatkan kesehatan tulang manusia. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah plum kering setiap hari bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dengan memperlambat kerusakan tulang pada tubuh Anda. 

“Bukan hanya mengandung vitamin K dan kalsium, buah plum juga mengandung mineral boron yang bisa membantu membangun tulang dan otot yang kuat. Mineral boron ini bisa mencegah osteoporosis pada wanita pasca-menopause,” jelas dr. Dejandra. 

Buah plum juga memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah, sehingga dikatakan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes dan membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. 

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika seseorang yang gemar mengonsumsi buah plum adalah melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam buah plum bisa memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan masalah wasir. 

Seperempat buah plum yang sudah dikeringkan atau setengah cangkir jus plum mengandung 350 mg potasium yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu juga meningkatkan fungsi kerja saraf tubuh, mencegah stroke dan juga penyakit jantung, dan menjaga kesehatan tulang di masa tua. 

“Potasium penting untuk tubuh karena jika tubuh kekurangan potasium maka seseorang akan merasa mudah lesu, lemas, letih, sering mengalami otot kram, sakit perut dan kesemutan,” tambah dr. Dejandra.

Dan khasiat terakhir buah plum untuk tubuh manusia adalah mencegah obesitas. Plum bisa membantu Anda dalam mengatur berat badan. Hal ini dikarenakan buah plum mengandung banyak serat dan indeks glikemiknya rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi dengan banyak. 

Nah, itulah beberapa khasiat buah plum bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dan nutrisi yang lebih optimal, variasikan juga dengan buah-buahan lain seperti apel, pisang, alpukat, pir, stroberi dan sebagainya. Selamat makan!

[RPA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar