Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Terapi Intense Pulsed Light

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Terapi Intense Pulsed Light

Mencukur dan mencabut bukan cara terbaik untuk menghilangkan bulu ketiak. Sebaiknya, coba terapi intense pulsed light (IPL).

Bagi sebagian orang, punya bulu ketiak bukan suatu masalah. Tapi, sebagian lagi menganggap keberadaan bulu mengurangi rasa percaya diri. Beragam cara pun dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak. Mulai dari cara umum, seperti mencukur dan mencabut, hingga cara modern. Termasuk terapi IPL atau Intense Pulse Light.

Mencukur atau mencabut bulu ketiak dengan pinset atau alat cukur memang paling mudah dan murah sebenarnya. Akan tetapi, metode konvensional tersebut berisiko menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi kehitaman.

Nah, saat ini sudah ada terapi IPL yang dianggap lebih aman untuk menghilangkan bulu ketiak. Prosedur kecantikan ini juga diklaim sebagai cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Bagaimana, sih, cara kerjanya? Berikut penjelasannya.

Cara Kerja IPL Hair Removal

Teknik IPL hair removal saat ini sudah sering digunakan dalam bidang dermatologi, dan cukup digemari masyarakat. Salah satu fungsi IPL adalah menghilangkan bulu atau rambut pada kulit. IPL dapat digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak.

Artikel lainnya: Bubuk Kunyit Efektif Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami?

Akan tetapi, prosedur IPL perlu dilakukan secara berulang karena tidak hanya dalam satu kali perawatan bulu di tubuh akan langsung hilang.

Selain itu, Anda harus tahu kalau IPL bukanlah laser kulit. Terapi laser hanya memfokuskan satu panjang gelombang cahaya pada kulit Anda. Sementara itu, terapi IPL melepaskan cahaya dari banyak panjang gelombang yang berbeda.

Cahaya ini kemudian diubah menjadi energi panas dan menghancurkan sel yang diinginkan atau ditargetkan.

Laser—karena hanya satu panjang gelombang—biasanya lebih digunakan untuk satu target spesifik, sedangkan IPL lebih tersebar dan untuk meliputi area yang lebih besar. IPL mampu juga menembus ke bawah lapisan kedua kulit Anda (dermis) tanpa merusak lapisan atas (epidermis).

Artikel lainnya: Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Efektif

Efeknya, kerusakan pada kulit akan lebih minimal atau sedikit dibandingkan laser. IPL juga lebih mudah dikontrol dan lebih tidak nyeri daripada laser.

Gelombang cahaya pada IPL ditujukan pada akar rambut di kulit. Rambut pun akan rontok dan mencegah terjadinya pertumbuhan rambut di kemudian hari. Namun, perlu diingat, IPL biasanya tidak efektif pada rambut yang berwarna terang.

Pada saat prosedur dilakukan, Anda akan diberikan anestesi lokal pada ketiak. Walaupun prosedur ini tidak terlalu nyeri, anestesi dilakukan agar Anda lebih nyaman. Anda juga akan diberikan kacamata pelindung.

Selain bagian ketiak, IPL juga dapat dilakukan pada bagian tubuh lain, seperti rambut, leher, punggung, dada, tangan, kaki, dan juga bagian genital.

Artikel lainnya: Benarkah Mencukur Bulu Justru Bikin Semakin Lebat?

1 dari 3 halaman

Efek Samping Terapi IPL

Prosedur IPL ini secara umum tidak invasif dan aman untuk dilakukan. Namun, setiap prosedur tentu ada efek samping, termasuk juga IPL. Berikut adalah beberapa efek samping terapi IPL yang mungkin dapat terjadi:

  • Kulit menjadi merah muda dan nyeri sesaat setelah prosedur.
  • Sensasi kulit terbakar ringan (kemerahan, mengelupas, bengkak) yang dapat berlangsung beberapa hari setelah perawatan.
  • Pigmen kulit dapat menyerap terlalu banyak energi cahaya dan dapat terjadi lepuh walaupun sangat jarang.
  • Kadang-kadang sel-sel pigmen (melanosit) dapat rusak meninggalkan bercak kulit yang lebih gelap atau pucat.
  • Memar (terjadi pada sekitar 10% pasien).
  • Meskipun demikian, Anda bisa kok meminimalkan efek samping di atas. Salah satunya adalah dengan melakukan prosedur ini di dokter spesialis kecantikan dan klinik atau tempat yang terpercaya.
  • Anda juga bisa menanyakan langkah-langkah prosedur dan risikonya secara detail kepada dokter yang menangani.

Artikel lainnya: Cara Efektif Menghilangkan Bulu Kaki Berlebih pada Wanita

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain Terapi IPL

Selain untuk menghilangkan bulu atau rambut pada kulit, IPL juga dapat berguna untuk kasus lainnya. Manfaat terapi IPL lainnya itu antara lain sebagai berikut ini.

  • Menghilangkan tanda lahir.
  • Menghilangkan lesi pembuluh darah, seperti spider telangiectasia, port wine stain, pembuluh darah yang pecah, rosacea, dan sebagainya.
  • Menghilangkan tanda penuaan.
  • Menghilangkan bintik-bintik kehitaman.
  • Menghilangkan gangguan perbedaan warna kulit seperti melasma.
  • Memudarkan garis dan kerutan

Selain akar rambut yang menjadi target IPL, gelombang cahaya juga dapat ditargetkan ke pigmen kulit. Sebagai contoh pada hemoglobin, yaitu pigmen merah pada darah.

Gelombang cahaya akan menghancurkan pigmen tanpa memengaruhi jaringan kulit lainnya sehingga dapat menghilangkan lesi pembuluh darah. Pigmen kulit melanin juga dapat menjadi target IPL sehingga dapat menghilangkan flek hitam pada kulit.

Setelah melakukan prosedur IPL, sebaiknya Anda menghindari paparan cahaya matahari selama beberapa hari. Prosedur ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Setelah melakukan prosedur ini, Anda juga langsung dapat beraktivitas kembali.

Ingin menghilangkan bulu ketiak yang aman tanpa membuat area sekitar menggelap? Coba lakukan terapi IPL. Selain menyingkirkan rambut ketiak, IPL juga mencegah tumbuhnya kembali bulu tersebut. Mau tahu tips lain menghilangkan bulu underarm? Jangan ketinggalan infonya aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar