Sukses

Tips agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Jangan biarkan penyakit menyerang dan mengganggu aktivitas. Lakukan ini agar tubuh Anda tetap sehat di musim pancaroba.

Klikdokter.com, Jakarta Musim pancaroba tiba. Berapa waktu ini Anda akan dibingungkan dengan kondisi cuaca mendung dan terik yang terjadi secara bergantian dalam waktu singkat. Ditambah dengan angin kencang dan debu yang beterbangan, tubuh Anda bisa dengan mudahnya terserang penyakit. 

Tenang, jangan keburu panik. Musim pancaroba memang identik dengan kehadiran penyakit diare, demam tifoid (tifus), demam berdarah atau infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Meski demikian, risiko tersebut bisa Anda hindari dengan menerapkan tips sehat di musim pancaroba berikut ini:

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan ini, kuman tidak akan mudah membuat Anda terserang penyakit.

Selama musim pancaroba, usakan menu makan Anda terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak dalam kadar seimbang. Jangan lupakan sayur dan buah, merupakan sumber makanan kaya akan antioksidan. Senyawa ini dapat mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melawan dan menangkal penyakit.

  1. Rutin olahraga 

Olahraga yang dilakukan dengan durasi 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu terbukti dapat membantu mengoptimalkan sistem kekebalan dan fungsi tubuh secara menyeluruh.

Oleh karena itu, meski sedang musim pancaroba, Anda jangan sampai malas untuk berolahraga. Untuk memperkecil paparan debu, lakukanlah olahraga dalam ruangan (indoor), seperti berenang, berlari di atas treadmill, angkat beban atau lainnya yang Anda senangi.

  1. Istirahat cukup 

Tubuh perlu istirahat dengan cukup untuk melakukan proses regenerasi, agar fungsinya bisa tetap terjaga dengan optimal. Fakta membuktikan bahwa istirahat cukup membuat sel sistem kekebalan tubuh beregenerasi dengan efektif, sehingga fungsinya untuk melawan dan menangkal penyakit juga ikut maksimal.

Bagi orang dewasa, istirahat cukup yang dimaksud adalah dengan tidur di malam hari selama kurang lebih 8 jam. 

  1. Cukupi kebutuhan air putih 

Musim pancaroba rentan membuat tubuh Anda kekurangan cairan alias dehidrasi. Keadaan ini bikin tubuh lebih rentan, sehingga kuman penyebab penyakit lebih mudah menyerang.

Untuk itu, jagalah selalu kecukupan cairan tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Selain bertujuan menjaga fungsi tubuh, cukup minum air putih juga bikin kulit Anda lebih sehat, lho!

  1. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Tubuh Anda dapat menjadi tempat kuman bersarang dan berkembang biak. Agar tidak demikian, jaga kebersihan tubuh Anda dengan mandi setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun. Iringi kebiasaan sehat ini dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda.  Caranya, kubur barang-barang yang dapat menampung air seperti kaleng bekas; tutup rapat tempat-tempat penampungan air; kuras bak mandi dan kolam ikan (jika ada); dan yang paling penting, buang sampah pada tempatnya. 

  1. Jangan jajan sembarangan

Debu yang beterbangan di musim pancaroba bisa saja menempel di makanan yang dijajakan di pinggir jalan. Apabila makanan tersebut dikonsumsi, Anda bisa saja mengalami gangguan saluran cerna seperti diare atau mual dan muntah.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari jajan sembarangan, apalagi untuk makanan yang tidak memiliki kemasan. Akan lebih baik jika Anda membawa bekal dari rumah, agar lebih sehat dan hemat.

Tetap sehat di musim pancaroba bukanlah hal yang mustahil. Anda dapat mewujudkannya dengan menerapkan tips yang sehat yang telah disampaikan. Namun, apabila penyakit sudah terlanjur terjadi dan Anda merasa sangat terganggu dengan gejalanya, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter.

(NB/RPA)

1 Komentar